18

2.6K 451 41
                                    

Acara makan siang jelas berakhir dengan kenyang. Jungkook memegang perutnya yang dulu kurus, sekarang jadi mengembang.

"Aku bakal gemblot lagi setelah buna datang, hihi."

Arika senyum tipis, "Pulang ini, kita beli bahan buat bikin kue lagi ya, buna kangen bikin kue bareng jagoan."

Kalimat panjang yang terucap dari bibir buna menarik senyuman lebar dari Jungkook. Adek buru-buru bangkit, kemudian menarik tangan Arika ke kasir buat bayar. Si bunda cuma ketawa geli liat respon peri gembulnya. Ngga sabaran banget.

"Aku bisa jualan ke sekolah lagi dong?"

"Bisa, tapi sekarang, jualannya sama buna. Kamu ngga sendirian lagi."

"Tapi, buna kan harus jualan di pasal?" Jungkook heran. Biasanya dia sama Arika bagi wilayah, Jungkook di sekitar sekolah, Arika di pasar. Jadi penghasilan mereka lebih banyak karena mencar gitu.

"Engga lagi. Buna sadar, habisin waktu bareng kamu, lebih berharga daripada nerima hasil dua kali lipat." pucuk kepala mungil dikecup lembut. Arika kembali menggandeng tangan Kookie setelah bertumpu pada lutut beberapa detik.

"Uwaaaa, aku bahagia!" lompat-lompat di tempat sambil memegang pipi gembilnya pakai tangkupan dua tangan.

***

Barang belanja yang banyak ngga bikin senyum manis di wajah Jungkook luntur. Dia menyapa tiap orang yang mereka berdua lewati waktu papasan di jalan. Percaya ngga percaya, nyata ngga nyata, yang penting buna di sini, menggandeng tangannya secara lembut, naungin kepalanya dengan cardigan tipis yang dipakai Arika.

"Dek, ayo lomba."

Keduanya bener-bener nikmatin momen. Saling kejar satu sama lain, kadang buna sengaja lambatin lari biar Jungkook seneng ngalahin Arika. Di gang itu, terdengar ketawa riang yang bikin anak lain iri liatnya.

"Oke, peltama kita masukkan mentega yang sudah mencail, mleyot sepelti aku liat senyum buna."

"Belajar dari mana kalimat kayak gini nih? Hah?" Arika nyubit gemes pipi Jungkook yang belepotan tepung, tadi si bayi sempat bersin beberapa kali. Dari bersin itu, tepung jadi pada terbang.

"Aku seling liat olang pacalan loh. Ih, huwek, sepelti dunia milik beldua. Pelnah sekali aku disuluh beliin bunga sama laki-laki, tapi pas udah dibeliin, malah wewe nya yang nolak. Da ada akhlak. Tapi dapapa sih, yang penting aku dapat uang dali imbalan beliin bunga itu. Hehe." mata bambi menerawang ke arah lain waktu ceritain pengalamannya nyari kerja.

"Lain kali, kalo bantu orang harus tulus ya."

"Loh, itu tulus, itu celdas. Siapa suluh males jalan, jauh tau bun. Wajal dong aku dapat imbalan, kan da minta juga." iyain aja. Kalo lagi deket buna, emang susah buat mikir dewasa kayak biasa, maunya dimanja mulu, dingertiin terus, mendadak keras kepala. Arika cuma senyum maklum liat bibir Jungkook yang mendadak monyong gegara sebal atas teguran buna nya barusan. Adek nyampur adonan jadi setengah bete.

"Anak buna ngga salah, jangan kesel gitu dong, ganteng." nyolek dagu Jungkook dari samping setelah masukkin satu loyang adonan mentah ke dalam oven.

"Buna, nanti kita jalan-jalan lagi ya? Ke mowllll"

Mall maksudnya ges.

"Da usah belanja, liat-liat aja." sambungnya pas ngerasa perubahan wajah Arika yang ngga begitu nampak, tapi tetap bisa dimengerti. Tau harga produk di sana bikin sakit mata, dan Jungkook yakin, sebelah sepatu yang dijual di mall aja bisa buat makan seminggu untuk dia sama Arika.

"Oke, nanti kita ke sana. Tapi, Jungie gapapa liat-liat doang? Ngga belanja?"

"Santuy blouw, aku tiap hali lewat toko kue yang wangi aja bisa nahan buat da beli." Jungkook berucap cuek sambil gigit satu wortel, kemudian gigit lagi buat dikasih ke Kuma yang dari tadi mengeong sebab kurang perhatian.

"Hebat banget. Nih, buna kasih hadiah." Arika sodorin sisa adonan bentuk hati. Hadiah sesederhana nyaris ngga bisa dibilang hadiah itu, mampu bikin Jungkook senang. Dia nerima sambil bersorak kecil.

"Ini bisa dibikin kue tauuu." tangan berjari mungil aktif olesin selai di atas adonan, kemudian taruh ke atas meja setelah ditutup pakai plastik. Nunggu kue jualan matang dulu, baru kue dadakan bentuk cinta dimasukin ke oven. Arika natap kagum putranya yang seolah ngga ada beban terlepas dari jalani pahit manisnya kehidupan.

"Nanti, target pertama kita ke mana sayang?"

"Ke sekolah aja, mau ya? Aku kangen sama dua temen aku."

Arika ngangguk sambil bikin topping.

"Boleh dong. Nanti kenalin buna ke temenmu."

Jungkook natap Arika malu-malu, bajunya sedikit diremas, tanda adek mau bilang sesuatu.

"Buna, Kookie pengen sekolah..." suara halus itu nyaris ngga kedengeran sebab terlalu pelan. Arika tau, putranya masih ragu buat minta hal yang dari dulu Jungkook mau. Iya. Pakai seragam sambil duduk perhatiin guru, main bareng teman sebaya. Bukan malah duduk di pasar sambil ngibasin tangan ngusir lalat.

"Nanti buna coba tanya om Hanbin dulu, berapa biaya masuknya. Kalo tabungan kita cukup, kamu pasti sekolah kok."

"Aku, aku gapapa pakai baju bekas Ales." Ares itu anak tetangga yang sudah duduk di tingkat lebih tinggi. Ibunya Ares, termasuk tetangga baik karena mau nerima kue bikinan Arika walau kadang ikutan gibahin bareng ibu-ibu lain.

"Semisal mampu, kita beli yang baru aja ya nak ya. Jangan berharap dikasihani orang. Kamu ada ide ngga, selai jual donat sama kue lain, kita harus apalagi?"

"Jual ginjal."

"Jungkook!"

Adek nyengir kayak ngga ada dosa, dia merasa lucu liat Arika yang melotot begitu setelah dirinya suruh jual ginjal.

"Kalo aku bantu olang-olang sekolah belajal gimana? Buna bolehin?"

"Bantu dengan cara apa?" Arika ngomong lebih hati-hati biar ngga nyakitin hati putra kecilnya. Kalo dibilang bantu dari segi mana, Arika ngga yakin Jungkook bisa. Karena dia jelas belum ngerti materi yang dipelajari orang.

"Aku bantu meleka gambal-gambal."

"Nanti kamu dikasih uang, gitu?"

"Iya, dan stop bilang halus tulus." Adek ngangkat satu tangan di depan, biar omongannya ngga dipotong.

"Mom, kita hidup di mana semua balang ngga glatis, buna liat deh, tukang palkil aja dikasih upah mom, masa tulus mulu sih?"

"Yah, okey, buna izinin kamu. Tapi dengan catatan, ngga boleh curang." Arika pasrah sambil ngeluarin kue yang sudah matang, kemudian beralih kegiatan jadi goreng adonan khusus adonan donat, sebelumnya bantu masukkin kue bikinan Jungkook.

"Tau? Aku lebih ngelasa belhalga kalo kamu ada." peluk buna kesekian kalinya. Tapi sekarang beda, dia berhasil nahan air matanya biar ngga melulu jatuh waktu pelukan hangat itu dirasa kembali.

[Donat-Donat Kookie]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang