3. Gandengan Sepulang Shalat Tarawih

37 8 4
                                    

Senin, 6 Mei 2019
Pkl 21.09

Assalamu'alaikum.

Bismillahirrahmanirrahim.

Waah, udah masuk bulan ramadhan. Aku mohon maaf lahir dan batin yaa kalau ada salah. Selamat menunaikan ibadah puasa 1440 H ^_^

Ngomong-ngomong soal Ramadhan, tadi aku ada sedikit cerita nih. Kebetulan banget, dari kemarin pengin sharing tulisan tapi belum ada bahannya. Eeh alhamdulillah tadi dilihatin kejadian yang bikin terharu.

Sepulang tarawih, aku mampir ke warung sama adikku. Dia pengin seblak. Yaudah aku tungguin. Kan aku bete ya, jadinya nengok kanan kiri.

Eh tiba-tiba dari arah masjid ada pria dan wanita yang lagi gandengan...

Serius, pertama ngelihat aku kayak ngenes gitu. Naluri jomblo nya keluar.

Aku kira, mereka itu sepasang suami istri. Dilihat dari gandengannya yang rapat, terus pakaian mereka juga serasi. Khas pakaian orang selesai shalat. Yang pria pakai baju koko plus sarung, wanitanya pakai mukena atasnya terus bawahannya daster (Kebayang kan? hehehe).

Ya udah aku alihin perhatian, gak ngelihatin mereka lagi. Sampai akhirnya mereka udah ngelewatin tempat aku berdiri, kemudian aku coba merhatiin mereka lagi, dan yang cuma kelihatan berikutnya adalah punggung mereka.

Aku cengo.

Tebakanku salah. Mereka bukan suami istri!

Mereka berdua itu...

Nenek dan cucu lelakinya.

Iya, aku yakin banget. Si lelaki itu temanku (meskipun kami bukan teman akrab). Badannya emang besar, kekar, jadinya tadi aku salah ngira deh.

Dan di sebelahnya itu neneknya. Ya Allah, kelihatan banget si nenek nyaman ada di dekat cucunya. Dari caranya ngomongin hal kecil sambil ketawa sewaktu jalan tadi, dan caranya ngegandeng cucunya.

Menurutku, itu bukti mereka dekat. Dia (si cucu) udah menjaga neneknya dengan baik. Buktinya sampai serasi gitu...

Dan sampai aku salah ngira. Ya Rabb, maaf :')

Durasi kejadiannya bentar banget. Tapi, ngasih efek yang InsyaaAllah berkepanjangan di hidup aku.

Tanpa cowok itu sadari, dia udah ngasih pelajaran bahwa seorang anak itu gak cuma harus berbakti sama orangtua, tapi sama nenek dan kakeknya juga.

Kedua, dia gak malu. Gak malu buat gandengan sama neneknya di depan orang-orang. Mungkin, disaat anak lelaki lain bangga gandengan sama pacarnya, dia bangga bisa gandengan sama neneknya.

Rasanya aku jadi pengin buru-buru mudik, pulang kampung dan ketemu sama nenek kakek. Aku kangen sama mereka :')

Ya Allah, terimakasih untuk pelajaran berharga malam ini...

Wassalamu'alaikum. Semangat puasanya ya kawan-kawan! ;)

Catatan Hidup SingkatTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang