"Pertemuan dua kepribadian seperti hubungan dua bahan kimia; jika terjadi reaksi, keduanya akan berubah." -Carl Gustav Jung.
•••
Masuk jurusan kimia. Apa sih yang terlintas di pikiran kalian ketika mendengar kata kimia? Bom? Racun? Atau hal-hal tabu lainnya.
Bagi sebagian orang, masuk jurusan kimia itu ibarat kalian mencoba untuk menuju suatu kota, dan untuk melewatinya kalian harus memilih jalan hutan yang gelap, sementara ada jalan lain yang hanya berumput dan lebih terang. Keduanya sama-sama menuju kota, hanya saja untuk menempuhnya, mahasiswa kimia melalui jalan yang lebih gelap. Rasa iri melihat orang yang melewati jalanan terang berumput? Pasti ada. Tapi sebisa mungkin kita harus yakin bahwa Tuhan pasti memiliki alasan kenapa kita ditempatkan di jalan hutan yang gelap.
Itu anggapan orang yang merasa kimia bukanlah passion-nya. Contohnya Arjuna Dirga Wijaya. Dirga adalah satu dari sekian banyak orang yang tersesat di jurusan kimia. Walaupun sudah berulang kali mengikuti SBMPTN, tetapi hasil itu semua seolah mempermainkan Dirga dan membuatnya menetap di jurusan Kimia.
Tetapi, kimia yang penuh dengan tantangan teori, reaksi dan hitungan ini bisa menjadi sangat menarik kalau kita memang menyukainya. Kimia itu asik, karena kita mempelajari hal yang tidak terlihat, tetapi ada di sekeliling kita dan semuanya merupakan penyusun dari alam semesta.
Hal ini dirasakan oleh Baskara Wasa Pramana. Sejak menginjak bangku SMA, Wasa sudah menyukai mata pelajaran kimia. Cowok berkaca mata ini selalu aktif dalam olimpiade untuk mewakili sekolahnya, bahkan saat ini ia juga mewakili jurusannya dalam olimpiade sains tingkat universitas negeri. Membanggakan, kalau kata teman-teman Wasa.
Lain lagi kalau kalian orang yang merasa bodo amat mau kuliah di jurusan manapun, asal jadi sarjana. Lagipula orang tua kalian tidak banyak menuntut dan terbilang berkecukupan. Jadi, masa depan kalian aman. Adakah yang begini?
Kalau ada, kalian sama kayak Revano Alvarendra. Cowok yang biasa dipanggil Evan ini anak pengusaha yang hidupnya sudah pasti berkecukupan. Kebetulan perusahaan keluarganya bergerak di bidang pangan, dimana ilmu Evan setidaknya akan berguna meskipun ia melanjutkan perusahaan keluarganya nanti.
Lain lagi kalau kalian tuh sudah mengidamkan jurusan kimia, dan kalian berhasil masuk, pasti senang kan? Eh, tahunya setelah kuliah beberapa bulan, jurusan kimia itu jauh dari ekspektasi kalian dan kalian menyesal. Ada yang merasa begitu?
Berarti kalian senasib dengan Herdian Yoga Sanjaya. Satu SMA dengan Wasa dan sering belajar bersama membuat Yoga juga sangat menyukai kimia. Tapi siapa sangka? Kimia di universitas seolah mengkhianati Yoga karena berubah menjadi menyeramkan.
Ini kisah empat cowok yang berkuliah di jurusan kimia, yang mencoba fokus kuliah tapi tidak lupa mencari cinta.
•••
Let me introduce you ...
KAMU SEDANG MEMBACA
Chemistry [On Hold]
RomanceChemistry (noun). 1. ilmu kimia, 2. keserasian dan saling memahami antara dua orang. Kita harus tertarik untuk bisa terikat dan menciptakan suatu ikatan. Itulah "Chemistry", baik dalam sainsnya, atau dalam asmaranya. Dirga, Wasa, Evan dan Yoga sedan...