Di sebuah pagi yang mendung hati gue tetap cerah secerah sinar matahari. So gue senyam-senyam mulu.
"Wajar Geblyn, adik kamu kan hari ini mau masuk ke sekolah baru makanya dia seneng," bela Bunda ke gue pas Geblyn nyinyirin gue gara-gara gue nyengir sambil goal geol waktu bantuin Bunda naruh piring di meja. Lagian apa salahnya sih ngeekspresiin perasaan seneng. Guru BK gue waktu SMP aja pernah bilang kalau katanya biar nggak stres kita harus lebih sering ngeekspresiin apa yang kita rasain.
Berhubung Ayah gue lagi ke luar kota, kita cuma makan berenam. Baru beres berdoa, si Geblyn langsung memperingati gue.
"Gani lo berangkat jangan bareng gue ya. Berangkat aja sendiri naik angkot." Geblyn santai lanjutin makannya.
"Lho kok begitu sih Geblyn. Kamu sama adikmu kan sekarang satu sekolah. Terus juga ngapain naik angkot, mending kalian berdua naik motormu aja biar hemat ongkos."
"Males ah Bun, nanti Geblyn ditanya-tanya sama temen-temen Geblyn males jelasinnya. Terus juga Azri kemarin udah bilang mau bareng."
"Ouh gitu," tanggap Bunda.
Bisaan banget si Geblyn bikin alesan. Bukannya gue mau semotor sama si Geblyn, males malahan. Jangankan semotor, sekamar aja hampir setiap jam gue berantem sama dia. Yang ada kalau pas di jalan nanti gue nggak bisa nahan bacot, bisa diturunin gue. Tapi mau dari sudut pandang manapun, gue pikir lebih mending nahan bacot di motor Gablyn daripada naik angkot.
Setelah makan seperti biasa gue ngumpulin semua piring yang ada di meja lalu menaruhnya di tempat cuci piring.
Net net net tret tteret net deng net teret net....
Suara opening lagu dangdut kesukaan gue berdetang. Wah ada yang nelepon.
"Pagi Gan," sapa suara kemayu dari seberang sana bikin hati berbunga.
"Pagi juga Nay. Tumben nelepon." Gue nyuri-nyuri lirik ke si Geblyn.
"Iya. Sorry kalau ganggu."
"Nggak kok, nggak ganggu sama sekali seneng malah."
"Berangkat bareng yuk Gan kita kan se-SMA bareng."
Gue jawab sengaja dikencengin, "Hah berangkat bareng sama lo Nay, boleh. Janjian dimana? Gue mau OTW nih." Sebelah alis si Geblyn mengangakat. Gimana Bang, ngiri kan lo gue diajakin berangkat bareng sama cewek cantik. Syukurin lo, siapa suruh nggak mau berangkat bareng gue. Nggak apalah naik angkot terus kehirup bau ketek ibu-ibu yang penting bareng Naya. Ahay.
"Di depan Klinik Melati."
"Oke." Setelah gue menekan icon merah di layar gue liat abang gue lagi ngetik di layar handphonenya.
Gue pamit ke Bunda. Baru aja gue keluar pintu ada tangan lebar yang nepuk pundak gue dari belakang.
"Lo bareng sama Naya kan. Gue ikut naik angkot soalnya Azri udah berangkat duluan." Ah boong banget lo. Bilang aja lo mau ketemu Naya. Nggak bisa apa lo Bang biarin gue sekali-sekali bareng cewek cantik. Yang mau sama lo kan banyak.
"Boleh tapi beda angkot ya." Gue ngelangkah lagi.
"Ngapain beda angkot segala sih." Gue balik badan.
"Males ditanya-tanyain temen, males ngejelasinnya."
"Ah emang lo punya temen. Belum juga ngelewatin gerbang masuk SMA Sendasari udah belagu lo!"
"Lo kira yang ngajak gue janjian berangkat tadi itu bukan temen. Ah iya calon pacar mungkin." Tepat setelah kalimat kedua meluncur dari mulut gue si Geblyn melotot. Seneng gue mancing dia marah.
"Gue nggak mau berdebat sama lo pagi-pagi." Gue lari. Geblyn ngejar gue seolah ngejar copet.
Gue nyampe ke depan klink ngap-ngapan. Gablyn ngapain ngerjar gue segala coba. Gue kan jadi keinget kejadian dikejar sama tiga anjing waktu SMP.
Naya menebar senyum ke arah gue dan Gablyn, "Lo ngapain lari Gan? Ini masih pagi banget lho."
"Olahraga Nay," bohong gue. Mana mau gue banjir keringet di hari pertama gue masuk SMA. Kan gue juga pengen bisa tebar pesona at first sight kayak di film-film. Tapi mau gimana lagi. Masa iya gue bilang gara-gara si Gablyn maksa berangkat bareng gue sama Naya ketimbang temennya. Bisa-bisa Naya peka lagi kalau Gablyn suka sama dia.
Bermodalkan tampang, Gablyn senyumin Naya sambil ngibasin rambut. Gue bisa lihat senyum Naya mengembang, pipinya juga memerah. Dasar Gablyn sialan.
"Gue berangkat bareng kalian boleh nggak?" pinta Gablyn ke Naya. Naya ngangguk.
Beberapa menit kemudian angkot berhenti di depan kita. Dari luar pintu gue lihat seseorang yang tampak familiar. Ah nggak salah lagi, ibu-ibu berdaster oranye duduk di pojok. Hehe gue kerjain lo Gablyn. Naya masuk duluan, cakepnya dia duduk di jajaran yang sama dengan ibu-ibu berdaster oranye. Setelah itu gue masuk ke angkot ngambil tempat di sebelah kanan Naya. Gue yakin Gablyn mau duduk di samping Naya, jadi nggak mungkin Gablyn duduk di tempat lain. Bener aja, si Gablyn duduk di sebelah Naya yang kalau geser....
"Dek geser ya duduknya," ujar supir angkot karena orang-orang yang tiba-tiba berhamburan berebut masuk. Maklum Senin. Gue sengaja minta Naya ngegeser ke kiri sampai pojok. Yes sekarang tangan ibu-ibu berdaster oranye sudah berhimpitan sama tangan Gablyn.
Kita tunggu beberapa menit lagi.
Angkot melaju santai. Sesuai rutinitas Ibu-ibu berdaster oranye mengeluarkan kipas. Ibu itu menaruh tangannya ke atas senderan pojok dengan ketek mengarah ke Gablyn. Dengan kesunyian kipas di tangan kiri ibu itu bergerak ke atas ke bawah. Syuh syuh. Gue noleh ke arah Gablyn. Dia nahan buat nutup hidung. Alhasil hidungnya kembas kempis. Mampus lo Gablyn. Hilang semua fantasi romantisme lo sama Naya di angkot. Huh udah dikasih motor malah naik angkot lo. Enak kan aromanya? Lumayanlah bikin bulu-bulu hidung lo menari-nari.
*****
Jangan lupa vote ya! Kalau ada kritik, saran, kesan, dan pesan bisa tulis di kolom komentar.
KAMU SEDANG MEMBACA
5G [On Going]
HumorNama gue Gani, anak paling kecil di keluarga gue. Kalau diibaratin taneman tebu gue cuma jadi sepahnya doang, sisa-sisa. Aih. Gue punya kakak-kakak super cantik dan ganteng tapi gue nggak termasuk. Walaupun mereka orang yang berbeda mereka punya sat...