Maaf sebelumnya, melenceng dari judul.
Tapi, ini emang penting banget gaes hehee
••••••
KEMAMPUAN KHUSUS (BAKAT)
Pemahaman tentang tes kemampuan khusus (Bakat) Adalah tes untuk mengungkap kemampuan-kemampuan khusus pada diri seseorang / mengetahui kecenderungan kemampuan individu pada bidang-bidang khusus tertentu, adalah Differensial Aptitude Tes (DAT) yang dirancang dan dipergunakan dalam konseling pendidikan bagi siswa usia SMP/MTs dan SMA/MA atau sederajat. Apa aja sih tes nya? Yuk simak penjelasnya!
Bakat yang diketahui melalui tes ada 9, yaitu:
1. Verbal
Untuk melihat seberapa baik seseorang dapat mengerti ide-ide atau konsep-konsep, dan seberapa mudah seseorang dapat berpikir dan memecahkan masalah dalam bentuk kata-kata.
2. Numerik
Untuk melihat seberapa baik seseorang dapat mengerti ide-ide atau konsep-konsep, dan seberapa mudah seseorang dapat berpikir dan memecahkan masalah dalam bentuk angka- angka (terkait dengan kemampuan menyelesaikan tugas-tugas matematika, ilmu alam, kimia dan sejenisnya).
3. Skolastik
Gabungan antara kemampuan berpikir verbal dan numerikal, kombinasi skor keduanya menjadi penduga yang baik bagi penyelesaian tugas-tugas dalam mata pelajaran akademik, dan penyelesaian studi di perguruan tinggi (Skolastik dapat digunakan untuk menyeleksi siswa program “Keterbakatan” = gifted, dan dapat mengidentifikasi siswa-siswa yang akan melanjutkan ke pendidikan dan pelatihan lebih tinggi.
4. Abstrak
Untuk mengetahui seberapa baik dan mudah, seseorang memecahkan masalah-masalah dengan menggunakan diagram, pola atau rancangan, disajikan dalam arti ukuran, bentuk dan posisi (tes relasi ruang dapat meramalkan jenis-jenis pekerjaan bidang permesinan, teknik, perindustrian).
5. Relasi Ruang
Seberapa baik seseorang dapat memvisualkan, mengamati dan membantu gambaran mental dari obyek-obyek dengan melihat pola dua dimensi dan berpikir dalam tiga dimensi.
6. Mekanik
Untuk mengetahui seberapa mudah dan baik seseorang memahami prinsip-prinsip umum ilmu pengetahuan alam dan mengerti tata kerja dalam perkakas sederhana, mesin dan peralatan lainnya (skor mekanik tinggi, verbal dan numerik rendah disarankan untuk sekolah menengah kejuruan).
7. Kecepatan dan Ketelitian Klerikal
P
Untuk mengetahui seberapa cepat dan teliti seseorang dapat menyelesaikan tugas-tugas menulis, pelayanan pembukuan, dan ramu-meramu yang diperlukan di kantor, laboratorium, perusahaan dagang, dimana pencatatan harus diatur, disimpan dan atau dicek.9. Kemampuan Bahasa Indonesia
Untuk mengetahui seberapa baik pengertian dan keterampilan seseorang mengenal ejaan dan seberapa tinggi kosa kata, kepekaan dan kelancaran berbahasa seseorang dalam bahasa Indonesia (pekerjaan/jabatan yang banyak menuntut pemaparan gagasan : protokol guru, pramuniaga, pramugari, usahawan, wartawan).
9. Kemampuan bahasa asing
Untuk mengetahui seberapa baik seseorang mempunyai kemampuan mendengarkan, berbicara dan membuat penalaran.
••••••
Tes bakat diatas bisa kalian analisis/disamain ke diri kalian sendiri, kiri-kira bakat kalian tuh apa. *aku aja gitu wkwk
Ada yang mau ditanyain?
Satu lagi, jangan lupa vomment:))
••••••
Terima kasih sudah membaca Fakta Remaja.
TBC!
KAMU SEDANG MEMBACA
Fakta Remaja
RandomSeputar fakta menarik, lucu dan unik pada remaja cewek atau cowok yang mungkin kalian belum tau. Yuk kepoin! Mungkin ada beberapa hal atau fakta yang melekat pada diri kalian, kan?