10

3.6K 647 60
                                    

Jungkook memulai hari Senin dengan segmen pagi baik. Dia dari tadi nebar senyum ke orang yang lewat. Sebagian bales senyum, tapi ada juga yang datar-datar aja. Hari ini banyak bawa resep baru. Emang kedengeran mustahil, anak umur lima tahun setengah bikin apa aja bisa. Tapi, ya begitu kenyataannya.

Jungkook udah gak berharap lagi bundanya pulang. Bukannya gak peduli, tapi dia capek harus nunggu sampe kapan. Belum nemu titik cerah buat cari bundanya. Kalo memang hidupnya ditakdirin sendirian, dia sebisa mungkin buat mampu.

"KOOKIEEE" Teriakan cempreng itu Jungkook kenal. Teriakan Bambam yang baru turun dari mobil. Nyandang tas sambil lari-larian. Ngehampirin Jungkook yang lagi duduk di tempat biasa dia jualan.

"Kamu bawa apa hari ini?" Buka tutup toples yang paling bawah. Matanya berbinar senang liat banyak makanan. Nusuk pakai garpu, terus masukkin ke dalam wadah bekal.

"Sini, biar gue yang bayar. Siapa tau ini bocah nipu" Cewek tinggi semampai ngehampirin, nyuruh Bambam buat minggir dikit.

"Kan Bamie bilang noona jangan ikutan tulun!"

"Diem. Berapa?" Nada angkuh masih kedengar jelas. Jungkook gapapa, dia biasa kok diginiin orang lain.

"Bisa ngitung gak lo?"

"Bisa kak. Semuanya-"

"Nih ambil aja. Gue yakin lo miskin" Ngasih Jungkook beberapa uang kertas yang melebihi harga jualan. Bambam lari ke dalam sekolah sambil teriak—

"MAAPIN NOONA AKU YA KOOKIEEE" Jungkook cuma senyum. Dia yakin noona itu sebenarnya baik, cuma agak angkuh doang. Adek liatin orang ramai yang lewat. Tapi dia paling gak mau liat anak kecil gandengan sama ibunya. Jujur aja iri. Dalem hati Jungkook, dia gak apa-apa gak dikasih harta melimpah, asalkan buna ada ngisi hari-harinya.

Mata bulat berbintik hitam itu beralih natap tangan kecil penuh plester luka, masak sendirian buat jualan bukan hal yang mudah untuk anak semini dia. Kulit melepuh sekitar pergelangan tangan bukti sekeras apa usahanya. Tapi hatinya mulai menghangat pas inget, kalo habis ini beli bahan masakan. Jungkook seneng banget belanja walaupun dipandang rendah sama tukang kasir.
































"Ayo bu, silahkan" Yap bener, ibu-ibu dibelakang Jungkook yang dilayani. Ini sudah empat kali adek diskip.

"Tapi dia nunggu lumayan lama" Ibu-ibu itu senyum teduh sambil natap Jungkook yang berdiri disamping keranjang belanjaannya.

"Dapapa kok, aku sudah telbiasa ketemu sama olang yang da bisa ngehalgain olang lain. Mba ini salah satunya, padahal keljaan dia da lebih mulia dali keljaanku" Mampus. Jungkook udah nahan dari dulu. Dari dulu ini mbak kasir kemusuhan banget sama dia. Gak tau salahnya dimana.

"Mana barangmu? Sini" Kedengeran terpaksa, dongkol, jengkel gara-gara omongan anak kecil yang telak nusuk ulu hatinya.

Jungkook angkat satu-satu barang belanjaan, karna gak kuat buat ngangkat semua sekaligus kayak yang dilakuin orang dewasa.

"Orang tua kamu mana dek?" Ibu-ibu berusan kembali nanya, agak tertarik sama anak kecil yang berani banget ini.

"Ada kok"

"Pasti kamu anak pungut ya? Hahaha" Uncle di sebelah nyeletuk. Niatnya becanda.

"Lucu ya om? Gitu banget selela humolna. Lendahan"

Kelar bayar, Jungkook langsung ninggalin pusat perbelanjaan itu. Dia dorong belanjaannya sekuat tenaga. Berat slur, tepung, gula, minyak, segala macem.

"Capek banet. Ini salulan tipi da ada yang mau ngundang aku apa" Nyeka buliran keringat, terus regangin badannya yang berasa remuk, habis pulang ini bikin kue lagi sampe tengah malem, bangun pagi-pagi buat ngegoreng biar disajikan dalam bentuk masih hangat.

"Ada, mau ikut konser lagi gak?" Mobil mewah singgah tepat disamping Jungkook berdiri.

"AAKKKKKKK YOO—" Yoongi nempelin jari telunjuknya depan masker. Semua member ketawa dari dalam mobil liat segemesin apa Jungkook pas lagi Jungshook.

"Mau masuk?" Kali ini Seokjin. Pria yang katanya WWH itu buka full kaca jendela. JinHit Entertainment emang beda.

"MAU! AKU LUPA BAWA SKATEBOALD JADI INI BELAT BANET" Auto cempreng kalo lagi seneng. Dia buru-buru masukkin belanjaannya, terus duduk di pangkuan Taehyung.

"Kamu kok wangi banget dek?"

Jungkook sadar, terus berdiri. "Pasti hinaan, sebenelna aku bau kan"

"Engga. Serius wangi, sinian" Jungkook ditarik buat duduk lagi ke pangkuannya, tapi posisi koala. Aw malu banget dipeluk orang ganteng.































"Sebenarnya kami mau nawarin kamu. Kamu mau ngga jadi artis cilik bagian dari kami? Spesial buat comeback enam bulan kedepan"

[Donat-Donat Kookie]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang