Tau nggak tiang kehidupan itu apa?
Jadi tiang kehidupan itu SHOLAT guys..
Sesuai sabda nabi Muhammad SAW
" Sholat itu tiangnya agama. Siapa yang mendirikan shalat, maka ia telah menegakkan agama dan siapa yang meninggalkanya, maka ia telah menghancurkan agama"
Jadi guys, sekarang udah tau kan..
Sekarang pake cara Q and A aja kali yah, biar seru.Q : Kak, sholat aku itu secepat kilat. Itu nggak apa-apa?
A : Kalo sholat, bacaannya dibagus bagusin dong harusnya.. Masak nyanyi aja dibuat bagus, bacaan sholat malah amburadul?
Harusnya sholat kan jadi bukti kehambaan sama Allah. Jadi kita juga harus berusaha sholat khusyu dong? Iya nggak?
Q : Lah terus caranya sholat khusyuk gimana kak?
A : Jadi guys, waktu kalian mulai takbiratul ihram, jin-jin itu pada ngerubungin kalian semua. Sampai-sampai dimisalkan seperti lalat yang melihat makanan di depannya.
Q : Ah masak sih kak? Nggak percaya aku.
A : Nggak percaya? Kita liat ayatnya aja yuk.
Dan sesungguhnya ketika hamba Allah berdiri menyembah-Nya mereka (Jin-jin) itu berdesakan mengerumuninya.(QS. Al Jinn:19)
Q : Baru tau ada ayat yang kayak gitu kak. Terus cara buat terhindar dari godaan setan dan jin gimana kak? Soalnya kalo aku sholat, pikiranku itu kemana-mana, bisa-bisa sampai yang harusnya gak boleh dipikirin.
A : Emang setan itu ngingetin banyak hal justru saat kita sholat. Menurut syekh Mulqin, kunci sholat adalah kesadaran.
Beliau mengatakan:
Bila kau sedang rukuk, jangan bayangkan usiamu panjang sampai i'tidal.
Bila kau sedang i'tidal, jangan bayangkan usiamu berlangsung sampai pada kondisi sujud. Bayangkan surga ada di sisi kananmu dan neraka di sisi kirimu sementara sirath di bawah kedua telapak kakimu. Kalau begini caranya, baru kau benar-benar sholat.Ada juga yang mengatakan bahwa caranya yaitu mengucapkan ta'awudz sewaktu pikiran melayang-layang.
Q : Oh gitu kak. Ta'awudz itu apa kak?
A : Ta'awudz itu bacaan A'udzubillahi mina syaithanirrajiim.
Q : Oke kak. Nanti aku coba. Kaka udah pernah sholat khusyuk?
A : Aku juga gak bisa nilai sholat aku khusyuk apa enggak. Tapi cara-cara tadi itu berguna banget.
Q : Manfaat sholat rutin apa sih kak?
A : Wah banyak. Sampai gak terhitung.
Q : Ada kisah-kisah menakjubkan tentang sholat gak sih kak?
A : Ada dong. Part selanjutnya yah dek.
Q : Selain sholat fardhu ada sholat apa lagi kak?
A : Banyak banget.
Sholat tahajud, tarawih, dhuha, witir, qabliyyah Subuh, qabliyah Dzuhur, qabliyah Ashar, qabliyah Isya', ba'diyah dzuhur, ba'diyah maghrib, ba'diyah isya', dan yang lain-lain.Q : Itu raka'atnya dua rakaat semua kan kak?
A : Qabliyah dzuhur itu masyhurnya 4 rakaat.
Witir itu raka'atnya harus ganjil.Q : Cara biasain sholat itu gimana ya kak? Soalnya kadang kayak males gitu.
A : Iya. Sampek ada ungkapan,
Subuh kesiangan
Dzuhur kesibukan
Ashar di perjalanan
Maghrib kecapekan
Isya' ketiduran kan?Q : Hehe iya kak.
A : Jadi gini, kamu itu harus nerapin prinsip award and punishment.
Q : Gimana tuh?
A : Jadi waktu kamu bisa sholat dengan cara dan waktu yang baik kamu bisa kasih diri kamu sendiri itu award, jalan-jalan misalnya.
Sebaliknya saat kamu gak bisa sholat dengan waktu yang sesuai kamu bisa kasih punishment ke diri kamu sendiri, push up misalnya.
Q : Wah, bagus juga tuh kak. Ancaman Allah untuk yang gak mau sholat apa kak?
A : Wah, banyak juga nih. Yang pasti bakal susah di dunia wa akhirat.
Q : Serem juga ya kak. Tapi kak, temenku itu ada yang bilang kayak gini sama aku" Eh, lo ngapain sholat? Orang kelakuan lo aja masih kayak gitu, mending gak usah."
A : Wah banyak emang yang ngomong kayak gitu. Tapi sholat itu adalah perbuatan yang mencegah kemungkaran. Jadi di hati orang yang sholat itu udah ada kayak alarm kemungkaran. Alarm itu akan mengingatkan kita saat akan melakukan kemungkaran. Kan enak, ada yang mengingatkan gitu..
Q : Iya kak, setidaknya berkurang gitu ya kemungkarannya. Tapi aku pernah liat di film ada cowok yang bilang kayak gini sama pacarnya" Aku bakal jagain kamu kok, tenang aja." Tapi di film itu si cowok diceritakan jarang sholat. Menurut kaka gimana?
A : Wah boong tuh si cowok.
Q : Kok bisa berkesimpulan gitu kak?
A : Gimana enggak? Kewajiban sama Tuhannya sendiri aja nggak dijaga kok. Tuhan yang ngasih kehidupan dia aja dikhianati, APA LAGI CUMA PACAR?
Q : Iya juga ya kak.
A : Iya, semoga istiqomah ya hijrahnya.
Q : Iya kak makasih udah mau ngejawab pertanyaan-pertanyaanku.
A : Iya, jangan ketinggalan next part ada kisah menakjubkan orang-orang yang sholat khusyuk yah..
Jangan lupa vote dan commentnya
Jangan lupa share ke temen2 kalian. Kalo temen kalian dapet pelajaran kan kalian dapet pahala juga-JADIKAN AL-QUR'AN BACAAN UTAMA-
KAMU SEDANG MEMBACA
Hijrah Aja Yuk!
Non-FictionHighest rank #1quoteshijrah "Hijrah? Apaan tuh? Masi muda gini pake hijrah-hijrahan segala." "Kalo misal umur kamu tinggal 1 menit lagi gimana?" " Emh" Nggak bisa jawab kan.. Makanya mulai sekarang hijrah. Hijrah disini bukan berarti langsung berhi...