Judul: Pangeran Kecil
Pengarang: Antoine de Saint Exupery
Tahun terbit: 1979
Penerbit: Dunia Pustaka Jaya PT
ISBN: xxx-xxx-xxx-xxx
EISBN: 978-623-221-467-5
Jumlah Halaman: 94
Selesai dibaca (saya): 17 Oktober 2020
Buku ada di IPUSNAS
Profil Penulis: Antoine de Saint-Exupéry merupakan seorang penulis dan pilot berkebangsaan Prancis. Dia menjadi terkenal saat menuliskan karya Le Petit Prince. Pada 31 Juli 1944, dia hilang dalam penerbangan di Mediterania.
Buku ini sebenarnya semacam buku anak-anak. Cerita/kisah penuh dengan fantasi yang dialami si pangeran kecil. Namun deskripsi buku ini bilang hal yang berkebalikan:
'Buku ini sebenarnya dipersembahkan untuk orang dewasa. Alasannya, karena orang dewasa dapat memahami segalanya, bahkan buku untuk anak-anak. Semua orang dewasa pada mulanya adalah anak-anak'
Saya merasa pernah mendengar kisah pangeran kecil ini. Entah di mana dan kapan. Namun, cover buku ini benar-benar membawa perasaan nostalgia ke dalam diri saya. Sepertinya saya pernah mendengar, melihat, atau bahkan membaca kisah pangeran kecil ini. Kisah pangeran kecil yang terjatuh ke bumi.
Buku ini ialah buku fiksi, tentu saja. Seingat saya--semoga saja ingatan saya benar--cerita tentang pangeran kecil ini pernah diangkat ke sebuah film kartun. Samar-samar saya teringat tentang sebuah film yang pernah saya lihat di layar kaca.
Pangeran Kecil ( Prancis : Le Petit Prince ) adalah karya aristokrat Prancis, seorang penulis, dan pilot. Buku ini pertama kali diterbitkan dalam bahasa Inggris dan Prancis di AS oleh Reynal dan Hitchcock pada bulan April 1943, dan secara anumerta di Prancis setelah pembebasan Prancis karena karya Saint-Exupéry telah dilarang oleh Rezim Vichy.
Buku semacam ini menurut saya tidak akan pernah ketinggalan zaman. Karena kisah yang disampaikan begitu sederhana namun juga secara bersamaan memiliki arti yang mendalam. Sangat cocok untuk bacaan ringan saat waktu luang.
Menceritakan seorang pangeran kecil yang menjelajah bintang-bintang. Ia tinggal di sebuah planet kecil yang ukurannya tidak lebih besar daripada sebuah rumah. Ketika berpetualang ia mampir ke planet-planet, di planet pertama, ia bertemu seorang raja, di planet kedua ia bertemu seseorang yang gila hormat, di planet ketiga ia bertemu seorang peminum, di planet keempat ia bertemu seorang pengusaha, di planet kelima ia bertemu seorang penghidup lentera, di planet keenam ia bertemu seorang ahli ilmu bumi dan di planet terakhir ia mendarat di bumi.
Setelah itu pun dia terus melanjutkan petualangannya di bumi. Menunggu waktu yang tepat untuk kembali ke bintang asalnya, tempat asalnya yaitu planet kecil yang tidak melebihi besar sebuah rumah.
Dengan yakin saya menyimpulkan buku ini ditujukan kepada segala umur. Semua orang boleh membacanya. Terutama orang yang ingin mendengar/membaca sesuatu yang membangkitkan dan memuaskan jiwa anak-anak yang ada di dalam diri mereka. Karena--seperti yang ada di paragraf ketiga--pada mulanya semua orang pernah jadi anak-anak
Kesan saya adalah perasaan nostalgia yang dulu pernah saya rasakan sewaktu anak-anak. Ketika kita menjadi anak-anak, semuanya begitu sederhana, namun juga rumit di waktu bersamaan. Daya khayal kita dan imajinasi kita yang masih kita sambut dengan baik waktu itu. Di mana dunia menjadi penuh warna jika dilihat dari kacamata anak-anak. Suasana semacam itulah yang saya suka ketika saya membaca buku anak-anak.
Sesuatu yang saya sukai dari buku ini ialah ilustrasinya. Gambar yang mudah dipahami untuk siapa saja. Gambar yang sederhana, dan menurut informasi yang saya tahu.. sang penulis menggambar sendiri untuk buku ini. .
Ada suatu hal yang membuat saya kurang nyaman ketika membaca. Yaitu bahasa yang digunakan. Mungkin karena buku yang saya baca adalah terbitan tahun 1974, sehingga ejaan yang digunakan masih ejaan lama(?) Mungkin juga bahasa penerjemah yang terlalu kaku untuk digunakan di buku anak-anak.
Buku ini cukup worth it untuk dibaca. Memang sedikit sulit dipahami, namun tidak membuat saya bolak-balik ke Google untuk mengerti. Buku ini bisa dibaca dalam sekali duduk.
Cuplikan dari buku:
"SELAMAT pagi" kata pangeran kecil
"Selamat pagi," jawab pedagang.
Ia seorang pedagang pil yang disempurnakan, yang dapat menghilangkan dahaga. Seminggu sekali kita meminum satu pil dan kita tidak perlu minum lagi.
"Mengapa kamu menjualnya?" tanya pangeran kecil.
"Sangat menghemat waktu" kata penjual itu. "Para ahli telah menghitungnya. Kita menghemat lima puluh tiga menit setiap minggu"
"Dan apa yang akan kita perbuat dengan waktu lima puluh tiga menit yang lebih itu?"
"Terserah, masing-masing, melakukan apa yang ingin diperbuatnya"
"Aku," kata pangeran kecil dalam hati. "Andaikata aku punya waktu lima puluh tiga menit yang harus kuhabiskan, aku akan berjalan perlahan-lahan menuju tempat air"
Rating buku
7.1/10
Terimakasih,
Axce
KAMU SEDANG MEMBACA
Ulasan Buku
Non-FictionUntuk mengingat kesan pesan setelah membaca buku. Saya menuliskannya dalam bentuk review. Buku fiksi dan nonfiksi. PERINGATAN: -Ulasan buku ini menurut pandangan pribadi seorang pembaca. -Penulis bukan seorang kritikus dan tidak bermaksud untuk m...