kebakaran

293 235 18
                                    

Hari ini cuaca cerah menyelimuti kampung empang bogor.

Angin yang sepoi-sepoi teras dari luar jendela menambah ke segeran nya.

Pas itu gue lagi di bet (rumah) alwi sama bagir.

dia itu salah satu temen gue tapi bukan dari the dayak tapi dari the babeh.

The babeh nih kaya cabang dari the dayak yang rata-rata anggota nya umur nya lebih muda dari pada anggota the dayak.

Pas itu gue lagi ngobrol sama si bagir di bet (rumah) alwi.

Tiba-tiba si emuh dateng dari Lantai bawah sambil lari ke atas terus teriak-teriak.

"Rumah sebelah kebakaran".bicara emuh dengan wajah tampang panik.

Gue juga jadi ikut panik,soalnya yang gue tau rumah sebelah itu bet (rumah) acan.

Setelah teriak emuh langsung lari keluar lagi.

Gue yang panik sama si bagir langsung  keluar untuk melihat apa yang terjadi sebenernya.

Pas gue keluar Apinya udah  keluar dari kamar Lantai dua rumah acan.

Api nyata cepat menyebar karena lantai dua bet (rumah) acan terbuat dari kayu jadi nya mudah terbakar.

Emuh langsung masuk sama anak-anak yang gede lain nya buat menyelamatkan barang-barang yang bisa diambil terus  ngeluarin benda yang mudah terbakar.

Gue mah cuma ngeliat aja sambil nunggu api yang padam soal nya mental gue langsung ciut liat keadaan di sekitar.

Akhir gue reja (pulang) lagi ke rumah alwi .

Awalnya Gue kirain api nya ngga bakal nyebar ke rumah alwi tapi ternyata nyebar.

Karena gue udah panik kalau api nya udah mulai nyebar kerumah sebelah.

Gue pun langsung bangunin si alwi yang pas itu lagi tidur pulas tampa tau apa pun.

"Wi,bangun woy ! bet (rumah) sebelah ke bakaran".bicara gue sambil teriak dan panik.

Terus gue coba mengoyakan badan supaya bangun tapi dia pules banget tidur nya ngga bangun-bangun sampai bingung gue mau buat apa.

Setelah gue bikin kesel dia akhirnya dia bangun juga.

"Ada apa mat".bicara alwi sambil muka masih ngantuk.

"Bet (rumah) acan kebakaran wi".bicara gue sambil panik.

"Owhhhh !".ngomong alwi masih lemes baru bangun tidur.

"Gue keluar dulu wi, luh keluarin barang-barang yang bisa kebakar bicara gue ke alwi sambil nyuruh dia keluar barang takut nya Api makin nyebar kedalam bet (rumah) alwi.

Akhir gue keluar liat keadaan.

Si acan yang pas itu lagi jual es buah di seberang jalan ngga tau apa-apa.

Padahal di situ udah rame dan udah ada banyak orang yang pada fudul (kepo) pengen ngelitan apa yang sebenar nya terjadi.

Walaupun udah rame juga dan dateng polisi,si acan masih tetep dagang seperti biasa.

Royyit (santai) banget orang nya top deh.

Pas buah dagangan nya udah abis di baru ke bet (rumah) nya niat ngambil buah buat dagang.

terus dia liat ke bet (rumah)nya
Yang pas itu Lantai dua nya udah terbakar.

Tapi Lantai satu ngga apa-apa soal nya terbuat dari beton karena baru di bangun sama keluarga nya.

how to make your life like the dayak Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang