Oke. Gua balik nulis lagi setelah sekian lama. Maaf ya wattpad.
Bener ya kata orang, kehidupan kuliah itu sibuk. Bener- bener butuh usaha ekstra buat luangin waktu sekadar iseng nulis.
Udah bulan July gaes. Padahal pertama mau bikin project ini bulan Desember. Cepet banget ya waktu berlalu.
Semoga kalian sehat dan tetap di rumah aja, keluar kalau mendesak :)
Jadi, gua mau sedikit cerita tentang 'percaya diri' bacotan dari pengalaman bulan lalu aja sih.
2 Juni, malem-malem, gua iseng snapgramin diri gua coba ngomong di depan kamera, gua ga share cuma di archieve-in. Yang jadi fokus gua bukan kata-kata yang gua ucapin atau ekspresi gua. Tapi gigi. Soalnya gigi gua tuh berantakkan.
Gua ngelakuin itu buat nilai diri sendiri, kalau gua jadi penonton muka gua, gua tuh bakal fokus kemana. Ternyata gigi gua itu cukup ngeganggu ketika bicara. Apalagi kameranya cuma nyorot muka. Yang mengganggu itu kalau menghadap depan gigi bawah, kalau menghadap samping atas bawah.
Disitu pas gua coba videoin, gua ngetake videonya berulang-ulang, sampe gua ngerasa,
"Oh ini mendingan, ga terlalu mengganggu diliat orang."
Itu penilaian pribadi gua. Tapi, pas keliatan pas ngomongnya enak, tapi gua ga bisa ngomong atau buka mulut dengan bebas, karena rahang bawahnya tuh gua ke atasin biar nutupin gigi berantakan itu.
Lalu, akhir Juni gua dapet tugas praktek disuruh buat video wawancara. Nah, gua disitu agak kesel sih sampe nangis malah karena GUA MALU NGOMONG DI DEPAN KAMERA KARENA ADA SESUATU YANG MENGGANGGU KETIKA GUA BICARA NANTINYA. Takut orang tuh salfok :(
Apalagi awalnya gua pengen bikin berdua sama temen gua, jadi sendiri, dan gua harus cosplay jadi si pewawancara dan narasumber. Pas gua lagi kesel-keselnya dan sambil download apk buat edit video gua nangis kayak tugas ini tuh berat banget :(
Tapi, setelah gua mencoba rekaman, pertama gua jadi narasumber, gua dapet trick yang lumayan membantu gua jadi percaya diri :)
1. Percaya diri tentang riasan wajah, sama busana yang kalian pakai.
Ternyata ini ngaruh banget untuk mood, ekspresi, dan kepercayaan diri kalian. Sehingga pikiran kalian ga akan tergiring ke bagian yang kalian ga suka.
2. Cari pencahayaan yang bagus, itu bisa menyamarkan.
Serius, ini ngaruh, apalagi ketika aku jadi narasumber aku ambil gambar dari samping gitu (soalnya aku ga mau hapalin teks) Selain nanti muka kamu jadi cerah, khususnya aku karena masalah gigi, itu bisa keliatan rapih, karena gigi atas aku tuh satu gigi agak ke depan gitu kan.
3. Hindari posisi kamera agak menghadap ke atas
Posisi kayak gitu bisa bikin kameranya lebih dekat dengan sisi bawah kita. Khusus aku, gigi aku keliatan jelas berantakan.
4. Posisikan agak jauh dari wajah, misalnya posisikan kamera untuk terlihat setengah badan.
Kamera yang agak jauh bisa menyamarkan detail kecil yang nggak perlu.
5. Tersenyum itu penting
Tersenyumnya yang tulus, percaya diri, dan rileks ya. Itu ngaruh. Karena tersenyum bisa memberikan vibes bagus ke penonton nantinya. Jadi mereka ga akan bosen (kalau senyum kalian manis wkwk) dan ga memperdulikan detail kecil kekurangan kalian.
6. Sering-sering ngomong di depan kamera
Semakin sering kalian ngomong depan kamera, kamu akan terbiasa melihat muka kalian atau postur tubuh kalian seperti apa. Aku rasa, salah satu faktor kenapa kita nggak percaya diri karena kita nggak terbiasa melihat diri kita dan selalu beranggapan jelek sama yang Allah kasih ke kita.
Sepertinya itu saja :)
Silahkan dicoba. Semoga bermanfaat :)
Seneng banget bisa nulis tips yang aku pelajarin dari masalah aku sendiri.