Bukan Padang, Tapi Minang

124 7 0
                                    

         Ingat tempat kelahiran bapaknya Milea? Hayooo, siapa yang masih ingat?
Ah payah, kalian mah ingatnya cuma Milea sama Dilan aja yah.
Biarku kasih tahu yah, Bapaknya Milea itu lahir di Kabupaten Tanah Datar. Yah walau gak dituliskan lagi daerah yang lebih detailnya.

         Nah, aku juga lahir di Kabupaten ini, makan dari tanahnya, berpijak diatas tanahnya selama bertahun-tahun mungkin nanti juga kembali ke dalam tanahnya.

        Dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM), aku melanjutkan sisa perjalanan dengan mobil, Mandeh ngeyel mau jemput katanya, padahal aku tahu maunya Mandeh itu jalan-jalan sambil meras dompet Papa.

        Di telpon Mandeh marah-marah, giliran ketemu langsung peluk-peluk, cium-cium.
" Ondehh, lah tibo anak den. Caliak lah tambah lamo tambah bantuak cigak muko ee. Raso ka den masuak-an nyo ka paruik baliak " Benar-benar si Mandeh omongannya beda banget sama perlakuannya
( Ondehh, sudah tiba anakku. Lihatlah tambah lama tambah mirip monyet mukanya. Pengen ku masukkan ke perut lagi )

    '   Mandeh ku tersayang, mau Mandeh masukin lagi aku ke perut Mandeh atau nggak, yang wajahku nggak bakal berubah kalau sudah takdir kayak gini. Lagian Mandeh kan yang buat sama Papa. Keburu nafsu nih pasti, gak baca bismilah, wajar dong wajahku jadi kayak gini ' semoga Mandeh gak dengar rontaan batin ini

        " Alah tu, jan digaduah jo anak tu. Pulang lah wak lai, Yuri pasti panek " Papa menghentikan sikap histeris Mandeh yang memeluk-melukku
( Sudah, jangan ganggu pula anak itu. Kita pulang aja, Yuri pasti lelah )

        Papa yang paling terbaik saat ini. Kalau gak salah yah, barusan Mandeh bilangin aku jelek deh? Tapi sekarang dianya nempel mulu kayak lintah, gak lupa tangannya gandeng aku. Hahahahaha.. Ketahuan Mandeh rindu berat sama aku.

         " Pah, laper. Makan dulu yah, kangen masakan Padang nih " Ucapku ngelus-ngelus perut

         Sontak Mandeh ngotot padaku, salah ku apa sih ahh
" Lah den buek an kau samba di rumah, bamintak jo makan di lua "  ( aku sudah buatin lauk di rumah, masih aja mintak makan di luar )

         " Mandeh, dari sini ke rumah aja makan waktu dua jam. Samba Mandeh bisa kumakan nanti kok " 

         Mandeh manyun 5cm, walau akhirnya mengabulkan. Papa mengendarai mobilnya ke arah rumah makan ' Lamun Ombak '. Rumah makan yang terletak di sekitaran kota Padang, letaknya di tepi jalan kok, jadi ga perlu susah-susah belok sana belok sini. Masakannya ini sumpah enak banget. Kami duduk di salah satu meja dekat jendela,meja yang terlalu besar untuk ditempati tiga orang.

         Pramusaji berseragam datang menghampiri, membawakan air putih dan air kebokan. Disusul dengan pramusaji lainnya yang membawakan berpiring-piring lauk ditangannya, ia membawa piring-piring itu dengan cara ditumpuk seperti ini.

        Tak bisa lagi kutahan godaan yang dihidangkan di depanku. Ada gulai talua, anyang, sambalado, ayam gulai, ikan bakar, ayam bakar, ayam bumbu, baluik lado ijau, gulai jariang, tak bisa kusebutkan satu-satu . Ohh jangan lupakan makanan khas  Minang, apalagi kalau bukan Randang. Kalau saja aku tak tahu malu, ingin ku sikap semua makanan ini ke dalam piringku walau ku yakin semua makanan ini tak akan habis olehku mengingat lambungku yang tak bisa melebar sedikit lagi.

          Setelah beradu argumen dengan perutku, akhirnya aku memilih ayam gulai sebagai peneman makan. Biasanya orang Minang itu ' Palado ', kalau diartikan ' suka pedas '. Ku tambahkan sambalado ke dalam piringku. Aduhhh.. Keingat Ayu ting-ting.

          " Yuri, indak batambuah? Banyak ko haa, abihan sadonyo ko " Papa menumpahkan gulai jariang ke dalam nasinya yang menggunung, napa yah kalau laki-laki dewasa itu makannya banyak?. ( Yuri gak mau nambah? Masih banyak ini, abisin semuanya )

           " Ini aja belum habis Pa, nanti kalau udah habis Yuri nambah kok. Itupun kalau masih kuat "

           " heleh, sok gaya kau. Biasonyo makan kau sacambuang gadang " Ini Mandeh kenapa? Cemburu Papa perhatian ma aku? ( Heleh, sok gaya kamu. Biasanya kamu makan secembung besar )
* Cambuang = mangkuk atau pinggan cekung [ tempat nasi ]

          " Diabihan sadonyo bekko, ndak lo bapiti Papa mambanyianyo. Yo lah kok Mandeh nan mambanyia, nio abih sadonyo mah " Ejekku pada Mandeh yang kerjanya memang suka minta duit ke Papa buat belanja sama emak-emak sosialita yang suka bikin dompet suaminya sekarat.
( Kalau semuanya dihabisin, nanti Papa gak punya duit buat bayar. Beda lagi kalau Mandeh yang bayar, bisa kuhabisin semua ini )

          " Ngajak berantem " Tuhkan tu emak gue nyolot kan? Bisa-bisa dimasukin lagi aku ke rahimnya ntar malam.

         "  Alah-alah, cakak juo lai. Kalau nio abihan, abihan lah. Papa baok piti banyak " Papa selalu menjadi penengah ketika suasana memanas antara aku dan Mandeh ( Sudah-sudah, berantem mulu. Kalau mau habisin, habisin aja. Papa bawa duit banyak kok )

        
        
 
          
         

A GuyTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang