CINTA YANG BERLEBIH ITU TIDAK BAIK

3 3 1
                                    

Banyak orang mengira jika cinta yang berlebih kepada sesama manusia itu baik. Tapi tidak bagiku. Segala hal yang berlebihan akan dianggap tidak baik, termasuk urusan mencintai sesama manusia. Kebaikan akan muncul ketika manusia saling mengerti dan berkecukupan dalam segala hal.

Karena itulah aku menganggap jika cinta yang berlebih kurang baik. Juga kepada Tuhan, ketika berlebih maka akan mabuk agama dan tak mengindahkan segalanya yang ada di sekitarnya.

Begitulah cinta, yang kata cut pat kai deritanya tiada akhir. Akhirnya bagaimana jika hidup tanpa cinta? Ya kita sama saja seperti orang gila dan hewan yang hanya mempunyai isnting membunuhnya.

Jadi cinta ku juga begitu, aku ingin selalu merumuskan jika cinta ini secukupnya. Tidak berlebih dalam segala hal. Seperti kasih sayang dan tindakan. Kenapa? Aku ingin kita menabung gairah cinta itu untuk masa masa yang kelak akan kita lalui bersama.

Apalagi dalam hubungan yang tentunya akan bersama selamanya. Hubungan itu juga harus dipahami seperti janji kita kepada diri sendiri. Untuk itu, aku selalu mencoba memahami keinginanmu agar aku tau juga keinginan hubungan ini.

Keinginanku adalah keinginanmu, dan begitu juga sebaliknya. Maka cinta ini cukup sederhana, kalau bisa kita harus memahaminya dengan misteri. Biarkan itu berlalu dan menjadi kenangan. Kisah cinta kita akan digariskan oleh zaman dan waktu.

Kenapa kita harus bercukupan? Hidup itu urusan waktu. Semakin cepat kita boros akan satu hal, maka semakin cepat kita akan ingin memilikinya lagi. Jadilah cepat bosan dan jenuh. Beda jika jenuh karena keadaan, maka kita terlalu boros dengan kebiasaan kita sendiri.

Jadi begitulah cintaku. Aku selalu memberi napas kepada hati dan diriku sendiri. Agar kau tahu, jika cinta juga butuh napas untuk beristirahat. Agar cinta bisa menjalin keindahan lain di dalam hubungan ini. Agar cinta itu kekal dan abadi, seperti hujan yang selalu menjadi peneduh untuk manusia.

Dan aku ingin pula jika urusan hatiku ini seperti malam dan siang. Mereka saling mencintai tapi tak pernah saling mengumbar cintanya kepada yang lain. Biarkanlah itu menjadi hal paling indah untuk kita rasakan. Sebab keindahan yang sederhana itu saat kita mau berpikir jika berkecukupan adalah mutlak hukumnya.

Ia bagaikan sarang laba-laba yang akan melekatkan apapun di dalam keindahan hatinya sendiri. Aku ingin kau pun seperti itu. Menahan segalanya dan selalu berkecukupan dalam urusan hati ini. Aku yakin kau bisa memahami maksud hatiku ini.

Apalah daya ketika cinta itu diharuskan untuk selalu memuja? Aku tak bakal bisa menganggap diri ini kesempurnaan, begitupun kau, yang akan selalu rendah hati dalam segala hal. Cinta pun butuh kerendahan hati, agar ia tak menyakiti siapapun yang mendengar atau membacanya.

Aku ingin kau menyadari dan memahami itu semua. Jika berkecukupan itu bukan hanya tentang materi, tapi juga tentang istilah hati yang kita anggap selalu berlebihan.

Biarkan hati ini menjalin dan menjahitnya menjadi bagian terkecil bersama waktu. Sebab waktu yang akan memberikan kita pelajaran, di dalam setiap jalan yang ditempuh tanpa ujung. Seperti itulah keinginan cintaku kepadamu, hanya bersarang di dalam ingatan dan janji yang berusaha rendah hati.

Sebab kerendahan hati itu penting di dalam hidup sayang ku. Kita akan hidup bukan sendiri di dunia ini, bersama manusia lain yang juga punya pikiran lain dengan kira. Cinta ini pun demikian, sebuah istilah yang sederhana dari hubungan yang sederhana dengan prinsip sederhana dan keinginan serta ketulusan yang selalu berusaha sederhana.

SINESTESIATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang