BATU, KERTAS, HATI

33 21 3
                                    

"Kenapa gue ngeluarin bentuk hati ya?"


🐊🐊🐊

Bel pulang sekolah sudah berbunyi, gue dan teman-teman yang lain bergegas pulang. Sore ini langit kelihatan mendung, sepertinya bentar lagi hujan, gue bergegas menuju halte bus. Menurut perkiraan gue, 15 menit lagi busnya akan datang. Gue ngelirik Nadira yang berhenti di bawah pohon gede itu, gue lihat Nadira yang lagi memakai jaket, dan gue baru sadar kalo gue juga bawa jaket. Lalu gue pakai jaket gue juga, gue ngerasa tudung jaket gue seperti ketarik. Tapi bukan itu masalahnya, masalahnya adalah gue ngerasa hawa-hawa gak enak di belakang gue, duh... ngepas banget ini lagi di bawah pohon gede. Gue mendengus kesal, dan muncullah makhluk paling nyeremin yang saking horornya pengen gue gampar.

"Hai Nad, Hai Bol," sapaan yang seketika bikin gue refleks nabok kepala si Glenn, makhluk paling horor yang selalu nggentayangin gue dimana saja.

"Hai Glenn," balas Nadira sambil melakukan tos dengan Glenn.

"Bol? Apa tuh maksudnya, bosan hidup ya lo?"

"Typo Kir, maksudnya hai istriku."

Bugh...

'Typo' katanya, baru tau mulut juga bisa salah ketik. Refleks gue pukul perutnya sampai dia jatuh, lemah. Sumpah geli banget gue dengar dia manggil gue istri, rasanya pengen jahit mulut tuh orang. Gue lihat Nadira bantu Glenn bangun, tapi gue masih berdiri merinding lihat dia.

"Horor banget tau gak, jauh-jauh lo dari gue."

"Gak mau nolongin, gak mau minta maaf main usir aja lo," gue lihat dia kesakitan banget megang perutnya, kan malah ngerasa bersalah gue.

"Ck, maaf," gue lihat Nadira melotot kaget dengar gue bilang maaf, dan si Glenn malah senyum-senyum gak jelas seperti biasanya.

"Wah... istriku yang galak ini bisa minta maaf juga rupanya."

Bugh...

Sekali lagi gue refleks mukul perut Glenn lagi, udah tau gue risih di panggil 'istri' tapi nih orang gak kapok juga.

"Ciri khas orang gak tau diri, udah minta maaf tapi masih mengulang kesalahan yang sama," si Glenn malah sok ngasih wejangan yang sialnya benar, dan Nadira malah udah ngakak di depan gue. Kampret!

"Rese lo, ngapain sih ganggu gue terus, gue tuh capek mau balik. Pergi lo!"

"Lo benci banget ya Kir sama gue, salah apa sih gue?"

"Gak tau diri dasar, gue mau menutup hari ini tanpa melihat wajah lo yang gampar-able itu tau nggak."

"Lebay. Gue mau ngingetin, skor kita hari ini imbang ya. Gue mau tanding lagi nih buat nentuin siapa yang menang hari ini."

"Imbang dari mana jelas-jelas 2:0, lo udah K-A-L-A-H dari gue."

"Gak! Lupa lo skor kita 1:1, gue belom K-A-L-A-H dari lo," ck, keras kepala. Cowok gak mau kalah dan ngalah yang pernah gue temuin nih ya cuma dia doang.

"Udah sih, emangnya kalian mau tanding bola apa gimana? Gue capek nontonin kalian ribut tiap hari, emangnya tiap hari ngributin skor gak capek apa lo pada?"

"NGGAK," jawaban refleks gue yang samaan sama Glenn sukses membungkam wejangan Nadira, dan berakhir dengan adu pelototan mata antara gue dan Glenn.

"Apa sih ngikut-ngikut, nge-fans lo sama gue?"

"Najis!"

"Gimana kalo kita tanding sekali lagi buat ngebuktiin siapa yang menang hari ini?"

"Sumpah ya, gue udah capek banget hari ini. Males debat sama lo juga."

"Bukannya lo lagi debat sama Glenn ya Kir?" kenapa gue baru sadar kalo Nadira ini ternyata 11-12 sama Glenn, nyebelin banget sih.

"Ayolah Kir, gue bener-bener belum puas kalo belum tau hasil akhirnya," sumpah gaya bicara dia tuh jadi aneh banget, serasa kayak bocah lagi bujuk ibunya buat beliin mainan. Ngeselin, keras kepala, dan pemaksa.

"Ck, mau tanding apa nih? Debat? Skip. Berantem? Skip. Pokoknya gue lagi males ribut ya kali ini."

"Gak seru lo. Kita batu, kertas, gunting aja deh gampang kan," gue amati muka sampai tingkah dia, gak mencurigakan sih semoga bukan jebakan.

"Oke."

Gue bersiap-siap, mengeluarkan jurus kebanggan gue waktu kecil pas lagi main kertas gunting. Biasanya sih menang, semoga kali ini menang juga, gue gak mau kalah dari Glenn. Gue lihat si Glenn juga bersiap tapi yang bikin gue heran, kenapa dia besiap seolah-olah mau ngajak ribut. Pemanasan ala kungfu gitu maksud gue, sedangkan Nadira si manusia super receh ini nggak bisa berhenti ketawa dari tadi. Memang bahaya kalo Glenn disatuin sama Nadira.

"Siap belum Kir?"

"Always."

"Batu- - Kertas- - Gunting"

Ronde pertama kemenangan di tangan gue, gue bisa lihat Glenn meratap tidak percaya kalo dia kalah.

"Batu- - Kertas- - Gunting"

Ronde kedua kemenangan di tangan gue lagi, dan lagi-lagi gue lihat Glenn meratap tidak percaya kalo dia kalah. Nadira cuma bisa ngakak lihat ekspresi kaget Glenn, dan mengacungkan dua jempolnya atas kemenagan gue. Gue tersenyum bangga yang dibalas tatapan tajam oleh Glenn, kekanakan banget sih nih orang.

"Sekali lagi, kalo gue menang lagi, berarti lo kalah. Dan kalo lo menang kali ini, anggap aja kita seri alias imbang."

"Deal."

Lagi-lagi kita seolah sedang bersiap, anggap saja ada kilatan cahaya di setiap tatapan gue dan Glenn yang sedang bertanding. Dan terdengar suara degupan yang biasanya dialami penonton dan supporter, seperti Nadira yang kini mengatupkan kedua tangannya seolah benar-benar sedang menyaksikan dan menantikan hasil akhir pertandingan. Aku tertawa membayangkannya.

"Siap?"

"Batu- - Kertas- - Gunting"

Ronde terakhir kemenangan tidak di tangan gue maupun Glenn, Nadira kembali ngakak sedangkan gue dan Glenn cengo. Yang benar saja, bukannya mengelurkan bentuk gunting, Glenn malah mengeluarkan bentuk hati. Finger heart ala korea itu loh, apa maksud dia ngeluarin itu?.

"Lo mau ngibul Glenn? Lo pikir gue baper gitu lo kasih bentuk hati? GAK!" gue emang ngomong gitu tapi nggak tau kenapa cuaca mendung kali ini gue ngerasa gerah, pipi gue panas. Sedangkan Glenn masih dengan tampang bodohnya menatap jari tangannya yang berbentuk hati.

"Kok gue ngeluarin bentuk hati ya Kir?"

GLENN BODOH, pengen gue teriak gitu di depan mukannya. Tapi muka gue udah panas, Nadira malah ngetawain gue. Gue langsung aja lari dari sana, gue gak tau kenapa gue malah jadi malu.

"NADIRA BUS NYA UDAH DATANG, BURUAN BALIK!"

Itu kalimat terakhir gue sebelum gue benar-benar ninggalin Glenn sendiri dengan tampang bodoh yang masih bertanya-tanya 'kenapa gue ngeluarin bentuk hati ya?'.

"Baper ya Kir? Cie... dikasih hati sama Glenn nih, baper dong," udah tau gue lagi malu banget, Nadira datang-datang malah ngejek gue. Mana bilang 'cie-cie' keras banget lagi, orang-orang malah jadi ngelihatin gue. Orang-orang yang kenal gue sama Nadira malah ikutan bilang 'cie-cie' lagi. Pengin banget gue teriak 'GAK TAU MASALAHNYA DIAM AJA!' tapi gue gak berani saking malunya. Lagian kebiasaan banget suka ikut campur urusan orang lain, padahal gak tau masalahnya. Akhirnya gue lari duluan masuk bus yang kemudian disusul Nadira yang masih ketawa ngakak dan nggak berhenti ngejek gue. Sialan.

Dear GlennTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang