MIM 1 - Weekend

39 4 0
                                    

Sabtu, 07.30 WIB

.

Hari ini waktu weekend telah tiba. Seluruh keluarga Livia libur. Namun, Livia tetap merasa kesepian. Kalau saja mamanya tidak memulai obrolan, mungkin mood Livia akan terus sama seperti bangun tidur tadi.

"Livia, bangun doong nak, jangan tiduran di sofa mulu, udah jam berapa ini ?! Ayo bantuin mama beres-beres," ucap Mama Livia sambil menyerahkan sapu ijuk bermotif batik.

"Ya ampun mama masih pagi tau ini mah.." rengek Livia.

"Kan hari libur Liv, nanti kalo udah rapih kan kamu mau tiduran sampe siang juga gak papa" balas Mama Livia.

"Oke oke, iya mamaaah" seru Livia sambil bersiap bangun dan merapihkan rambutnya untuk digulung keatas dengan jepitan badai (jedai) agar leluasa saat nyapu sana-sini.

Livia sangat mengerti apabila weekend, pagi-paginya ia sudah harus membantu mamanya menyapu, mengepel, dan membuka gorden di seluruh ruangan.

Terkadang, ia merasa iri dengan kakaknya, Vera. Vera masih bisa santai tertidur di kamar hingga siang, tanpa harus membereskan rumah. Namun, seketika Livia langsung sadar jika ini memang sudah kewajiban ia sebagai anak yang masih sekolah dan belum ada pekerjaan berat.

Ia tahu, bahwa selama ini sang kakak telah lelah bekerja hingga sore hari jika dibandingkan dengan dirinya yang hanya sekolah dan belajar.

****

30 menit kemudian

"Akhirnya beres juga... Nyapu dalam dan luar rumah, udah. Ngepel udah. Buka gorden udah. Keluarin jemuran udah. Susun sepatu juga udah. Sip udah beres semua ini," pikir Livia sambil tersenyum manis menandakan kepuasannya.

"Mah, udah beres nih mah.. Livia mau nonton TV lagi ya, boleh kan?" tanya Livia sambil menyusul mamanya ke dapur.

"Nah, kalo kayak gini kan enak Liv diliatnya. Yaudah sana santai-santai, tapi kalo mama panggil denger ya" ucap Mama Livia sambil melihat ke ruang TV dan lanjut memotong-motong bahan masakan.

_ _ _ _ _ _ _ _ _ _
\-/ \-/ \-/ \-/ \-/

Entah kenapa, Livia selalu nyaman dan tenang ketika kakak sulungnya itu belum bangun tidur atau tidak ada di rumah.

Livia beranggapan seperti itu bukan tanpa alasan, hal itu karena ia merasakan hawa kikuk ketika ada abangnya itu. Karena abangnya sering ngomel gak jelas gitu.

Sebenarnya, Livia sangat anti apabila mendengar bentakan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, hal itu nampak sudah terbiasa pada diri Livia. Ia seakan telah kebal dengan omelan dari Kenan.

Kenan mungkin tipikal orang yang keras dan emosian. Tapi itu karena ia tegas dengan adik-adiknya. Mungkin semua itu karena ia merasa sebagai anak sulung dan laki-laki bagi ketiga adik perempuannya, jadi demi kebaikan adik-adiknya itu.

****

LIVIA POV

Untung aja Kak Kenan belum bangun. Jadi, gue masih bisa santai-santai deh.

Kalau dia udah bangun, mungkin kenyamanan gue bakal keganggu ama segala suruhan dia.
(gonta-ganti channel TV)

"Liviii..... Liviaaa.. Elivia Gelyta Bisana!" panggil ayah Livia

Mendengar panggilan ayah yang udah manggil gue sampe neriakin nama lengkap gue, langsung deh gue bangkit dari sofa dan nyamperin ke sumber suara.

"Kenapa yah manggil Livi? kenceng banget lagi huh" tanya gue sambil betulin rambut.

"Itu tuh handphone Kenan banyak notif masuk daritadi, coba kamu bawain sana sekalian bangunin dia, bilang udah siang gitu" perintah ayah.

"Yailah ayah, palingan cuma kliennya itu. Udah gak usah dibangunin, nanti malah marah. Kan dia juga baru tidur jam 4 pagi" elak gue biar gak jadi bangunin si abang resek.

Haduh, fix alamat disuruh bangunin Kak Kenan deh nih. Ayah pasti bakal kekeh nyuruh gue bangunin Kak Kenan -batin Livia

"Enggak Liv, bilang aja hp nya bunyi mulu. Masak kamu sama abang sendiri takut sih" jawab ayah sambil ngasih hpnya Kak Kenan.

Ish si ayah mah kayak gak tau watak Kak Kenan aja si. Lagian kenapa sih Kak Kenan pake ngecas segala di kamar ayah. Kan jadi ribet kalo bunyi-bunyi mulu gini.

"Iya deh yah Livi kasihin, tapi kalo dia marah tinggal Livi bilang disuruh ayah gitu," ucap gue malas

Tuk...
Tuk...
Tuk...
*gue pun ngetuk pintu kamar Kak Kenan

ah kebo nih orang ga dibuka-buka pintunya, yauda masuk aja lah -gumam Livia

"Kak, Kak Kenan. Nih hpnya bunyi mulu. Banyak whatsapp kali.. Kaak" ucap gue sambil goyangin badannya Kak Kenan dan akhirnya gue letakkin aja hpnya di sisi kasur.

Terserah lah, yang penting gue udah bangunin ini. Ntar kalo bunyi juga kedengeran (nyengir-nyengir)

-------------------------------------------------------------------

Haii... Bertemu lagi sama author yang ngangenin ini hehe

*apasi thor basi bgt deh lu :v

Udahlah gak papa ya walaupun basi yang penting kalian jangan lewatin utk vote & comment ya kalau kalian puas.. Bye bye

Me is MineTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang