Ini pukul delapan malem. Yeonjun berdiri di depan pintu rumahnya. Dia ragu buat masuk rumah. Tangannya dingin. Wajahnya kelihatan gelisah.
Dia takut masuk rumah. Seharian ini dia bolos bareng Soobin. Mamanya ngirim puluhan sms, papanya juga sempat nelfon. Yeonjun takut kena semprot papanya. Iya, Yeonjun emang preman. Tapi dia bukan preman durhaka. Dia masih punya rasa takut sama orangtuanya. Yeonjun itu preman yang berbakti sama orangtua.
Yeonjun noleh ke belakang. Disebrang rumahnya ada sebuah halte. Yeonjun mikir buat gak pulang aja. Tapi kalau di gak pulang, dia gak tau mau pergi kemana.
Tiba-tiba dia inget Soobin. Beberapa jam yang lalu dia naik bus bareng Soobin. Yeonjun turun di halte depan rumahnya, sedangkan Soobin turun di halte deket sekolah.
Seketika terlintas di pikiran Yeonjun buat nginep di apartemen Soobin. Dia tau apartemen Soobin itu deket sekolah. Dia cuma butuh naik bus yang sama kayak waktu berangkat sekolah.
Mata Yeonjun ngerjap-ngerjap fokus lihat halte di sebrang. Jalanan lumayan sepi. Cuma ada mobil sama motor yang berlalu lalang. Dijam segini mustahil bisa dapetin bus. Mungkin aja bus yang dinaikin Yeonjun tadi bus terakhir. Yeonjun batalin niatnya.
Yeonjun balikin badan lagi. Dia balik buat menghadap ke pintu rumahnya. Bibirnya manyun, alisnya bertaut. Yeonjun garuk-garuk kepala. Ngapain disaat kayak gini malah Soobin yang keluar dipikirannya? Yeonjun mukul kepalanya biar sadar.
Pukulan Yeonjun berhenti. Otaknya penuh dengan Soobin. Dia gelengin kepala buat jernihin pikirannya. Tapi bukannya jernih, pikiran Yeonjun malah tambah keruh. Yeonjun nyentuh bibirnya. Dia inget ciuman tadi siang. Seketika jantung Yeonjun deg-degan. Dia juga inget wajah Soobin dari dekat. Ganteng!
Yeonjun senyum-senyum sendiri kayak orang kesurupan. Jarinya masih megangin bibirnya. Jangan lupa, dia juga meluk boneka rubah yang dikasih Soobin dengan erat. Hingga kejadian memalukan menimpa Yeonjun.
Disaat Yeonjun tengah senyum-senyum sembari mikirin Soobin dengan khidmat, papa Yeonjun buka pintu rumah. Papanya berdiri di depan Yeonjun dengan masang muka cengo. Yeonjun gelagapan. Berdirinya yang letoy seketika jadi tegap. Senyumnya udah hilang. Tangannya garuk-garuk leher padahal gak gatel.
"Ngapain kamu senyum-senyum di depan pintu?" Papa Yeonjun nautin alis sambil natap anaknya dengan ekspresi heran. Yeonjun tengsin. Yeonjun malu setengah mati! Ini gara-gara Soobin! Yeonjun ngutuk Soobin dalam hati.
"Umm anu.. Gak kenapa-kenapa pah. Tadi ada badut ngesot." Yeonjun mulai gak masuk akal. Nada bicaranya agak gelagapan. Matanya lari-lari gak berani natap papanya. Kepalanya nunduk. Yeonjun was-was. Siap gak siap dia harus siap dapet omelan papanya.
"Nglantur aja kamu. Sana masuk!" Spontan Yeonjun ngangkat kepalanya. Dia tertegun sambil natap papanya. Papanya gak marah? Gimana bisa? Yeonjun kira dia bakal kena semprot berjam-jam.
"Ngapain liatin papa kayak gitu? Masuk terus mandi sana!" Yeonjun buru-buru langkahin kakinya. Mungkin papanya habis gajian makanya berubah jadi baik. Bodo amat! Yeonjun gak peduli. Yang penting hari ini dia gak diomelin.
Yeonjun masuk rumah. Bau masakan khas rumahan menyapa hidung mancungnya. Yeonjun jadi laper. Dia sempet makan siang bareng Soobin di taman hiburan, tapi sekarang perutnya butuh asupan.
"Dek Njun!" Sang mama nyapa Yeonjun dari dapur. Mamanya nyamperin Yeonjun dan meluk Yeonjun. Yang dipeluk masang muka bete.
"Mama! Yeonjun kan udah bilang jangan manggil Yeonjun kayak gitu! Yeonjun udah besar!" Yeonjun itu preman. Malu tau kalau dipanggil kayak gitu. Mamanya emang suka manggil Yeonjun gitu. Panggilan kesayangan katanya. Tapi Yeonjun gak suka! Itu terlalu berkesan kalo Yeonjun anak mama. Ya emang anak mama kan? Anak siapa lagi?
KAMU SEDANG MEMBACA
ÉNIGMA: Yeonjun √ [TAMAT]
RomanceHighest renk: Soojun #1 (060619) enig·ma /énigma/ n teka-teki; tidak jelas (tentang ucapan); misterius Yeonjun Awan Dirganjaya, si anak kepsek yang pensiun jadi preman sekolah karena harus pindah. Keadaan memutar balik kehidupan Yeonjun. Yeonjun yan...