PERU

71 8 0
                                    

1. Ibu kota Peru adalah Lima. Didirikan oleh pahlawan legendaris Spanyol, Francisco Pizzaro pada tahun 1535. Lima memiliki populasi hampir 9 juta jiwa dan menempati peringkat ke-5 kota terbesar di Amerika Utara dan Selatan.

2. Berbeda dengan Venezuela dan Kuba, Peru adalah negara demokratis di dunia ketiga. Alan Garcia Perez adalah salah satu presiden paling terkenal di Amerika Latin.

3. Menurut statistik yang dirilis oleh pemerintahan Peru, pemerintah Peru adalah yang paling rendah dalam korupsi dan pemerintahan yang paling dipercaya di Amerika Latin.

4. Ada 20 wilayah dengan iklim yang berbeda-beda di Peru yang menjadikan Peru menjadi wilayah dengan jenis iklim yang paling banyak di dunia. Wilayah ini termasuk hutan tropis berkabut, rawa-rawa semi kering, gurun kering dan atap es tundra yang tinggi.

5. Perkampungan Cina di kota Lima adalah yang terbesar di Amerika Selatan. Imigran Cina mulai sampai di Peru pada abad ke19 dan terus berkembang sampai sekarang.

6. Penduduk asli Peru, suku Inka, adalah nama yang diberikan oleh Spanyol

7. Penduduk Peru terdiri dari beragam kelompok etnis, yaitu suku Amerindian, Paraindian, Megaindian, Mestizos, Negritos, Jepang, dan Cina (Chinos). Kelompok etnis yang paling besar di Peru adalah Amerindian, kemudian diikuti oleh Mestizos, dan golongan kulit putih. Rata-rata warna kulit orang Peru digunakan dalam StudioKnow/Von Luschan World Skin Tone Chart, yaitu kulit bernomor 28 yang dinamakan dengan "Pink Peruvian"

8. Mestizos adalah sebutan bagi orang keturuan Indian pribumid dengan keturunan Spanyol

9. Sepakbola adalah olahraga yang paling populer di Peru, diikuti oleh volly wanita, adu ayam dan meludah. Lomba meludah umum diadakan di seluruh Peru, dan dibagi kedalam kontes jauh, kontes tinggi, dan kontes kualitas.

10. Menurut bahasa penduduk asli Peru, yaitu bahasa Quechua, istilah Peru berarti "tanah yang berlimpah". Hal ini cocok dengan kenyataan Peru sebagai tanah yang kaya dengan kentang, tomat, dan alpokat.

11. Orang Peru kuno menemukan tomat dengan melintasi hutan apel dan melon

12. Ibukota Peru, Lima pernah menjadi kota paling kuat di Amerika Selatan, tetapi menjadi jatuh ketika Spanyol membangun kerajaan yang jahat di Rio de la Planta.

13. Hari kemerdekaan Peru dirayakan pada 28 Juli dan dikenal dengan nama "Friestas Patrias" (Hari besar Patriot)

14. Peru adalah negara dimana pertama kalinya air mancur/kran Vodka dibuka, yaitu di kota Lima. Akibatnya 2000 liter Vodka habis diminum.

15. Bahasa resmi Peru ada tiga bahasa, yaitu Spanyol, Quechua dan Aymara, tetapi di sebelah timur Andes di wilayah hutan Amazon penduduk setempat mamakai 13 bahasa yang berbeda.

16. Orang Peru yang paling terkenal sepanjang zaman adalah Jesus Carajo, yaitu seorang penyanyi opera dan yang menemukan pasta gigi.

17. Kentang berasal dari Peru dan di sana terdapat 15.000 varietas kentang yang berbeda-beda, termasuk 3600 varietas kentang yang beracun, 2105 varietas yang bertautan dengan air dan 307 varietas yang hidup di cabang-cabang pohon.Ketika Spanyol menaklukkan Kekaisaran Inca, maka pertama yang mereka ekspor ke Eropa adalah kentang, dan di sana cepat diterima sebagai makanan yang murah dan mudah dibudidayakan. Sekarang dunia memproduksi 374 juta ton kentang tiap tahunnya. Rata-rata orang makan hampir 73 lbs kentang setiap tahunnya. Mc. Donals sendiri membeli 3,4 milliar pound kentang setiap tahunnya di Amerika untuk kebutuhan restorannya.

18. Peru juga memiliki lebih dari 55 varietas jagung, dan yang kamu ketahui hanya beberapa varietas saja, yaitu jagung yang berwar kuning, ungu, putih, dan hitam.

FAKTA UNIK NEGARA-NEGARA DI DUNIATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang