Discussion 4

57 3 0
                                    

Juli 2020 (Part 4)

Z : Adakah yang pernah cek hormon tiroid disini?

Ry : Saya pernah.

HF : Saya tidak pernah.

Z : Bagaimana bu hasilnya? Dan apakah sama seperti test laborat biasa atau prosedurenya berbeda?

Ry : Waktu pemeriksaan awal saya diminta cek kalsium, setelah itu baru tes laboratorium TSH dan FT4 yaitu pemeriksaan untuk mengetahui kadar hormon tiroid dalam darah dan fungsi dari kelenjar tiroid. Kalau saya hasilnya normal dua duanya.

Z : Terimakasih informasinya bu.

***

EN : Pagi rekan-rekan. Apakah ada yg waktu serangan spasmofilia hingga pingsan?

Ry : Ada, saya , anak pertama saya dan Rx kembaran saya. Kembaran saya lebih sering pingsannya.

Id : Saya sering pingsan pak.

EN : Wah. Jadi memang kondisi kita, sensasi karena serangan berbeda ya. Apakah di sini ada yg defisit vitamin D? Saya defisit sehingga mempengaruhi jumlah kalsium.

Ry : Saya dan anak saya dua duanya.

HF : Saya pernah mengalami 7 tahun lalu, 6 bulan setelah melahirkan.

EH : Saya juga. Kalau mas apa yang dirasa? Dan gejalanya sprti apa?

EN : Awal-awal sebelum serangan kemarin adalah rasa lelah dan lower back pain yang benar-benar menyiksa, sampai pijat di beberapa tempat tapi tetap sama saja.
Pas serangan, saya alami kepanikan, kedua tangan kaku dan sesak nafas-nafas pendek.

Ry : Saya sering pingsan pak kalau ngedrop banget bisa sehari 10 kali makanya sedia tabung oksigen dirumah. Kalau saya karena sudah 40 tahun devisiensi vitamin D. Saya sudah di diagnosa gejala osteo porosis level 2. Saya juga ada osteo aritis dan pengapuran tumit. Waktu diperiksa vitamin D saya  jumlahnya sangat rendah yaitu 9. Anak pertama saya 13, Anak kedua saya jumlah vitamin D nya 21. Kalau kambuh kami tidak bisa berjalan.

EN : Ibu rutin minum suplemen vitamin D kah saat ini?

Ry : Ya, vitamin D yang sudah menyatu dengan kalsium. Saya minum calnic.

Z : Kalau pas tangan kaku dan napas pendek. Coba latihan relaksasi pak . Siapa tahu bisa membantu. Karena kalau semakin panik, rasa sakitnya akan semakin meningkat. Semakin tidak terkontrol napasnya maka akan semakin kencang kekakuannya.

EN : Betul, ini saya sedang belajar pola nafas 4-7-8 dan mengelola panik. Kemarin juga istri dan dokter IGD bilang napas saya pendek sekali.





Pejuang (Spasmofilia Indonesia)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang