Hai, udah lama, ya.
Hari ini aku mau kasih kabar baik. Akhirnya dosis aku perlahan diturunin terus dan dokter bilang ada kemungkinan bisa sembuh. Aku bahagia banget. Segala hal yang udah aku lakuin buat melawan gangguanku akhirnya berbuah manis. Bayangin deh udah berapa tahun aku hidup sama bipolar, kali ini aku pengin bener-bener sembuh total. Aku pengin jadi orang yang bisa produktif lagi.
Dokterku bilang, mood aku udah makin stabil. Aku juga ngerasain sih semakin hari aku semakin jarang kambuh dan badan rasanya enak banget. Sekalipun kambuh, aku bisa atur mood-ku, bisa balik jadi ceria lagi.
Tapi kemarin hari terakhir di RS Ananda Purwokerto, aku mutusin buat pindah ke RSUD Ajibarang. Jujur berat, karena udah nyaman sama Dokter Ririn. Rasanya kalo pindah harus ngulang cerita dari awal lagi, untungnya yang di Ajibarang itu suaminya Dokter Ririn. Jadi dokterku itu udah bilang ke suaminya. Nggak perlu harus mulai pengobatan dari awal lagi.
Tapi yang paling berat sebenernya ninggalin temen-temen seperjuangan, huhu.
Aku punya grup namanya "B-Purwokerto" isinya ada beberapa temen yang sama-sama bipolar ada juga yang depresi. Kami ketemu pas berobat bareng, mereka baik banget. Rasanya berat banget ninggalin mereka. Tapi mau gimana lagi keadaan nggak bisa dipaksain, hehe. Doain aku ya di RSUD Ajibarang juga dapet temen.
Aku mau buktiin ke semua orang kalau gangguan mental tuh bisa sembuh kok, asal kita mau nurut apa kata dokter. Jelas yang pertama, jauhin hal yang bikin kita ketrigger. Trus jangan lupa makan-makanan yang sehat, jangan makan junk food mulu. Pokoknya hidup sehat nomer satu. Trus jangan sering begadang, eh kalo ini aku sering hehe. Trus sering-sering bacain buku self improvement, ini sih beneran ngaruh di aku karena aku ngerasa beberapa buku ajaib bikin aku ngerasa lebih rileks dan lebih bikin semangat buat hidup. Nanti kapan-kapan aku sharing ya buku apa aja yang bikin aku bisa berpikir positif. Trus juga sering ngisi waktu luang buat isi jurnal mood atau bikin catatan apa yang bikin kita ketrigger dan gimana cara supaya kita nggak ketrigger. Dan yang paling penting NIAT.
Apapun yang kita lakuin kalo niatnya nggak ada atau bahkan niatnya jelek, kita pasti akan kesusahan sendiri. Hidup dengan bipolar di satu sisi memang banyak manfaatnya, kita jadi lebih bisa menghargai orang lain, tapiiiiii nih ya, bipolar kan bikin aktivitas sehari-hari kita jadi nggak produktif. Aku ngerasain sendiri waktu nulis beberapa fanfiction di work-ku. Mood-ku nggak stabil dan bikin tulisanku kacau. Aku pengin lepas dari penderitaan itu. Aku niat pengin sembuh dan alhamdulillah Allah denger apa isi hatiku.
Rasanya lega. Setelah berjuang dari 4 tahun yang lalu, sekarang aku bisa bener-bener ngerasa damai.
Banyak sih faktornya, aku ngerasain bipolar ini karena aku dibully di sekolah, setelah lulus sekolah aku bener-bener ngerasa enteng. Nggak terbebani sama sekali. Jadi emang penting banget buat narik diri dari hal yang bikin ketrigger, aku sampe ngomong ke diriku sendiri.
"Shall, kamu hebat kamu udah tuntasin sekolah 12 tahun. Sekarang nikmatin masa liburan dan masa pemulihan kamu dulu ya, tahun depan kejar kampus lagi."
Aku nggak pernah nyesel kenapa nggak kuliah di awal. Aku malah bersyukur, aku diberi kesempatan untuk penyembuhanku. Aku bener-bener bahagia banget sekarang.
Dan semoga kalian yang baca ini bahagia selalu ya❤
KAMU SEDANG MEMBACA
Living with Bipolar Disorder | ✔
Random[NON-FIKSI] [RANDOM] Sebagian besar orang mengira bipolar itu gangguan kepribadian ganda, padahal keduanya jelas berbeda. Bipolar adalah suatu gangguan yang berhubungan dengan perubahan suasana hati (mood swing) mulai dari posisi terendah depresif/t...