Memberi Bantuan: Bukan Cari Muka

4.2K 598 24
                                    

Kasus 1:
Ada pegawai yang di tempat kerja selalu nolongin bosnya. Dia selalu siap membantu, apapun dilakukan untuk bosnya. Tapi giliran temen-temennya minta tolong, sama sekali gak peduli. Dalam hatinya, kalo bantuin bos itu bakal jadi pegawai favorit, kalo bantuin temen malah nyusahin.

Kasus 2:
Ada cewek SMA yang kalo di kelas suka nolongin temen-temennya. Kalo temennya butuh, dia pasti ada. Tanpa diminta pun, dia langsung bantuin. Apalagi kalo di depan cowok yang ditaksir, beuh, baiknya langsung kayak malaikat. Tapi ... giliran di rumah, disuruh nyapu ngepel bantuin orangtua, gak mau sama sekali. Dalam hatinya, dia pengen dikenal sebagai cewek baik hati di sekolah biar semua orang pada suka. Bodo amat kalo di rumah.

***

Gimana dua kasus itu menurut kalian?

Menurut gue, orang yang beneran tulus ngasih bantuan, baik diminta atau gak diminta, dalam hatinya sama sekali gak ada keinginan supaya dibilang baik hati tidak sombong suka menolong dan rajin menabung.

Bukan itu niatnya.

Beda sama orang carmuk alias cari muka. Orang cari muka itu nolongin orang dengan maksud pencitraan, biar dikenal sebagai orang baik.

Gak usah mikirin orang lain deh, sekarang kita nilai aja diri sendiri. Apakah kita salah satu manusia yang gemar cari muka?

Persona: Menjadi Baik, Bukan Palsu [TAMAT]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang