Cermin ataukah kaca benggala, yang sejatinya memberikan gambaran atas diri yang sesungguhnya. Bulan sudah menunjukkan akhir dari setengah tahun pertama namun hujan masih saja memberikan harum petrichor kepada alam. Dan semesta seolah tetap saja bungkam dengan segala perubahan musim yang tidak lagi menentu dan sesuai dengan jalur orbitnya.
Haruskah semuanya menunggu hingga matahari tak lagi terbit dari timur? Atau rembulan yang bersahabat dengan raja siang? Mustahil, sebanyak apa pun pengorbanan Dawai mengiba kepada papanya masih saja tidak akan bisa menemukan laki-laki yang ada di dalam darahnya itu bisa menjejakkan kakinya di sekolah Dawai.
Alasan apalagi yang ingin diutarakannya kepada teman-teman juga gurunya?
Pada akhirnya tetaplah air mata yang menjadi teman setia. Dawai Zynnda Ghazala, gadis yang sesungguhnya begitu spektakular di dalam kelasnya. Pelajaran yang selalu diikutinya dengan baik dan mestinya dengan hasil yang cukup memuaskan. Namun untuk apa semuanya, sekeras apa pun usaha Dawai tidak akan merubah orang tuanya menjadi bangga atas dirinya dan bersedia datang menghadiri undangan sekolah mesti dari lubuk hatinya Dawai sangat ingin menunjukkan betapa dia sangat mencintai kedua orang tuanya yang telah memberikan segala fasilitas terbaik.
Kecintaannya kepada nada berawal dari kebiasaan memegang, alat musik yang tersedia di rumah memang seolah menarik minatnya untuk selalu bercengkerama. Meski demikian dia tidak akan lupa bahwa sekolah dan pelajaran formal tetap menjadi tujuannya. Cinta, bukan perkara hati dua remaja yang mulai mengerti apa makna dibalik cerita yang melakonkan Romeo Juliet, Aladdin Jasmine, Veer Zarra, atau pun Laila Majnun. Bagi Dawai cinta adalah pengorbanan waktu untuk membuat orang lain tersenyum bahagia.
Katakanlah untuk seimbang hidup harus mengerti bagaimana fungsi yin dan yang dengan baik. Sebuah filosofi Tiongkok kuno dengan lambang hitam dan putih membagi suatu lingkaran sama rata serta adanya titik hitam dalam bagian putih dan titik putih dalam bagian hitam memperkuat rasa kesamarataan. Mencintai dan dicintai adalah suatu hak dan kewajiban yang harusnya dilakukan dan diterima dengan baik.
"Dawai, papamu tidak akan datang lagi?" tanya Riska, sahabatnya tepat di hari dimana para orang tua dikumpulkan untuk menerima pengarahan dari sekolah sekaligus menerima laporan studi siswa selama satu tahun terakhir.
Dan kali ini bukan hanya tentang kenaikan namun sebuah kelulusan Dawai yang harusnya membuat hati orang tuanya bisa berbangga dengan hasil yang diperoleh putrinya. Sayangnya harapan itu tetaplah sebuah harapan yang mungkin saja akan menjadi kenangan yang tidak perlu diungkapkan kepada orang lain. Dawai cukup menyimpannya di dalam hati, seperti biasanya yang seringkali dilakukan.
"Aku tidak tahu Ris, bahkan mungkin sekarang aku tidak yakin apakah sesungguhnya aku ini memang bukan anak dari mereka?" kata Dawai dengan suara sarat akan kepiluan. Riska tahu benar apa yang dirasakan oleh sahabatnya. Tempat sampah, seluruh luka yang Dawai rasakan adalah Riska, kekesalannya terhadap sikap orang tua yang seolah begitu mendewakan pekerjaan dan uang daripada harus mengusap air mata putrinya.
Apalah artinya peringkat utama, memiliki nilai ujian nasional tertinggi di sekolah, menjadi siswa paling berprestasi di kota tempat tinggalnya. Bahkan nilai Ujian Nasional Dawai adalah tertinggi kedua secara nasional. Pernahkah kedua orang tuanya tahu dan peduli akan hal itu?
Ini bukan hal yang besar bagi orang tuanya namun buat Dawai?
"Sudahlah Daw, hidup akan terus berlanjut dengan atau tanpa mereka mempedulikan kebutuhanmu. Ada aku dan keluargaku yang siap menjadi tempat untukmu menceritakan semuanya."
"Riska, kamu memang sahabat terbaikku." Dawai memang harus melupakan. Dia mungkin harus selalu bersikap seperti yin yang membawa ketenangan. Seperti air yang selalu mengalir dan memiliki sebuah tujuan. Saat menemukan sebuah kebuntuan jalan, air akan terus mencari jalan sampai tiba di tujuan tanpa menyakiti dan tanpa menyingkirkan. Merembes disela-sela bebatuan meski dengan aliran yang kecil namun tahu hal yang kecil akan membawanya untuk menjadi sesuatu yang lebih besar.
KAMU SEDANG MEMBACA
DAWAI
RomanceBukan cerita Islami, namun masih dalam koridor kata-kata yang sopan Hidup tentang seorang Dawai Zynnda Ghazala. Start : September 2020 Finish :