~ Gejala itu kembali lagi ~
Baru beberapa hari menikmati keindahan hidup di rumah, sehari setelah liburan keliling Bandung, aku merasakan gejala-gejala yang sebelumnya aku rasain sebelum aku dinyatakan kanker, gejala saat itu malah lebih parah, auto dah aku kembali lagi ke rumah sakit untuk memastikan keadaanku...
Aneh juga, padahal dokter menyatakan aku aman untuk pulang ke rumah, tapi nyatanya aku kembali drop... Mungkin ini terjadi karena aku terlalu capek main... Mentang-mentang udah bisa bawa mobil sendiri... Hal terburuk aku sempat ngalamin kejang sampai rasanya aku mau mati... Sakit banget... Dokter sampai ngasih obat bius buat ngilangin rasa sakit yang aku rasakan, bahkan obat pendamping ku ada yang mengandung zat narkotika jenis morfin, ya tujuannya buat ngalihin rasa sakit, bukan untuk gaya-gayaan... Dah selama tiga menderita lagi, dokter bilang itu karena efek dari sel kanker yang masih ada... Masih ada sisa 70 persenan dari masa awal sel kanker itu terdeteksi. Aku pada detik ini masih menunggu recovery untuk ngejalanin kemo lagi, salah satu jalan buat ngebumi hanguskan kanker. Is okay lah... Selagi menunggu aku meluangkan waktu untuk nulis... Jenuh juga sebenarnya, udah enak di rumah malah harus balik lagi ke RS.
Aku cuma bisa pasrah bila suatu saat aku mati di rumah sakit, bukan karena aku nyerah, tapi ini memang rasanya benar-benar wadidaw... Aku sampai gak enak sama ortu yang nangis Mulu waktu liat kondisiku mirip sama Oma beberapa tahun silam...
" Mama... Papa, kiranya tuhan gak ngasih lagi mukzijatnya untuk Edgar, ed cuma mau minta maaf kalau selama ini Ed cuma ngerepotin papa mama terus... Maaf Ed gak bisa memberikan yang terbaik semasa Ed sehat, maaf bila Ed menjadi anak yang kurang baik dan tidak se pemikiran dengan kalian... Terimakasih udah ada untuk Ed... Terimakasih udah jadi ortu terbaik dan jadi bagian hidup Ed.... "
Entah kenapa, kata-kata itu muncul tiba-tiba waktu klimaks rasa sakit menyerang tubuh seolah aku mau pergi ke rumah Bapa menyusul Oma... Oh Man, waktu itu juga mendadak Susana menjadi kayak drama Korea yang level kesedihannya luar biasa... Mama yang agak baperan nangis kejer seolah itu kata-kata perpisahan ku... Ya maklum lah, kala itu memang lagi parah-parahnya, aku sampai gak bisa ngerasain sebagian dari tubuhku... Mama memang begitu, ya walaupun agak bawel, beliau begitu sayang pada anak-anaknya, agak baperan juga... Bayangin aja, aku waktu pertama kali mau berangkat kuliah dari Bandung ke Jogja aja beliau sampai nangis kayak momen pelepasan TNI yang mau tugas perang di timur tengah aja... Itu terjadi sampai aku semester tiga, karena memang setiap libur semester aku selalu nyempetin untuk balik ke Bandung. Nah di tinggal kurang dari enam bulan aja udah sampai nangis haru biru, apalagi waktu anaknya bilang gitu kayak yang mau mati, beh gak tau deh gimana nasib mama kalau Minggu lalu aku benar-benar mati.
Ya engga tau sih, selepas ngomong itu aku serasa tidur, mata jadi berat dan ngantuk banget... Sampai aku benar-benar di dalam fase tidur yang belum pernah aku rasain seumur hidupku.
Cinta pertama seorang anak laki-laki adalah Ibunya... Pahlawan pertama seorang anak laki-laki adalah Ayahnya... Sahabat terbaik anak laki-laki adalah kedua orangtuanya....
To be continued