Gue mengucek mata gue perlahan, kaki gue juga terus melangkah menuju kamar mandi meskipun jiwa gue belum sepenuh nya sadar.
Sampai di depan cermin kamar mandi, mencuci tangan gue, membasahi wajah kemudian berlanjut mencuci wajah gue.
Tangan gue mengambil handuk, ga lama gue baru aja sadar kalau belakang celana tidur gue merah semua. Ini tanggal berapa sih? Perasaan baru kemarin-kemarin dapet ko dapet lagi.
"Lama banget sih, gue tinggal nih!"
Suara Woojin terdengar di luar kamar mandi, kayak nya dia masuk ke dalam kamar gue. Detik itu juga gue bingung harus gimana, kalau udah kaya gini gue tuh males banget keluar kamar mandi, dulu-dulu pernah duduk di kloset selama hampir dua jam.
"Gue gak ke sekolah ya, jin!" Seru gue pada akhirnya. Gedoran dari Woojin yang semula berkali-kali sekarang udah mulai berhenti, iya dari tadi tuh Woojin terus-terusan teriak, gedor-gedorin pintu kamar mandi.
"Lu kenapa? Keluar kek, ga usah bikin gue khawatir!" Teriak Woojin masih berusaha membuka knop pintu. Gue beranjak dari duduk gue di kloset, dengan langkah gontai gue mendekati pintu kemudian membuka nya.
"Kenapa?" Raut muka Woojin bingung bercampur khawatir. Gue menundukkan kepala sambil geleng-geleng. Ini sih gue berasa jadi adik nya Woojin, bukan kakak nya lagi.
"O-ohh lu hari ini dapet? Bilang kek dari tadi, yaudah lu ga usah berangkat. Gue minta dibikinin surat aja kali ya sama Opa?"
Gue menggelengkan kepala beberapa kali, gak mungkin opa mau bikinin surat buat gue. Jadi opa tuh ya kakek yang ada di sebelah rumah, kita berdua udah biasa minta tolong ke beliau kalau salah satu dari kita sakit terus, dan kalau ayah lagi dinas keluar kota.
"Nanti opa ga percaya."
"Udah si tenang aja, udah lu sana mandi. Terus pake pembalut, tuh seprei di cuci. Sebenernya gue tadi ngacak-ngacak seprei lu, wkwk maap ye." Woojin nyengir lebar, gue malu pake banget detik itu juga. Woojin emang udah kebiasaan acak-acak kamar gue, dari seprei, lemari yang isi nya bisa dibilang privasi cewek, untung dia pengertian, terus juga adik gue yang paling tersayang.
Woojin berlari keluar kamar gue, suara teriakan nya yang memanggil opa di sebelah rumah kedengeran sama gue. Itu udah kebiasaan Woojin, syukurnya opa ga marah, beliau malah ketawa-ketawa jika Woojin bertingkah mirip sama cucu nya.
"OPA, OPA BIKININ SURAT BUAT KAK ARA.
KAK ARA PENDARAHAN."Gue menggerutu dalam hati, gue jedotin kepala gue ke pintu secara pelan. Meskipun opa udah tau semua seluk beluk cewek, karena beliau juga pernah ngurusin anak nya dari bayi sampe SMA, gue tetep aja malu. Mau ditaro dimana muka gue pas ketemu sama opa di depan rumah.
Hampir tiga puluh menit gue belum keluar dari kamar mandi, gue udah mandi kok, udah pake pembalut juga. Tapi, rasanya mager banget buat sekedar duduk diatas karpet, sofa ataupun tempat tidur. Gue itu orang nya mageran, belum lagi gue harus nyuci seprei yang tadi kan.
"Ayo dong ra, paksa!" Ujar gue menyemangati diri sendiri. Akhirnya gue bangkit, keluar kamar mandi dan segera mencuci seprai menggunakan mesin cuci.
Perut gue yang udah sakit malah bertambah sakit karena gue telat sarapan, gue otomatis ke dapur, dan apes nya ternyata di lemari dapur ga ada makanan apa-apa. Bahkan mi instan udah abis.
Gue mengambil hp gue yang entah sejak kapan ada di atas meja makan, awal nya gue mau pesen makan, tapi gue bingung. Bayar pake apa gue? Sementara gue ga dikasih uang, dan lagi atm gue di pegang ayah Baekho.
Empat bulan yang biasa nya cepet sekarang terasa lama bagi gue. Bisa aja gue minta makanan ke tetangga sebelah, ke opa atau ke siapalah itu. Tapi, gue urungin. Ketauan banget kan gue gak dikasih uang jajan, terus mereka juga bakal nanya ini dan itu, dan akhirnya ayah gue yang disalahin. Mereka bisa aja negur ayah, dan muka ayah ramah banget nanggepin teguran nya, sampai dirumah tentunya gue dimarahin habis-habisan.
"Woojin ih, lu tega banget ngabisin sisa roti kupas gue, mo nangess."
Kalimat itu yang biasa nya gue lontarkan ketika gue lagi badmood, disertai alasan-alasan seperti Woojin ini, Woojin itu, Woojin sering banget dengerin kalimat tersebut keluar dari mulut gue, dia cuma diem aja. Dengerin dengan seksama lebih tepat nya, terus dia meluk gue karena setelah itu gue bakal nangis kenceng.
Gue mengirimi banyak pesan ke Woojin, berharap pulang sekolah Woojin bawain makanan buat gue atau nanti pas dia istirahat bisa pesenin gue makanan.
Selama menunggu gue duduk di teras yang berhadapan dengan mesin cuci, gue sengaja memutar lagu di hp gue. Sesekali menyanyikan penggalan lagu tersebut untuk menghilangkan rasa bosan.
"Permisi!"
Gue melongok ke samping rumah yang kebetulan langsung mengarah ke halaman depan. Gue cepat-cepat berlari ke depan rumah, karena gue mencium bau makanan enak. Gue dan Woojin emang tipe-tipe orang yang suka rusuh jika menyangkut soal makanan.
"Ini mak—"
"Wah makasih ya, mas. Eh udah dibayar kan?" Tanya gue memotong ucapan mas-mas ojek online di depan gue. Dia mengangguk kan kepala, gue tersenyum terus menutup pintu rumah.
Yang penting makan. Makasih sama Woojin nya kain kali aja, kalau masih inget.