ETHIOPIA

63 7 0
                                    

1. Ibu kota Ethiopia adalah Addis Ababa, berasal dari bahasa Amharik yang artinya "Bunga Baru"

2. 70% gunung di Afrika berada di Ethiopia.

3. Dataran rendah Danakil (Danakil Depression) adalah titik terendah di benua Afrika, yaitu pada 116 m di bawah permukaan laut dan merupakan salah satu dari danau lava di dunia yang berada di gunung berapi Erta Ale.

4. Great Rift Valley, tempat yang terlihat jelas dari ruang angkasa, memotong melalui Ethiopia dari timur laut sampai selatan Ethiopia.

5. Ethiopia adalah tempat lahirnya peradaban Kristen. Berdasarkan artefak-artefak arkeologis membuktikan bahwa agama Kristen resmi menjadi agama sejak tahun 324 M yang menjadikan Ethiopia sebagai Negara Kristen dunia, mendahului Roma.

6. Bahtera Perjanjian (Ark of the Covenant), yaitu benda peninggalan yang dianggap membawa 10 Perjanjian (10 Commandments), diklaim berada di gereja Ethiopia. Hanya ada satu orang yang diperbolehkan melihatnya, yaitu penjaganya, makanya masih menjadi misteri.

7. Abebe Bikila adalah orang Afrika pertama yang mendapatkan medali emas dalam Olimpiade di Roma, Italia, tahun 1960. Dia memenangka lomba lari maraton.

8. Ethiopia adalah satu-satunya negara di Afrika yang mempunyai alfabet sendiri. Ethiopia menggunakan Abugida yang dikenal dengan daftar suku kata-alfa, yang terdiri dari 209 simbol dan 25 macam huruf.

 Ethiopia menggunakan Abugida yang dikenal dengan daftar suku kata-alfa, yang terdiri dari 209 simbol dan 25 macam huruf

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

9. Ethiopia adalah satu-satunya negara Afrika yang tidak pernah dijajah.

10. Ada 80 bahasa yang dipakai di Ethiopia. Bahasa yang paling banyak dipakai adalah bahasa Oromo dan Amharik, di samping juga bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

11. Anak-anak Ethiopia harus mempelajari dua bahasa, yaitu bahasa sukunya dan bahasa resmi negaranya, yaitu bahasa Amharik. Mereka juga harus menguasai bahasa Inggris dengan baik sejak sekolah SMP. Dari usia 12 ke atas, seluruh pelajaran sekolah disampaikan dengan bahasa Inggris.

12. Ethiopia dikenal sebagai Cradle of Mankind (Tempat Lahir Manusia), dengan banyak peninggalan nenek moyang yang ditemukan. Lucy (berusia 3,5 juta tahun) adalah fosil terkenal yang ditemukan di Hadar oleh Donald Johanson dan Tim D. White pada tahun 1972.

 White pada tahun 1972

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
FAKTA UNIK NEGARA-NEGARA DI DUNIATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang