8. Bisa Gambar Nggak Harus Punya Bakat, Kok

56 1 0
                                    

Siapa yang di sini suka gambar?

Aku juga suka ... lihat gambar orang. Hehe. Tapi kalau disuruh gambar sendiri, hmm, banyak banget alasan. Dan yang sering kukemukakan itu adalah aku nggak punya bakat gambar.

Menurut kamu kira-kira menggambar itu perlu bakat atau usaha?

Kalau menurut dari beberapa situs yang kubaca, ternyata orang yang nggak punya bakat pun sangat amat bisa menorehkan imajinya dalam bentuk gambar.

Lho, kok bisa?

Karena bakat itu cuma dasar. Kalau nggak ada kemauan usaha melatihnya juga jadi mustahil bisa berkembang. Maka ini menunjukkan kalau untuk bisa menggambar, bakat saja nggak cukup. Harus dibarengi dengan kemauan belajar dan usaha yang gigih. Jadi ungkapan aku nggak bakat gambar sudah nggak bisa dijadikan alasan lagi, ya. Asalkan mau berdoa, belajar, berlatih, konsisten.

Nah, sebagaimana yang kutulis di atas, pertama kita perlu belajar dulu nih, apa sih itu menggambar?

Berdasarkan asal katanya, yaitu gambar dalam KBBI berarti tiruan barang (orang, binatang, tumbuhan, dan sebagainya) yang dibuat dengan coretan pensil dan sebagainya pada kertas dan sebagainya; lukisan. Sementara menggambar adalah proses membuat gambar itu sendiri.

Gambar punya sifat informatif. Layaknya sebuah komik, pembaca akan lebih banyak diajak menyelami cerita tersebut lewat gambar. Karenanya menggambar juga bisa dikatakan sebagai proses menuangkan ide atau imajinasi dalam bentuk gambar yang nantinya bisa ditangkap maksudnya oleh orang lain.

Sudah tahu definisinya, sekarang kita perlu tahu lagi apa sih yang perlu dilakukan saat akan mulai menggambar?

Untuk pemula bisa belajar dulu dasar-dasar menggambar seperti membuat garis horizontal maupun vertikal yang rapi tanpa bantuan penggaris. Kalau sudah bisa, lanjut menggambar dua dimensi seperti lingkaran, segitiga, persegi, dan lainnya. Lalu lanjut lagi ke tahap gambar tiga dimensi, seperti kubus, piramida, dan sebagainya. Ingat, ya. Jangan pakai penggaris.

Tips ini aku dapat dari channel youtube Sketch Daily. Katanya dengan membiasakan menggambar tanpa penggaris akan mempermudah untuk naik ke tingkat menggambar berikutnya. Untuk lebih jelas bisa langsung kujungi channel-nya, ya.

Lalu yang nggak kalah pentingnya itu, kita juga perlu tahu teknik apa saja yang biasa digunakan dalam menggambar. Ternyata ada banyak, lho. Berikut depalan teknik dalam menggambar.

1. Tehnik Arsir
Tehnik ini dibagi menjadi dua, yaitu tehnik arsir sejajar (membuat garis satu arah secara horizontal atau vertikal) dan tehnik arsir silang (membuat garis silang sesuai yang diinginkan). Kedua teknik ini diaplikasikan pada sktesa gambar yang sudah jadi. Fungsinya untuk menciptakan kedalaman tekstur. Berikut contohnya :

Teknik Arsir Sejajar

Teknik Arsir Sejajar

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Sumber : dictio.id

Teknik Arsir Silang

Teknik Arsir Silang

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
Kumpulan RisetTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang