Bismillah.
Sadarkah kita kalau selama ini sebenarnya kita sudah mempunyai surga?
Inilah surga kita:
1. Orangtua. Orangtua itu adalah surga kita. Kalau orangtua memanggil, "Kak!", "Bang!", "Dek!" segera penuhi panggilannya. Jangan cuma mendengarkan saja, tetapi malah tidak didatangi. Kalau orangtua berbicara, dengarkan. Kalau orangtua meminta tolong, segera tolong. Kalau orangtua sedang marah, mengomel, kita harus diam, jangan justru balas membentak. Muliakan mereka sebagaimana kita ingin mendapatkan Surga Allah.
Sebagai sharing, saya punya satu kebiasaan. Saya sendiri sudah lupa sejak kapan saya terapkan, dan alhamdulillah sampai saat ini masih istiqomah. Setiap hari setidaknya minimal satu kali menyalami maupun mencium orangtua. Kenapa saya lakukan itu? Karena kita tidak tahu umur, siapa yang dipanggil Allah lebih dulu, apakah kita atau orangtua kita. Saya tidak mau menyesal kemudian. Gara-gara sibuk urusan duniawi, sampai-sampai lupa menyalami dan mencium orangtua sendiri.
Kalau jarak jauh bagaimana? Misalnya tinggal beda kota karena kerja atau kuliah. Jadi caranya senantiasa memberi kabar lewat telepon maupun chat pada orangtua. Ketika pulang nanti, bawakan mereka hadiah. Mereka pasti senang. Sampaikan pula kemajuan dalam pekerjaan maupun studi kita, mereka pasti bangga.
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman,
"Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan ah dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik."
(QS. Al-Isra' 17: Ayat 23)2. Surga berikutnya adalah suami. Suami adalah surga bagi istri. Taati suami, melayaninya dengan sepenuh hati. Sungguh upaya seorang istri dalam menyenangkan hati suaminya, menaati suaminya, pasti Allah menjamin surga di akhirat nanti. Menjaga kehormatan suami, juga menjaga nama baik rumah tangga, insya Allah sakinah mawaddah warahmah.
Nabi SAW bersabda, "Jika seorang wanita menjaga shalat lima waktu, berpuasa Ramadhan, betul-betul menjaga kemaluannya dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada kepadanya, "Masukilah surga melalui pintu mana saja yang kamu suka." (HR. Ahmad).
Siap memuliakan surga kita? Insya Allah, pasti siap.
Salam, Relianda.
21/12/2020
KAMU SEDANG MEMBACA
Kita Ketemu Setelah Tulisan Ini Selesai [TAMAT]
EspiritualBismillah. Bersiaplah. Allah selalu memberi kejutan melalui cerita hidup manusia. (Nonfiksi - Self Improvement - Motivasi Islami) Relianda, 11 Januari 2020 Highest rank 🏆 #1 motivasiislam (30/12/2020)