ROMANIA

33 5 1
                                    

1. Rumania terletak di Eropa Tengah dan Tenggara, di bagian utara Semenanjung Balkan dan berbatasan dengan Laut Hitam.

2. Rumania berbatasan dengan Hongaria dan Serbia di barat, Ukraina dan Republik Moldova di timur laut, dan Bulgaria di selatan.

3. Rumania adalah negara dengan wilayah terluas ke-9 dan penduduk terbesar ke-7 di Uni Eropa.

4. Hampir seluruh delta sungai Donau terletak di wilayah Rumania.

5. Sungai Donau mengalir ke Laut Hitam melalui wilayah Rumania, membentuk Delta Donau, delta terbesar kedua di Eropa, yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

6. Tiga sungai penting lainnya di Rumania adalah Siret, Olt dan Mureş.

7. Artefak manusia modern tertua di Eropa ditemukan di "Peştera cu Oase", Rumania.

8. Artefak tersebut kemungkinan adalah sisa-sisa Homo sapiens pertama yang memasuki benua Eropa yang berusia sekitar 42.000 tahun.

9. Bukti tertulis pertama tentang adanya manusia yang tinggal di wilayah Rumania berasal dari buku Historia volume IV karya Herodotus pada tahun 440 SM yang menulis tentang keberadaan suku-suku Getae.

10. Bangsa Dacia, yang dianggap bagian dari Getae, adalah cabang dari bangsa Trakia yang menghuni wilayah Dacia (Kini terletak di Moldova dan Bulgaria utara).

 Bangsa Dacia, yang dianggap bagian dari Getae, adalah cabang dari bangsa Trakia yang menghuni wilayah Dacia (Kini terletak di Moldova dan Bulgaria utara)

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

11. Pada abad ke-3 suku-suku pengembara seperti bangsa Goth banyak melakukan invasi, sehingga memaksa bangsa Romawi mundur dari Dacia sekitar tahun 271 dan menjadikannya provinsi pertama yang ditinggalkan oleh Romawi.

12. Bangsa Dacia, Kekaisaran Romawi, Kekaisaran Bulgaria, Kerajaan Hongaria, dan Kesultanan Utsmaniyah pernah menguasai wilayah Rumania.

13. Pada tahun 1859, Rumania terbentuk dari penyatuan wilayah Moldavia dan Wallachia, dan diakui secara internasional pada tahun 1878.

14. Pada tahun 1918, Transilvania, Bukovina dan Bessarabia bergabung dengan wilayah Rumania.

15. Akhir Perang Dunia II, Uni Soviet menduduki sebagian wilayahn Rumania dan menjadikannya anggota Pakta Warsawa.

16. Akibat depresi ekonomi tahun 1990-an, muncul diaspora besar di Rumania. Tujuan emigrasi utama adalah Spanyol, Italia, Austria, Jerman, Inggris, Kanada dan Amerika Serikat.

17. Pada tahun 1989, Rumania memulai reformasi politik dan ekonomi. Untuk menghadapi masalah ekonomi pasca-revolusi, pada tahun 2005 Rumania menerapkan pajak rendah dan bergabung dengan Uni Eropa pada 1 Januari 2007.

18. Rumania juga bergabung dengan NATO pada tanggal 29 Maret 2004, dan juga merupakan anggota dari Uni Latin, Francophonie, OSCE, dan CPLP.

 Rumania juga bergabung dengan NATO pada tanggal 29 Maret 2004, dan juga merupakan anggota dari Uni Latin, Francophonie, OSCE, dan CPLP

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
FAKTA UNIK NEGARA-NEGARA DI DUNIATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang