Katanya : "Jadi kamu ini apa?"
Mungkin, hanya sebatas tempat persinggahan sebentar dari orang lain,
Mungkin, hanya sebatas tempat pelarian sebentar dari sesuatu hal,
Atau mungkin, sebagai tempat persembunyian sebentar dari apapun itu.
.
Karena aku sadar bahwa menjadi tempat persinggahan, pelarian, dan persembunyian sebentar itu, pada akhirnya akan menghilang dan ditinggalkan begitu saja.
.
Kadang menaruh perasaan yang membuat kamu percaya tentang sesuatu keajaiban itu tidak apa-apa, selagi kamu tahu resikonya. Karena kita tidak pernah tahu tentang hari esok akan seperti apa.
.
Seperti senja yang kita harapkan besok akan datang kembali. Tapi, itu hanya sebuah harapan yang jawabannya masih terbilang tabu. Karena, pada keesokkan harinya senja itu bisa saja menghilang, tak memberi kabar, dan tak memberi aba-aba.
.
Menjadi tempat persinggahan sebentar itu tidak apa-apa. Lihat sisi positifnya. Kamu menjadi sulit percaya kembali kepada orang lain. Eh itu sisi positifnya kah? Hahaha. Tidak bukan seperti itu, tetapi dengan memahami konsepsi jalannya kehidupan yang semakin aneh menurut kamu. Pada akhirnya kamu sadar bahwa dengan kepercayaan yang tinggi saja kamu bisa dijatuhkan sampe dasar permukaan bumi.
.
Setidaknya menjadi pelarian sebentar itu kamu bisa membuat orang lain bahagia dengan apa yang kamu lakukan. Orang lain bisa kembali menghadapi apa yang menjadi ketakutan dia. Orang lain bisa kembali bersama orang yang sudah membuat dia menangis. Walaupun begitu kamu hebat, kamu berharga.
.
Bahkan kadang menjadi tempat persembunyian sebentar membuat kamu sadar bahwa orang lain perlu sembunyi dari apa yang membuat dia takut. Setidaknya hal itu juga membuat orang lain menemukan ruang yang nyaman dari ketakutan mereka. Setidaknya orang lain menemukan ruang yang tepat untuk dimengerti dan dipahami.
.
Tidak apa-apa. Semua itu adalah proses pendewasaan kamu. Anggap saja seperti itu.
.
Tidak apa-apa jika hatimu sakit
Tidak apa-apa jika pikiranmu terganggu
Katanya : "biarkan Tuhan yang mengatur semuanya"
Tidak apa-apa ini hanya sebentar.
.
Jika kamu sudah nyaman dengan yang membuat kamu nyaman
Jika kamu sudah percaya dengan yang membuat kamu percaya
Tidak apa-apa,
Kamu hanya perlu sedikit belajar terkait nyaman dan percaya.
.
Bahwa, jika kamu nyaman dengan diri kamu sendiri, dan menutup orang lain masuk ke kehidupan kamu, tidak apa-apa
Bahwa, jika kamu sudah sulit kembali mempercayai orang lain dan membuat hidup kamu kembali ke kesendirian, tidak apa-apa
Setiap orang punya pilihan
Dan itu pilihan yang kamu pilih.
KAMU SEDANG MEMBACA
Inspirasi Selembar Kertas
PoetryHanya sekumpulan Puisi dan Prosa dari selembar kertas usang yang membuat bingung. Dari jutaan memori yang ada, hingga rintihan kerinduan hati yang berontak.