44 | Semangat Menyelesaikan Studi

55 2 0
                                    

Pontianak, 16/6/2020

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Uthlubul 'ilma walau bishshiin" - tuntutlah ilmu walaupun sampai ke negeri Cina. Hadits ini merupakan perintah Nabi kepada umatnya untuk menuntut ilmu meski sampai ke tempat yang sangat jauh.

Selain tempat yang jauh, saya pribadi mengartikan hadits ini lebih bermakna pada semangat dalam mendapatkan ilmu. Tidak hanya pada jangkauan tempat yang jauh, tetapi juga faktor usia seseorang dan juga kondisi sosial-ekonomi. Saya ikut senang pada orang-orang yang semangat menjalankan pendidikan. Meski usia tidak lagi muda, atau kondisi sosial-ekonomi yang tidak seberapa, namun semangat dalam memperoleh ilmu tidak pernah luntur.

Allah senang pada hambaNya yang bersemangat menuntut ilmu. Menjadi pribadi yang cerdas kelak akan melahirkan anak-anak yang cerdas pula. Untuk itu ilmu penting didapatkan oleh seseorang.

Tepat siang ini, seseorang yang saya sayangi berhasil menyelesaikan studinya. Seseorang yang saya panggil Mama. Dengan begitu semangat beliau melanjutkan studi S2 di tahun 2018. Saat itu usianya 45 tahun. Dan hari ini, dua tahun kemudian, di usia yang ke-47 beliau telah menyelesaikan masa studi itu.

Pengalaman selama menjadi mahasiswa menjadi pengalaman yang begitu berharga. Barakallah fii ilmi, Mama. Semoga ilmunya bermanfaat.

Ini bonus fotonya. Maaf wajahnya ditutupin pakai bunga. Dia bahagia sekali setelah ujian tesis 😊

 Dia bahagia sekali setelah ujian tesis 😊

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Pontianak, 16/6/2020

Kita Ketemu Setelah Tulisan Ini Selesai [TAMAT]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang