15

22 2 6
                                    

"Seorang ulama meninggal, itu salah satu tercabutnya ilmu di muka bumi ini. Maka dari itu, kita para santri penerus perjuangan ulama dan kyai. Bersama santri, damai lah Negeri."

***

Di dalam diri seorang ulama itu ada berbagai ilmu agama, yang di mana ketika ulama tersebut telah pulang ke pangkuan Sang Pencipta, maka akan berkurang lah ilmu agama yang ada di dunia.

Agar ilmu agama tetap ada dan terjaga, maka ada penerus para ulama yaitu para santrinya nusantara, karena para santri lah yang dididik oleh pengetahuan agama, bukan hanya itu para santri juga diajarkan apa itu akhlak, adab, dan tata krama. Sehingga jika tidak ada ulama dan santri sebagai penerusnya, maka bagaimana mungkin ilmu agama itu masih ada, hingga bertahan sampai akhir zaman?

Maka dari itu kita sebagai santri nya nusantara, bersungguh-sungguh lah dalam mencari ilmu agama, karena setelah kita mendapat ilmu pengetahuan, kita juga dituntut untuk mengamalkan, hingga ilmu itu bisa bermanfaat bagi sekitar.

Ilmu tanpa diamalkan diibaratkan pohon yang tidak berbuah, dia hanya bisa tumbuh menjadi tanaman, tapi tidak bisa memberikan manfaat bagi sekitar oleh buahnya. Begitupun dengan seseorang yang berilmu, jika dia tidak bisa mengamalkan ilmunya, maka bagaimana mungkin dia memberikan manfaat bagi sekitarnya?

Bersama ulama, Indonesia akan sejahtera dan bersama santri, damai lah negeri, tanpa para ulama dan santri sebagai penerusnya, maka bagaimana mungkin indonesia akan damai dan sejahtera ke depannya.












Quotes IslamiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang