7. Cerita Tante Nia

19.8K 2.7K 1.2K
                                    

"Yara, kalau Yara sedih, biasanya Yara ngapain?"

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.





"Yara, kalau Yara sedih, biasanya Yara ngapain?"

"Hm... Yara diem."

"Kalau lagi marah, biasanya Yara ngapain?"

"..... Diem."

"Kalau lagi kecewa?"

Ada jeda sebentar, "Yara diem juga."


Pulang ke rumah selalu menjadi waktu interogasi bagi Yara. Bukan Mama, juga bukan Papa yang hobi menyerangnya dengan berbagai pertanyaan--tapi Tante Nia, adik bungsu Mama yang juga tinggal serumah dengannya.

Tante Nia bukan psikolog, bukan juga psikiater. Tante Nia pekerja kreatif yang sehari-harinya bertemu dengan banyak orang. Relasinya luar biasa luas. Pemahamannya tentang manusia juga mengagumkan. Dari Tante Nia, Yara banyak belajar.

Bagi Yara, Tante Nia adalah role model. Mandiri, cerdas, dan memiliki prinsip hidup yang kuat. Ia hampir tidak pernah goyah oleh perkataan orang lain tentangnya. Ia juga selalu bisa menempatkan diri di setiap situasi. Sebenarnya nggak berbeda jauh dengan Ibunya, hanya saja Tante Nia jauh lebih ekspresif, sementara Ibunya cenderung memendam dan lebih keras.


Hari ini Yara memutuskan untuk pulang sebentar ke rumah. Mumpung menuju akhir pekan dan nggak ada hal yang perlu diselesaikan di kampus. Seperti biasa, Ibunya sibuk. Lembur sampai nggak kenal waktu, tapi Yara sudah terbiasa. Untung ada Tante Nia yang selalu siap menemaninya.

Tante Nia masih memandang Yara lurus, seolah ingin terus menggali informasi seperti peneliti yang sedang menemui narasumber. Tidak akan menyerah hingga apa yang ia cari bisa didapatkan.

"Kapan terakhir kamu ngerasa sedih?" Pertanyaan lain muncul.

"Hm..." Yara berpikir sejenak, "Nggak inget, Tante."

"Yang bener?"

"Oh! Yara inget."

"Kapan?" Tante Nia memajukan posisi duduknya, terlihat antusias.

"Waktu itu, Ibunya temen Yara sakit. Terus temen Yara khawatir dan sedih banget."


Bahu Tante Nia merosot, "Yara sayang... Pertanyaan tante, apa yang bikin kamu sedih? Bukan apa yang bikin temen kamu sedih."

"Ya tapi itu bikin Yara sedih, Tante."

"Hah..." Tante Nia melepas napas frustrasi. "Kalau marah? Kapan terakhir kali kamu marah?"

"Hm..." Yara menggeleng pelan.

"Yara... Tante khawatir sama kamu."

"Kenapa, Tan?"

"Udah lebih dari 3 tahun kamu nggak pernah mengekspresikan emosi kamu. Tante takut ada yang salah sama kamu, Yar."

Yara tertawa kecil, "Nggak, Tante. Yara baik-baik aja kok."

TIGA PAGITempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang