"Chaeng, ini Jaehyun" kata gue setelah ngetok-ngetok hampir lima kali pintu kamar Chaeyoung tapi gak juga dibukain.
Ini emang masih pagi, jam setengah enam, dan umumnya orang-orang emang masih pada tidur. Apalagi anak kuliahan. Tapi harusnya Chaeyoung udah bangun, soalnya dia mau catch up ngerjain tugas yang harus dikumpul nanti jam sepuluh.
"Ch-"
Gue baru mau teriak sekali lagi waktu Chaeyoung bukain pintu dan ngeliatin wajah pagi harinya dia.
Setelah itu, tanpa dipersilakan masuk pun, gue langsung masuk ke kamarnya dan buka padded jacket, juga beannie gue.
"Gila, jam empat tuh yang ngantri udah kayak black friday tau gak?" kata gue sambil nyangkutin jaket ke kapstok. Chaeyoung nggak suka ada barang berserakan apa lagi di area-nya dia.
"Nih," selanjutnya gue nyerahin nomor antrian dari ABH ke dia. Dia nerima itu, diliatin sebentar sebelum akhirnya ngusap-usap tangan gue.
"Dingin ya? Maaf ngrepotin..." katanya, nada terharu gitu. Kan gue jadi berasa pahlawan kepagian kalo kayak gitu.
Biar gue perjelas situasinya sebelum kalian bingung.
Chaeyoung ikut program short course ke Praha dari Erasmus+. Sabtu ini tuh, harusnya dia udah berangkat. Cuma yang namanya Park Chaeyoung itu nggak lengkap tanpa sifat teledornya dia. Jadi, visa pelajarnya itu udah expired dari semingguan yang lalu, cuma cewek gue yang cengeng itu baru nyadar pas Senin kemarin, waktu diminta ngumpulin berkas kelengkapan buat short course.
Dia panik, gue kasian. Apalagi waktu tau gimana ribetnya dia ngurusin visa ke ausländerbehörde, atau kita nyebutnya ABH. Pake acara salah kantor, dimarahin satpam, mending kalo berhasil keurus, itu disuruh balik lagi besok harinya. Padahal berangkatnya besok Sabtu itu. Jadilah dia ribet lagi ngurus ke sekretariat Erasmus dan minta penangguhan waktu berangkat dan lalalalala yang intinya gue nggak ngerti dan justru makin kasian liat dia.
Akhirnya gue, sebagai pacar yang ganteng dan pengertian, menawarkan bantuan untuk ngambilin antrian di ABH karena kantor ABH-nya lebih deket dari tempat gue. ABH itu kayak kantor imigrasi yang ngurusin permasalahan visa, bukan cuma buat pelajar atau pekerja tapi juga refugee. Jadi ABH selalu sibuk. Makanya kalo berurusan sama ABH itu harus pagi banget. I mean pagi banget itu beneran pagi banget karena kadang mereka batesin nomor antrian cuma sampe 50 pertama. Kayak gitu deh.
"Kamu berangkat jam berapa tadi?" tanya Chaeyoung sambil nyodorin minum ke gue.
"Bekasan?" tanya gue sambil menaikkan sebelah alis ngeliat mug berisi coklat hangat yang tinggal setengah.
"Dih nggak bekas. Cuma diminum dikit" jawab Chaeyoung dengan muka defensif-nya yang adorable itu. "Ya lagian aku mana tau kalo kamu bakal dateng sepagi ini. Harusnya ka-"
"Iya" kata gue mengulum senyum sambil menerima mug itu dari Chaeyoung. Gue minum coklat itu sambil ngelirik ke Chaeyoung yang masih manyun.
Biarinlah. Ngegodain Chaeyoung itu salah satu hobi gue. Lagian, sekali-kali perlu kali dia digituin biar hidupnya nggak serius-serius amat.
"Chaeng, aku numpang tidur ya?" kata gue setelah gue minum kira-kira tiga teguk.
"Hm? Iya, iya, tidur aja" respon Chaeyoung yang ternyata udah balik duduk di meja belajarnya. Di depannya udah berserakan kertas, alat tulis, stabilo peach yang jadi signature-nya, dan MacBook yang menyala.
"Belom selesai?" tanya gue, merujuk ke tugas review jurnalnya, sambil gue naik ke tempat tidur Chaeyoung yang masih berantakan. Bekas bangun tidurnya dan belum diberesin.
Gue membenamkan kepala gue di bantal Chaeyoung, selimutan sama bed cover motif bunga kecil-kecil yang cewek banget, juga mencium wangi vanilla yang mirip softener bayi. Khas Chaeyoung banget.
"Udah. Ngecek aja" katanya. Ngeliat ke gue sebentar sebelum balik ke layar MacBook.
Gue nggak bilang apa-apa lagi setelah itu. Gue ngerasa mulai ngantuk karena gue emang udah bangun dari jam tiga dua puluh demi ngantri tiket ABH itu.
"Udah kamu tidur dulu aja. ABH kan mulai kerja jam tujuh, nanti jam setengah tujuh-an aku baru mau berangkat. Bisa sejam lah kamu tidur" kata Chaeyoung ditengah-tengah gue yang dalam kondisi alpa. Gue sempet ngerasain dia ngelus rambut gue pelan yang gue bales senyum seadanya. Nggak tau deh itu bisa digolongkan senyum atau bukan. Ngantuk gue.
Sembari mata gue hampir merem, gue masih bisa ngeliat Chaeyoung yang serius dengan tugasnya. Dan nggak tau kenapa, ngeliatin Chaeyoung yang begitu jadi menepikan niat gue buat tidur.
Sebenernya, gue nggak beneran kasian sama Chaeyoung dengan masalah visa dan Erasmus-nya itu. Gue tau dan yakin, tanpa gue pun Chaeyoung pasti bisa handle itu semua. I told you, she's not as weak as you think. Justru dia orang yang cukup ambis. Dia tau apa yang dia mau dan gimana cara ngedapetin itu.
Gue ngeliat perjuangannya bolak balik demi short course itu. Ngurus kuliah dan ngerjain paper aja udah bikin pusing, apalagi lo ada part time ditambah ada masalah visa yang nyerempet ke peluang lo pergi ke luar untuk liat dunia yang lebih luas. Gue kalo jadi Chaeyoung, udah males. Udahlah, gak berangkat aja dan milih ngurusin visa gue dulu. Cuma ini adalah Park Chaeyoung dan bukan Jung Jaehyun. Antara keras kepala sama berhati baja bedanya tipis.
Sebenernya gue sering ngeliat Chaeyoung dan 'keteguhannya' itu. Setengahnya gue bangga liat Chaeyoung setangguh itu. Dia sama sekali beda sama Chaeyoung yang nangis gara-gara ngeliat sakura mekar di Bonn. Tapi setengahnya lagi gue capek. Capek liat dia yang capek. Kayaknya hidupnya dia itu lari muluk.
Dan gue nggak bercanda waktu gue ngomong kalo hidup Chaeyoung kadang perlu dibercandain karena hidupnya emang seserius itu.
"Chaeng" panggil gue, masih ngeliat dia dari figur sampingnya yang gue pikir sangat bagus kalo difoto.
"Hm" jawab dia. Terlalu apa adanya bahkan dia nggak ngelirik gue. Dih.
"Liat sini lah"
"Apa?" jawab dia agak ketus karena gue ganggu konsentrasinya. Dia lalu menoleh ke gue, ngeliat gue tapi gue nggak bilang apa-apa. Gue emang nggak ada niat yang jelas manggil dia, cuma mau bercandain dia doang.
"Apa sih Jaehyun??" komentarnya nggak sabar. Aslinya dia emang nggak sabaran. Dasar, ceweknya siapa sih?
"Chaeng" panggil gue lagi. Masih dalam rangka ngusilin dia.
"Udah deh, tidur sih tidur aja" oke, sekarang dia beneran udah nggak sabar sama tingkah gue.
"Chaeng"
"Ck, tau ah" lalu dia, dengan muka keselnya, balik melihat ke kertas-kertasnya. Gue geli liat Chaeyoung yang kayak gitu. Versi Chaeyoung favorit gue.
"Chaeng," panggil gue lagi. Tapi dia nggak noleh. Kayaknya udah capek sama tingkah nggak mutu gue di pagi hari gini.
Tapi gue nggak peduli, gue cuma mau manggil dia aja kali ini.
"Kamu ga usah liat kesini tapi dengerin" kata gue lagi. Chaeyoung masih belum bergeming.
Tapi sekali lagi, gue nggak peduli. Gue cuma mau ngomong sama Chaeyoung.
"Chaeng, you do all good, just loosen up a bit, will ya?"
Dan iya, gue cuma mau dia istirahat.
Hi! Huhu, I don't know why but I'm all the happy when write these scenes. Kayaknya aku beneran whipped sama Jaehyun - Rosé :"
Jadi cerita ini bisa sangat sering up date karena mereka sangat update-able sebagai visualisasi.
Terima kasih Park Chaeyoung. Terima kasih Jung Jaehyun.Dan, makasih juga buat kalian yg udah mampir kesini. Baca sampai sini bahkan meninggalkan bintang. U guys truly touch my heart! Lastly, have a nice day for you all good people!
KAMU SEDANG MEMBACA
dear, chaeyoung ✓
Fiksi Penggemarchaeng itu lebih dari arabiata pasta atau bobanya boboQ -jaerose au (in sequence with dear jaehyun)