1. Oman adalah tempat berpenghuni manusia tertua di dunia. Manusia telah mendiami wilayah yang sekarang dikenal dengan Oman sejak 106.000 tahun yang lalu dan kota Dereaze telah berusia 9000 tahun.
2. Banyak penduduk Oman menggunakan nama Dhofari dan Zanziobar untuk menyebut Oman.
3. Oman pernah dijajah Portugis. Ketika Portugis memasuki Samudera Hindia mereka iri terhadap pelabuhan Muscat dan kemudian merebut Oman selama hampir 150 tahun sampai penduduk lokal mengusirnya pada tahun 1650.
4. Bangsa Romawi menyebut Oman dengan "Omana". Yolainous (23-79 M), salah satu dari sejarawan Romawi, menyebut Oman dalam karya sejarahnya dengan Omana.
5. Oman adalah negara merdeka tertua di dunia Arab. Dinasti yang berkuasa sekarang, Al Said, mulai berkuasa pada tahun 1749. Pada tahun 1913 Oman pecah menjadi dua wilayah dengan kekuasaan dipegang seorang sultan yang menguasai daerah pesisir pantai dan ibu kota Oman sekarang, yaitu kota Muscat.
6. Oman telah lama menjalin hubungan dengan Amerika selama 200 tahun dan Oman adalah negara Arab pertama yang mengakui Amerika sebagai negara merdeka. Mantan presiden Amerika, George H.W. Bush dan Bill Clinton pernah mengunjungi Oman ketika menjabat sebagai presiden.
7. Warisan arsitektur Oman terdiri dari 500 benteng, kastil, dan menara jam. Infrastruktur mulai dari bangunan tempat tinggal sampai resort-resort menghadap laut, sangat dipengaruhi oleh gaya arsitektur India.
8. Simbol kebangsaan Oman adalah pisau belati bersarung perak yang dikenal dengan nama Khanjar. Ada banyak miodel sesuai kualitas dan harga. Kebanyakan Khanjar modern dibuat oleh perajin India dan Pakistan atas arahan orang Oman.
9. Oman adalah satu-satunya negara anggota Konsili Kerjasama Teluk (Gulf Cooperation Council) yang menentang intervensi Saudi dalam perang sipil di Yaman. Oman juga yang membantu membantu para pengungsi Yaman dengan memberikan pengobatan di rumah sakit Oman.
10. Penguasa Oman sekarang, Sultan Qaboos, yang menggantikan ayahnya, adalah yang memodernisasi infrastruktur Oman dan kebijakan domestiknya. Dia menimbulkan kekhawatiran di Oman, karena dalam usianya yang sudah 74 tahun masih belum mempunyai ahli warisnya.
11. Setiap tahunnya, Sultan Qaboos akan berkeliling ke berbagai kota di Oman untuk bertemu dengan orang-orang yang mengurus tour atau pariwisata. Dalam pertemuan tersebut dia akan mengerti kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan dan kemudian dia akan memenuhinya.
12. Serangan teroris tidak ada di Oman. Global Terrorist Index (GTI) melaporkan bahwa Oman dan Qatar adalah dua negara di wilayah yang tidak pernah terjadi serangan teroris.
13. Tindak kriminal di Oman sangat jarang dibandingkan negara di wilayah lainnya.
14. Semua warga Oman pada tahun 2002 diberikan hak pilih untuk Consultative Assembly of Oman, yaitu dewan perwakilan rakyat Oman.
15. Oman adalah produsen minyak. Sejak pertengahan tahun 2000 Oman memproduksi 900.000 barel per hari.
16. Di Oman tidak ada Coca-Cola,. "Mountain Dew" adalah minuman paling laris di Oman. Minuman produk Pepsi ini banyak dijual di Oman. Minuman ini kadang-kadang dijuluki dengan "Alkohol-Oman"
KAMU SEDANG MEMBACA
FAKTA UNIK NEGARA-NEGARA DI DUNIA
Щоденники та біографіїFakta unik berbagai negara di dunia yang dirangkum secara legkap.