#2 PENCARIAN JATI DIRI

281 11 0
                                    

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN






Lulus dari SMP(2009) gue gak pernah berpikir bakal lanjut kesekolah mana,untuk lanjut pun gue gak punya gairah lagi karena orang tua gue juga seakan gak peduli. Ya bokap sibuk dengan dunianya,dan nyokap kerja. Sampe pada saat gue liburan kerumah nenek barulah gue cerita dan gue bilang ke dia kalau yang gue mau ya pokonya harus sekolah negri karena nilai gue juga lumayan bagus yang termasuk peringkat 11 terbaik dari 1 angkatan. Dan pada akhirnya nenek gue yang mau ngebantu gue pendaftatan ke SMK sampai akhirnya terwujud juga,gue masuk ke salah satu SMK negeri unggulan di Jakarta Timur .
Awal sekolah jadi hal yang biasa aja buat gue,gak ada hal special yang begitu berarti untuk diingat. Yang gue inget ya gue cuma pacaran iseng doang sama banyak cewek yang gue udah lupa nama-namanya. Dan itu cuma dalam waktu beberapa bulan loh gue pacaran sudah lebih dari 5 cewek..

Sampai akhirnya di akhir semester 1 dikelas 10, gue dapet kabar bokap ketangkep lagi karena masalah judi. Ya usut punya usut ternyata tetangga terdekat yang ngaduin. Gak tahu sih vonis aslinya berapa lama,yang jelas sih 6 bulanan dia sudah bebas lagi. yang jelas nyokap sampe harus jual kontrakan 1 gang deh cuma buat bolak-balik ngurus bokap dipenjara. Ya Gue juga sempet emosi kenapa harus dibela-belain begitu tapi ternyata keputusan nyokap itu lah yang akhirnya menjelaskan akhir dari keluarga gue.. Iya dia ngebantu untuk akhirnya ninggalin bokap gue.

Sehari setelah bokap bebas,kita masih hidup bareng-bareng,memulai semua dari awal lagi seperti sebelum kejadian penangkapan itu,sampe akhirnya nyokap bilang gue sama adik gue harus ikut nyokap,dan bokap gue harus bawa abang gue, dan oke lah intinya bonyok gue itu gak cerai tapi mereka pisah rumah karena nyokap udah gak tahan dengan kelakuan bokap. Dan tentu aja hal ini disambut baik oleh nenek gue, nenek gue ini mungkin bisa dibilang Nenek sekaligus mertua idaman semua wanita deh kayaknya. Iya karena walaupun anaknya salah dia gak pernah bela bokap gue,karena buat dia kalo salah ya salah gak berhak orang bersalah dikasih pembenaran walaupun cuma 1x. Singkat cerita nenek gue ini jadi deket banget sama nyokap,dan nyokap ini seakan sengaja ngajak gue ngontrak rumah dideket rumah nenek,(mungkin karna takut gue sama adik gue diapa-apain bokap ya kan).Masih di RT yang sama tapi beda 5 blok,cukup jauh sih kalo harus jalan kaki. Sedangkan abang gue, dia tetep dirumah berdua bokap sama Mba Ana(ART,udah tua),Jarak rumah baru gue sama bokap ya lumayan, Itu penyebab utamanya kenapa gue gak bisa tahu banyak hal soal dia, karena dia sibuk di sekolahnya dan gue juga sibuk disekolah gue karena dari kecil kami gak pernah ada disekolah yang sama,semua harus dibedain . Katanya sih supaya kita punya sifat yang gak mirip satu sama lain.
Dan menurut gue hal itu cukup beralasan sih,karena emang semenjak SMK itu gue mulai sadar kalo kita emang bener-bener beda 180 derajat. Awalnya gue pikir dia ikut bokap bakal sering jadi pelampiasan emosi,tapi ternyata enggak. dia jadi orang yang penurut dan terkesan gak berani untuk melawan,malah dia makin dimanjain bokap. beda jauh deh sama sifat gue yang berani nentang & ngelawan balik ucapan bokap yang nyelekit dihati. Saking beraninya gue , gue pernah ngelempar pot bunga ke arah bokap,dan itu tepat dikepalanya. Penyebabnya sih gara-gara dia dateng ke kontrakan disaat nyokap gak ada lalu gue disuruh ngambilin apa gitu kedalem rumah tapi gue gak mau lalu gue dipukul. Ya gue lempar lah itu pot bunga,karena gue ngerasa gue punya hak untuk melawan hal yang gak wajar buat gue terima pada saat itu. Gue juga pernah ngelempar batu bata ke arah rumah,sampe kaca depan jendela pecah semua. karena kesel gue gak dibolehin pulang kesana. Apalagi soal Badword & sumpah serapah, udah jadi keseharian gue lah buat ngelawan bokap pake badword. Sampe gue pernah berpikir "kayaknya gue anak paling durhaka deh di dunia ini"






PENYAKIT KRONIS SUMBER MASALAH BARU

Balik ke masa SMK,semenjak orang tua gue pisah rumah alhasil kehidupan gue pun berubah drastis...yang awalnya berkecukupan sampe ke tahap gue gak pernah yang namanya berkecukupan soal uang. Tau sendiri lah ya disekolah ada aja hal kecil yang harus dibeli mendadak,kayak misalkan Foto copy lembar A,B,C,D sampe beli kertas ulangan lah ya. Sedangkan duit jajan gue ini dikasih mingguan sama nyokap,makanya Duit jajan gue selalu habis,dan ga jarang juga gue kelaperan disekolah. Gak cuma disekolah sih,dirumah pun gue sering kelaperan ya karena nyokap gue kerjanya jauh jadi paling ya gue sama adik gue ini cuma dibuatin sarapan,itupun kalo dia pulang doang,sepulang sekolah paling adanya cuma mie atau telur dan ga jarang juga kalo dirumah itu gak tersedia apa-apa bahkan sampai duit receh pun gak ada. Tau kan kondisi orang yang tiba-tiba ngontrak rumah? Iya gak punya perabotan,gak punya ini-itu. Rumah tuh sepi banget karena emang gak ada apa-apa. Beda jauh lah sama kondisi abang gue yang ngikut bokap. Dia mah enak,karna dari awal dia lahir juga emang dia anak kesayangannya(versi nenek) sejak gue lahir aja bokap berani mukul abang gue,karena dia mau bersikap adil ke kita berdua walaupun cara yang dia pakai udah jelas salah.

MENGAPA HARUS PRIA?Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang