🥰 Episode 10

48 11 0
                                    

بسم الله الرحمن الرحيم
اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد

🌸 Pernikahan Sayyidatuna Fathimah Azzahra (Bagian Pertama) 🌸

Ketika Sayyidatuna Fatimah Azzahra' mencapai usia ke-18, sebagian sahabat datang untuk melamarnya, diantaranya datang Sayyidina Abu Bakar ra dan Rasulullah hanya diam lalu berkata:
"Aku menunggu perintah dari Allahسبحا نه و تعالى"

Kemudian datang Sayyidina Umar maka Rasulullah ﷺ menjawab sebagaimana jawaban yg ditujukan kepada Sayyidina Abu Bakar.

Maka beliau berdua mendatangi Sayyidina Ali bin Abi Thalib seraya berkata,
"Wahai Ali engkau termasuk salah satu orang yang pertama masuk Islam dan engkau adalah begini.. begini.. dan begini..."

Sayyidina Abu Bakar dan Sayyidina Umar memberi semangat pada Sayyidina Ali dan berkata, "Sebaiknya engkau pergi melamar Fatimah dari Rasulillah dan engkau adalah orang yang pantas dan berhak memilikinya, engkau juga adalah sepupunya."

Maka berangkatlah Sayyidina Ali dalam keadaan sangat malu, lalu masuklah beliau kepada Rasulullahﷺ dengan rasa malu yang sangat besar, duduk di hadapan Rasulullah dan beliau ﷺ melihat dari mata Sayyidina Ali terpancar sebuah kata-kata dan rasa malu.

Rasulullah ﷺ berkata, "Apa yang ada di benakmu, wahai Ali?"

Sayyidina Ali menjawab dengan mata yang berkaca-kaca,
"Terlintas di benakku Fathimah, duhai Rasulallah."
Maka Rasulullah menjawab, "Marhaban wa ahlan."

Sayyidina Ali pun terdiam dan tersipu malu.
Begitu juga Nabiﷺ terdiam dan malu beberapa saat yang cukup lama.

Dalam benak Rasulullahﷺ ingin Sayyidina Ali untuk membuka pembicaraan, dan Sayyidina Ali dalam keadaan malu yang sangat sehingga tak mampu meneruskan kata-katanya.

Maka keluarlah Sayyidina Ali dan para sahabat telah menunggu di luar dan bertanya,
"Apa yang Rasulullahﷺ katakan padamu?" Sayyiduna Ali menjawab, "Rasulullahﷺ berkata, marhaban wa ahlan."

Para sahabat berkata, "Wahai Ali cukup seandainya Rasulullahﷺ berkata padamu satu saja, tapi Rasulullahﷺ telah memberimu dua jawaban yaitu 'marhaban wa ahlan' tidak diragukan lagi bahwa Rasulullah telah menyetujuinya."

Dalam riwayat yang lain, ketika Rasulullahﷺ berada di masjid, Rasulullahﷺ berkata, "Bahwa sesungguhnya Allah سبحانه وتعالى telah menikahkan Fathimah dengan Ali di langit dan aku telah menikahkannya dengan Ali.
Maka semua sahabat yang ada di masjid pun menjadi saksi."

Di sebahagian riwayat mengatakan, Rasulullahﷺ berkata kepada Sayyidina Ali,
"Hai Ali, apakah kau memiliki sesuatu yang boleh kau jadikan sebagai mahar?"

Maka Sayyidina Ali berkata,
"Wahai Rasulullah, aku tak memiliki sesuatu apapun kecuali pedang dan baju perangku."

Karena Sayyidina Ali tergolong orang yang tidak mampu, yang tumbuh besar dalam didikan Rasulullah ﷺ, seperti kita ketahui bahwa beliau hidup dalam kezuhudan dan kemiskinan yang tidak memiliki apa-apa maka Sayyidina Ali pun menjawab seperti itu.

"Duhai Ali, mengenai pedangmu engkau harus tetap menggunakannya untuk berperang di jalan Allah, sedang baju zirahmu juallah!"

Maka Sayyidina Utsman membeli baju perang tersebut dengan harga 480 dirham lalu Sayyidina Ali memberikan hasil penjualan itu kepada Rasulullahﷺ.

Rasulullah ﷺmengambil 1/3-nya untuk membeli minyak wangi dan sebahagian digunakan untuk menghias rumah Sy Fathimah.

Disebutkan dalam sebagian riwayat, Rasulullah ﷺ masuk kamar Sy Fathimah untuk bermusyawarah dengannya dan berkata, "Wahai Fathimah, sesungguhnya Ali ingin meminangmu dan kau telah mengenal Ali dengan baik."

Maka Sayyidatuna Fatimah diam dan tersipu malu.
Rasulullah ﷺ mengetahui dengan diamnya Fatimah itu bearti dia telah redha dan menyetujuinya.
Maka dimulailah persiapan untuk menggelar pernikahannya.

Akan tetapi, tahukah anda perlengkapan apa yang dipersiapkan oleh Azzahra'?

Bagaimana dengan zaman ini seorang anak gadis sekarang mungkin salah satu dari mereka menyusahkan keluarganya dan mereka tidak rela jika pernikahan mereka dilakukan dengan sederhana.
Dengan menginginkan ini dan itu, cuba perhatikan ini adalah Sayyidatuna Fathimah, pemimpin para wanita di syurga nanti.

🤔Apakah perlengkapan yang disiapkan Sy Fathimah?

🌴🕌🌴🕌🌴🕌🌴🕌🌴🕌🌴🕌

In syaa Allah kita lanjutkan besok ya sahabat.😊

۞اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ۞

Sumber :

kalam_ ulama

Di tulis oleh Habib Abdul Qodir bin Zaid Ba'abud

Putri Bungsu Rasulullah ﷺ ✅Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang