1. Nama Yaman berasal dari nenek Yaman yang legendaris, yaitu putra Qahtan, atau dari akar kata Arab ymn ("kanan"), karena Yaman berada di sebelah kanan kakbah di Makah. Sebagian sarjana ada yang membandingkan istilah yumna ("bahagia") dengan nama Romawi untuk Arab barat daya, yaitu Arabia Feliz ("Happy Arabia")
2. Yaman pernah dijajah beberapa kali oleh negara Arab, Persia, Turki, dan yang terakhir Inggris.
3. Bahasa nasional Yaman adalah Bahasa Arab. Di samping itu banyak bahasa setempat digunakan di Yaman, misalnya bahasa Semit kuno oleh suku-suku pedalaman yang berhubungan dekat dengan bahasa Amharik Ethiopia dan bahasa Tigrinya. Bahasa ini keturunan dari bahasa Kerajaan Saba (abad 9 SM sampai abad pertama SM) dan keturunan dari kerajaan Axumite (abad ke-4 SM sampai abad pertama M) .Varian bahasa Arab digunakan di Yaman, yaitu Mehri, Soqotri, dan Bathari.
4. Yaman adalah satu-satunya negara berbentuk republik di Timur Tengah.
5. Yaman merdeka pada tahun 1965 setelah lepas dari pemerintahan Inggris.
6. Puncak tertinggi di Yaman adalah Jabal an Nabi Shu'ayb, yang tingginya mencapai 3760 m. Titik terendahnya di Laut Arab.
7. Ali Abdullah adalah presiden Yaman terlama, yaitu dari tahun 1978 sampai tahun 2013.
8. Banyak bayi lahir setiap tahunnya di Yaman dibandingkan di tempat lainnya di Timur Tengah.
9. Yaman tidak mempunyai kekayaan sumber alam dan merupakan negara paling miskin di Timur Tengah.
10. Pada zaman kuno, Yaman adalah negara yang kaya yang memperdagangkan kemenyan, dupa, dan rempah-rempah.
11. Yaman terkenal karena rute Kemenyan kuno dan Dupa juga luas digunakan pada zaman kuno. Ratu Saba mengunjungi Raja Sulaiman dengan membawa hadiah Kemenyan dan dupa. Dupa lebih mahal daripada kemenyan. Dupa pertama kali ditemukan pada tahun 1500 SM dan dikapalkan dari pelabuhan Qana (Bir Ali) ke Arabia dan ke seluruh dunia.
12. Kemenyan pada zaman pra Kristen adalah 12 kali lebih mahal daripada emas dan digunakan di seluruh upacara dan ritual kuno, seperti penguburan, pernikahan, dan kelahiran juga digunakan di rumah untuk menyegarkan udara dan membantu cepat tidur.
13. Rute perdagangan kemenyan adalah yang tertua dan teramai di dunia pada zaman kuno. Kemenyan adalah getah dari pohon oilbanum yang tumbuh di tempat kering dan dibudidayakan oleh kelas keluarga elit dengan aturan tradisi yang ketat. Selama musim panen, si pemilik tidak diperbolehkan melakukan tindakan kotor seperti berhubungan seks untuk menjaga kemurnian panen.
14. Tempat terbaik untuk membeli Kemenyan adalah di Shibam. Kebanyakan kemenyan sekarang berasal dari pulau Socrota dan dari Oman.
15. Yaman adalah salah satu negara penting yang mengontrol aliran minyak ke seluruh dunia melalui pelabuhan Oman.
16. Mocha berasal dari Yaman.
KAMU SEDANG MEMBACA
FAKTA UNIK NEGARA-NEGARA DI DUNIA
No FicciónFakta unik berbagai negara di dunia yang dirangkum secara legkap.