Hijrah.
Sejatinya hijrah adalah tidak lagi mengulang dosa. Rasa penyesalan seorang hamba pasti muncul bila menyadari bahwa dulu pernah melakukan salah.
Ada banyak hikmah dari orang-orang yang memilih untuk hijrah. Sebagaimana firman Allah dalam Quran, begitu banyak ayat-ayat yang menyatakan tentang hijrah. Dalam bagian ini, saya mengambil tiga ayat dari surah yang berbeda. Di antaranya:
1. QS. Al-Baqarah 2: Ayat 218
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَا لَّذِيْنَ هَا جَرُوْا وَجَاهَدُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۙ اُولٰٓئِكَ يَرْجُوْنَ رَحْمَتَ اللّٰهِ ۗ وَا للّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
innallaziina aamanuu wallaziina haajaruu wa jaahaduu fii sabiilillaahi ulaaa'ika yarjuuna rohmatalloh, wallohu ghofuurur rohiim"Sesungguhnya orang-orang yang beriman, dan orang-orang yang berhijrah, dan berjihad di jalan Allah, mereka itulah yang mengharapkan rahmat Allah. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 218)Jadi, dari ayat ini, bila ditanya kenapa hijrah? Jawabannya adalah mengharapkan rahmat Allah, serta memohon ampunan dari-Nya. Tiada maksud lain, semata-mata karena Allah.
2. QS. An-Nisa' 4: Ayat 100
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
وَمَنْ يُّهَا جِرْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ يَجِدْ فِى الْاَ رْضِ مُرٰغَمًا كَثِيْرًا وَّسَعَةً ۗ وَمَنْ يَّخْرُجْ مِنْۢ بَيْتِهٖ مُهَا جِرًا اِلَى اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ ثُمَّ يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ اَجْرُهٗ عَلَى اللّٰهِ ۗ وَكَا نَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا
wa may yuhaajir fii sabiilillaahi yajid fil-ardhi murooghomang kasiirow wa sa'ah, wa may yakhruj mim baitihii muhaajiron ilallohi wa rosuulihii summa yudrik-hul-mautu fa qod waqo'a ajruhuu 'alalloh, wa kaanallohu ghofuuror rohiimaa"Dan barang siapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka akan mendapatkan di Bumi ini tempat hijrah yang luas dan (rezeki) yang banyak. Barang siapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh, pahalanya telah ditetapkan di sisi Allah. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang."
(QS. An-Nisa' 4: Ayat 100)Kenapa hijrah? Kenapa tidak lagi bermaksiat? Sebab dengan hijrah, seorang hamba akan diluaskan tempat hijrahnya sekaligus rezeki yang banyak. Bisa bertemu teman-teman yang taat, merindukan suasana Masjid, hati yang selalu ingin dekat pada Allah. Pahalanya juga telah Allah jamin.
3. QS. An-Nahl 16: Ayat 110
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
ثُمَّ اِنَّ رَبَّكَ لِلَّذِيْنَ هَا جَرُوْا مِنْۢ بَعْدِ مَا فُتِنُوْا ثُمَّ جٰهَدُوْا وَصَبَرُوْۤا ۙ اِنَّ رَبَّكَ مِنْۢ بَعْدِهَا لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
summa inna robbaka lillaziina haajaruu mim ba'di maa futinuu summa jaahaduu wa shobaruu, inna robbaka mim ba'dihaa laghofuurur rohiim"Kemudian Tuhanmu (pelindung) bagi orang yang berhijrah setelah menderita cobaan, kemudian mereka berjihad dan bersabar, sungguh, Tuhanmu setelah itu benar-benar Maha Pengampun, Maha Penyayang."
(QS. An-Nahl 16: Ayat 110)Dari ayat ini, bisa kita maknai bahwa adakalanya orang yang sebelum hijrah seringkali dilanda cobaan, kegelisahan, kesulitan, dan hati yang tidak tenang karena dosa yang dilakukan. Maka setelah hijrah dengan ikhlas dan sabar, Allah pasti mengampuni dosa-dosa di masa lalu.
Sekarang, teman-teman coba scroll lagi tulisan ini. Cek lagi, baca ulang poin 1, 2, dan 3 yang saya kasih barusan. Surah Al-Baqarah, An-Nisa', sama An-Nahl. Teman-teman sadar nggak, di setiap akhir ayat, selalu ada tulisan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang?
Gimana? Udah dicek belum? Baca lagi dari awal, ya.
⬆️⬆️
Benar kan? Selalu ada tulisan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.
Apa tanda dari semua itu? Itu tanda bahwa Allah pasti mengampuni siapa saja hamba yang berhijrah karena-Nya.
Kesimpulannya, kenapa hijrah? Mengharapkan ampunan Allah.
Semoga Allah bukakan pintu rahmat-Nya untuk kita semua. Aamiin.
Barakallahu fiikum.
Relianda, 25/12/2020
KAMU SEDANG MEMBACA
Kita Ketemu Setelah Tulisan Ini Selesai [TAMAT]
SpiritualBismillah. Bersiaplah. Allah selalu memberi kejutan melalui cerita hidup manusia. (Nonfiksi - Self Improvement - Motivasi Islami) Relianda, 11 Januari 2020 Highest rank 🏆 #1 motivasiislam (30/12/2020)