🍁17🍁

467 49 47
                                    

Kehamilan Seungri sudah menginjak 12 minggu atau tiga bulan, itu berarti dia sudah melewati prediksi dokter bahwa kehamilan ektopik hanya bisa bertahan selama 5-10 minggu, akupun sangat bersyukur kepada Tuhan. Seungri ternyata diberi kekuatan untuk menjaga titipan-Nya.

Flashback on

Ini percakapan kami saat pemeriksaan kehamilan Seungri yang berusia 12 minggu.

"Bagaimana Seungri? Apa saja yang kamu rasakan? Apakah masih nyeri atau kram?"
tanya dr. Gibran.

"Masih, dok. Tapi saya masih kuat. Tidak apa-apa."

"Jarak antara nyeri pertama sampai yang kedua berapa lama? Apakah sering?"

"Mungkin bisa sejam, dok. Atau setelah saya kebanyakan jalan."

Dokter Gibran mengangguk-anggukan kepalanya, "Begitu, ya."

"Ini yang saya khawatirkan, secara fisik kamu dan bayimu saya akui sangat kuat. Tapi jika kamu masih ingin mempertahankan bayi ini sampai saat kelahirannya nanti, tolong patuhi perintah saya." lanjut dr. Gibran.

"Apa yang harus kami lakukan, dok?" tanyaku kemudian.

"Mulai sekarang, tolong jangan mengerjakan apapun, kurangi aktifitas jongkok, serta berhubungan seks. Kamu harus bedrest total. Kalau perlu kamu harus memakai kursi roda."

"Kenapa begitu, dok?" tanya Seungri.

"Kamu akan mengalami banyak gejala dan keluhan selama trimester ini, sebagai penyesuaian dengan perubahan hormonal kehamilan. Pada minggu-minggu awal, perutmu mungkin belum terlihat membuncit, tetapi banyak hal yang akan terjadi di dalam tubuhmu. Perubahan hormon yang paling berkontribusi terhadap gejala kehamilan adalah peningkatan kadar estrogen dan hCG yang menyebabkan mual dan muntah yang akan kamu rasakan selama beberapa bulan pertama kehamilannya. Selain itu, kamu juga akan merasa lebih lelah dari biasanya selama trimester pertama ini, semua itu disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon progesteron, yang dapat menyebabkan kantuk." jelas dr. Gibran.

"Tapi saya sudah biasa dengan mual dan muntah, dok."

"Iya, saya tau. Tapi bukan itu yang saya khawatirkan. Di usia 12 minggu ini
Perkembangan janinmu sudah memiliki panjang sekitar 7 cm dengan berat sekitar 25 - 30 gram. Pada usia ini, testis atau ovarium janin telah berkembang, jadi organ kelamin luar juga sudah mulai terbentuk meski kamu belum dapat melihatnya saat USG dilakukan. Dan jika kamu masih melakukan aktifitas seperti biasa, misal banyak jalan ke dapur, kamar dan sebagainya, janin kamu akan seperti tidak tenang sehingga dia bisa menekan organ disekitarnya secara langsung. Jadi untuk kamu, Ji. Selain untuk kuliah, kamu harus juga harus membatasi kegiatan kamu di luar, kami harus fokus menjaga dan merawat Seungri selama 24 jam kalau kamu memang ingin mereka berdua selamat."

Pandangan dr. Gibran beralih kepadaku sekarang. "Baik, dok. Saya akan keluar dari kerja part time saya, dan akan fokus menjaga mereka."

"Bagus, ini sangat langka, sungguh. Selama saya berkiprah di dunia kedokteran, baru kali ini saya melihat kesungguhan orang tua yang ingin mempertahankan anaknya sampai mengabaikan nyawanya sendiri. Padahal banyak ibu hamil yang saya tangani, akan langsung minta digugurkan saat tau mereka mengalami kehamilan seperti ini. Saya salut kepada kalian berdua, jadi saya mohon, jaga baik-baik karena ini sudah keputusan kalian untuk mempertahankan."

"Pasti, dokter. Pasti." jawabku mantap.

Flashback off.

🍁🍁🍁

Mengingat semua pesan dr. Gibran, akhirnya aku keluar dari pekerjaanku di club malam. Selesai kuliah akupun langsung pulang, aku sudah jarang ke basecamp, bahkan aku sudah tidak mengikuti semua kegiatan kampus. Fokusku sekarang adalah Seungri, dan calon bayi kami.

My Feel (END) ✔️Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang