“Kenapa sih orang bipolar kok senekat itu buat selfharm dan ngelakuin percobaan bunuh diri apalagi ngomong mau mati berkali-kali?”
Sejujurnya, rasa seperti itu tidak hanya dirasakan orang bipolar. Hampir semua orang yang punya gangguan mental akan berpikir setidaknya satu kali untuk bunuh diri. Karena kebanyakan orang lelah untuk mengatasi fase-fase yang dia alami. Apalagi bipolar di fase campuran, rentan untuk merealisasikan keinginannya untuk bunuh diri.
Well, tidak semua orang dengan kondisi bipolar akan berpikir untuk bunuh diri. Tidak. Setiap orang berbeda-beda dalam mengatasi fasenya, termasuk ada orang yang kuat, ada juga yang belum mampu mengontrol dirinya.
Tapi apa sih sebab mereka sampai tidak bisa mengontrol perasaan itu?
Kurang lebih seperti ini gambaran otak orang normal dan otak orang bipolar. Orang bipolar terganggu akibat tidak seimbangnya cairan kimiawi di otaknya yaitu hormon dopamin dan hormon serotonin.
Ketika seseorang kelebihan hormon dopamin, dia akan menjadi agresif, periang, pemarah, dan lain sebagainnya yang masuk dalam kategori fase mania. Sementara ketika seseorang kekurangan hormon serotonin dia akan menjadi kehilangan semangat bahkan berpikir untuk menyerah dan bunuh diri.
Itulah mengapa ketika seseorang sedang kambuh kita tidak boleh mengatakan bahwa dia tidak bersyukur. Karena semua orang pasti tidak ingin merasa di posisi itu. Mungkin kita berpikir bahwa apa yang kita ungkapkan pada mereka adalah hal yang membuat mereka semangat, nyatanya, tidak semua orang berpikiran sama. Beda orang, beda pemikiran. Terkadang, pemberian semangat dan saran yang kita lakukan justru semakin membuatnya terpuruk.
Lalu apa yang harus dilakukan jika kita hidup bersama orang yang mempunyai gangguan mental apalagi gangguan bipolar?
Next part, yaaa.
KAMU SEDANG MEMBACA
Living with Bipolar Disorder | ✔
Random[NON-FIKSI] [RANDOM] Sebagian besar orang mengira bipolar itu gangguan kepribadian ganda, padahal keduanya jelas berbeda. Bipolar adalah suatu gangguan yang berhubungan dengan perubahan suasana hati (mood swing) mulai dari posisi terendah depresif/t...