Jalan ✈

68 7 3
                                    

Suasana kelas XI MIPA 1 sedang riuh karena banyak tugas sebab guru-guru sedang mengadakan rapat. Jika begini tidak hanya guru yang pusing klimpungan namun anak muridnya juga, kepala rasanya hampir mbledos dari letaknya.

"Pusing gw, gimana sih Nda. Budrek sumpah!" Keluh Lia.

"Iya bentar to ini lho di kerjain, NaOH itu berarti basa kan? Nanti kalau udah tinggal cari POH-nya dulu baru nanti ketemu H+ nya" jelas Ainda ke Lia yang manggut-manggut.

Setelah menghitung ia akhirnya menemukan jawabnya, ya walau baru 2 soal terpecahkan dari 5 soal lumayan tinggal 3.

"Nah udah itu ketemu kan hasilnya 5" ujar Ainda senang.
"Sekarang no 3 soalnya, 60 mL asam asetat 0,05M (ka=2 x 10‐⁵) ditambah air 40 mL larutan NaOH 0,05 M. pH larutan sebelum dan sesuadah penambahan NaOH berturut"

"Kalau soal yang ini berarti asam asetat itu CH3COOH, NaOH itu basa kuat. Abis itu cari mol dulu"

"Molnya 3 sama 2?" Tanya Iza.

"Heem, sekarang kayak di kali silang apasi pokoknya itu yang yang min sama plus" jelas Ainda.

"Jadi CH3COONa sama H2O" jawab Vita.

"Yup, cari MRS sekarang abis itu cari H+ nya. Hasilnya 10‐⁵"

Terus sampai nomor terakhir ia dan teman-temannya saling membantu akhirnya selesai, kalau bareng kan jadi cepat selesai.

"Akhirnya selesai juga dahh, tinggal nunggu bel pulang sekolah" seru Ainda saat mengumpulkan pensil dan bolpoin yang berserakan di meja.

Jam pelajaran telah selesai sampai jumpa besok pagi dengan semangat belajar yang baru teroreng~

"Yook lahh, Za! Mau bareng gak Vit?"

"Enggak nanti emak jemput" jawab Vita yang di angguki Ainda.

"Okelah" ia berjalan keluar kelas dengan Iza sedangkan Lia sudah kabur dari tadi untuk ganti baju karena ada latian paskib.

Sampai di parkiran ia langsung mengambil motor dan pulang. Dirumah Ainda segera melepas tas dan pergi mandi tak lupa selesai mandi ia sholat lebih dahulu.

Ting~

Kak Ivan

'Minggu depan free gak? Kalau free ayo jalan sekalian ajak sekalian mama kamu. Maaf nanti kalau balas mungkin saya udah off, tapi nanti pasti saya baca'

Ainda mengernyitkan dahi, apa maksud? Mau aja jalan sama mama sekalian? Ada apa nih? Itulah yang dipikir Ainda.

'Okee Kak, kayaknya bisa'

***

Kini tiba hari dimana Ainda, mamanya dan Ivan akan pergi bersama. Mereka menunggu Ivan datang.

Kak Ivan

'Saya bentar lagi sampai'

'Okee'

Tak lama sebuah mobil datang di halaman rumahnya.

"Assalamualaikum Bu" sapa Ivan saat menyapa mama Ainda.

"Waalaikumsallam"

"Udah siap? Langsung berangkat?"

"Boleh"

Ainda duduk di jok depan seperti biasa ia membuka jendela supaya angin masuk dan tidak mabok. Ya sedikit demi sedikit ia berusaha menghilangkan maboknya.

Di mobil yang mendominasi hanya Ivan dan mama Ainda, ini mirip sudah mirip seperti menantu dan mertua berbincang apa aja dan saling nyambung sedangkan Ainda hanya diam.

Aerospace Eagle// Slow UpTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang