Chapter 14

133 51 2
                                    

Anna menyandarkan kepalanya di kaca jendela bus yang dingin sepanjang perjalanannya menuju pusat kota. Bus yang dia naiki berhenti di salah satu halte, persis di seberang sebuah bangunan besar bertingkat dua dengan cat krem dan jendela-jendela kaca besar di lantai satunya. Dari jendela-jendela itu terlihat kegiatan di dalamnya.

Hanya sekali Anna pernah menginjakkan kaki di pepustakaan Hendersonville, tepatnya ketika dia terpaksa mencari sumber data untuk esai Sejarahnya sendirian, ketika anggota kelompok lainnya sibuk merencanakan pesta kolam renang di rumah Billy Dickens—salah satu senior populer di sekolahnya dulu—musim panas dua tahun yang lalu. Koleksi perpustakaan Hendersonville membosankan, sehingga bagi Anna berkunjung ke sana hanyalah demi kepentingan akademis. Atau sesuatu yang membosankan lainnya.

Ketika langkah Anna terhenti persis di depan meja resepsionis perpustakaan beberapa menit kemudian, wanita berkacamata yang berada di balik meja mendongak dan tersenyum ramah kepadanya, "Bisa kubantu?"

"Hai. Aku ingin melihat-lihat arsip lama koran lokal. Untuk... esaiku."

"Kau bisa menemukannya di lantai dua, raknya berada di ujung dan terpisah. Kau bakal tahu setelah melihatnya."

Aroma buku lama menguar di udara begitu Anna tiba di anak tangga teratas latai dua. Pengunjung hari itu tidak terlalu ramai. Anna bisa memilih tempat duduk dengan bebas, maka dia memilih yang paling dekat dengan lemari arsip koran. Tak sulit menemukannya, hanya perlu mencari tanggal spesifik di antara bulan Juli. Tanggal 27.

Berita kecelakaan Toby mengisi halaman pertama koran dengan judul besar-besar; TRAGEDI UNTUK HENDERSONVILLE. Anna mengamati pas foto Toby persis di sebelah foto sepeda yang rusak berat sebagai bukti, dan di atasnya terdapat foto besar tempat kejadian perkara, suatu tempat yang rasanya sangat tidak asing. Anna tercekat begitu menyadarinya, dia melihat keterangan yang ditulis kecil-kecil di sebelah foto tersebut.

Hill's Rock, setengah kilometer dari perbatasan Hendersonville.

Gadis itu menekap mulutnya, berusaha keras menahan jatuhnya air mata. Selama nyaris semenit dia berusaha menenangkan diri, menarik napas dalam-dalam dan meneruskan membaca. Anna mencari lagi artikel mengenai persidangan Toby dan menemukannya, tertanggal seminggu setelah kejadian. Dia tidak menemukan nama Kevin disebut-sebut di dalamnya, hanya saja ada satu nama yang dikenalinya tercantum di sana, dikatakan bahwa dia merupakan sheriff yang saat itu bertanggung jawab dalam penyelidikan, dan hadir dalam persidangan Colton.

Kepala Sheriff Deputi, Fred Spencer.

Ingatan akan kilasan yang dilihatnya dalam mimpi terus berkelebat di kepalanya ketika Anna berlari menuruni tangga perpustakaan dan melesat menuju halte bus. Roda-roda itu. Roda-roda yang terus berputar di bayangannya adalah roda-roda sepeda Toby. Pemandangan itu. pemandangan bekas pabrik tua yang berada di bawah Hill's Rock. Di situlah Toby ditemukan. Sepedanya terjun setelah menubruk pagar pembatas jalan raya, mencelakakannya.

Di dalam bus, air mata Anna tak kunjung berhenti. Seorang wanita yang mengira dirinya pilek menawarinya sehelai tisu, yang diterima Anna dengan penuh syukur. Di tangannya tergenggam sebuah alamat yang berhasil diketahuinya dari menelepon bagian informasi. Dia hanya berharap semoga yang ditemuinya nanti adalah orang yang tepat.

Dan Anna masih berdoa dalam hati setibanya dia di tempat tujuannya seraya memencet bel pintu. Sebuah rumah sederhana bertingkat dua di daerah perumahan di pusat Hendersonville, dengan halaman yang cukup luas dan di garasinya terdapat sebuah mobil polisi. Untunglah tidak ada Ford Capris hitam terparkir di sana, Anna sudah mempertimbangkan untuk batal berkunjung bila mobil itu terlihat.

Pintu rumah kemudian dibuka di hadapan Anna. Seorang wanita paruh baya berambut cokelat menyambutnya.

"Ada yang bisa kubantu?" sapanya, kelihatan agak bingung.

Dear TobyTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang