IVORY COAST

41 4 0
                                    

1. Ada dua penyebutan yang berbeda dari nama Pantai Gading. Versi Inggrisnya adalah Ivory Coast (Pantai Gading), sedangkan versi Perancisnya adalah Côte d'Ivoire. Pada tahun 1985 namanya dirubah dari versi Inggris ke versi Perancis yang sekarang digunakan secara internasional.

2. Côte d'Ivoire (nama mula Pantai Gading) adalah kekeliruan pertukaran huruf (anagram) dari "video erotis".

3. Pantai Gading pernah dijuluki "Pantai Gigi" karena terkenal dengan perdagangan gadingnya.

4. Queen Reine Abla Pokou adalah pendiri legendaris Pantai Gading yang dianggap telah memimpin rakyat Baoule di sana dari Ghana pada pertengahan abad 18. Dia katanya telah mengorbankan anaknya sendiri kepada para ruh penunggu sungai agar bisa membawa rakyat melewati Sungai Camoe.

 Dia katanya telah mengorbankan anaknya sendiri kepada para ruh penunggu sungai agar bisa membawa rakyat melewati Sungai Camoe

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

5. Pantai Gading merdeka pada 7 Agustus 1960. Dari tahun 1960 sampai tahun 1993, Pantai Gading dipimpin oleh Félix Houphouët-Boigny, yang secara politik dan ekonomi lebih akrab dengan tetangganya di Afrika Barat. Sejak berakhirnya pemerintahan Félix Houphouët-Boigny, Pantai Gading mengalami kudeta pada tahun 1999 dan perang sipil yang pecah pada tahun 2002.

6. Antara tahun 1000 sampai 1500, para pedagang muslim membangun rute perdagangan dari Afrika utara menuju Pantai Gading. Mereka datang untuk mencari emas dan gading. Sejumlah kerajaan bergabung pada masa itu, termasuk suku Senufo di Kong dan Dyula, pengrajin emas.

7. Grand Bassam adalah bekas ibu kota Perancis di Pantai Gading sampai ketika epidemik demam kuning menyerang kota kota tersebut, dan akhirnya ibu kota dipindahkan ke Bingerville. Kota ini terkenal dengan bangunan-bangunan peninggalan kolonialnya, seperti Palais de Justice yang dibangun pada tahun 1910.

8. Assinie adalah tempat berselancar di Pantai Gading. Tempat ini dikunjungi banyak orang yang ingin berlibur dari Abijan yang memakai sepeda menuju ke pantai. Di sana ada tiga desa menarik, yaitu desa Assinie, Mafia Assinie, dan Assouinde.

9. Kota Man mempunyai lembah-lembah dengan udara yang dingin dan tanah yang berlumpur yang cocok untuk hiking. Kota Man mempunyai air terjun yang terkenal.

10. Bangunan La Pyramide di kota Abidjan, Pantai Gading, adalah bangunan yang menarik yang didesain oleh arsitektur Italia bernama Olivieri.

11. Katedral St. Paul di Abidjan adalah katedral dengan gaya modern dan gemuk. Katedral ini didesain oleh arsitektur Italia bernama Aldo Spiritom.

12. Kota Abidjan adalah kota berbahasa Perancis terbesar ketiga di dunia dengan jumlah penduduk 3.800.000 jiwa, meski ibu kota Pantai Gading adalah Yamoussoukro.

13. Pantai Gading adalah produsen biji kako terbesar di dunia, yang menyuplai 33% kebutuhan kakao dunia. Sumber bahan baku cokelat Cadbury, Hershey, dan Nestle, diimport dari Pantai Gading.

14. Basilica of Our Lady of Peace di ibu kota Pantai Gading, Yamoussoukro adalah gereja terbesar di dunia yang luasnya mencapai 323.000 kaki persegi.

FAKTA UNIK NEGARA-NEGARA DI DUNIATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang