Kalau ditanya, apa gue benci sama Vincent? Jawabannya tentu aja tidak. Gue sama sekali ngga benci dia. Meski dia berhasil bikin gue kesal dan kecewa berat, gue ngga benaran bisa benci ke dia. Dia sahabat gue dan gue ngga kenal dia cuma satu atau dua tahun. Gue masih punya kemakluman atas apapun kesalahan yang dia bikin. Tapi apa bakal segampang itu gue maafin lantas gue lupain?
Berat. Gue ngga bisa ngatasin itu dalam waktu 24 jam. Gue ngga bisa bersikap seolah-olah gue ngga ada masalah. Gue ngga bisa nyembunyiin betapa kecewanya gue ke dia. Gue perlu ruang buat mengenyahkan kekesalan juga kekecewaan gue ini, tanpa diganggu Vincent atau siapapun. Maka itu, gue mutusin pergi ke tempat di mana sekiranya gue bisa healing.
Ada satu tempat yang jadi favorit gue sejak kelas 2 SMP. Sebuah lapangan di kompleks perumahan nenek gue yang jaraknya lumayan jauh dari rumah. Udah lama banget gue ngga ke sini, mungkin sejak nenek meninggal setahun setengah lalu dan rumah beliau dijual. Omong-omong, lapangan ini cukup luas dan serbaguna. Dulu sering buat dipakai latihan karate anak-anak SD. Atau dijadikan tempat aerobik ibu-ibu kompleks setiap sore. Dan gue suka ke sini kalau bosan di rumah, apalagi latihan basket di GOR. Gue butuh tempat yang nyaman juga jarang diketahui temen-temen.
Gue mau menyendiri. Gue mau menenangkan diri buat sehari ini.
Tapi baru sepuluh menit gue nikmatin suasana sore ditemani semilir angin, gue disadarkan oleh sebuah kebodohan yang baru aja gue buat sendiri.
KENAPA GUE POSTING LAGI DI TEMPAT INI DI CLOSE FRIEND INSTAGRAM SEDANGKAN ADA VINCENT DI DALAM SITU???
Bego banget lo, Misano!!
...
Yah, gue emang bego. Dan kebegoan gue berlanjut setelah ngga lama kemudian mata gue nangkep dua sosok yang amat sangat gue kenali.
Itu Vincent, yang dateng bareng adik bungsu gue, Yosi.
Sialan.
"Lo pada ngapain ke sini sih?"
Gue tau Vincent udah bersiap nyerbu gue pake banyak pertanyaan tapi gue lebih sigap dari dia. Yosi milih buat ngejauh dan ngambil bola basket gue buat dimainin asal.
"Ga, kita perlu ngobrol. Berdua. Yang serius."
Gue buang napas sebal, "Gue males ngomong sama lo."
"Kita ngga bisa terus-terusan begini kali. Mau sampai kapan kamu nyuekin aku?" Vincent hela napas lesu, "Aku tau aku salah, aku minta maaf banget ke kamu. Jadi tolong berhenti ngehindar dan nyuekin aku, Ga. Aku ngga tahan!"
"Lo pikir setelah apa yang lo lakuin ke gue, bisa segampang itu dimaafin dan dilupain?" kepala gue menggeleng tegas, "Gue ngga pernah nuntut lo macem-macem, Cent. Cukup dengan lo ngehargain gue sebagai sahabat lo dan ngga ngelewatin batas, gue udah seneng. Tapi lo malah memanfaatkan kemakluman gue demi keegoisan lo sendiri. Cent, apa sih susahnya minta consent? Gue ngga peduli mau itu cuma game atau bukan, kita tetep butuh yang namanya persetujuan satu sama lain. Ngerti ngga sih lo?"
"Ngerti kok."
"Kalau ngerti kenapa lo masih ngeyel?"
"Ya karena waktu itu aku cuma pengen have fun kayak yang lain, Ga. Aku ngga kepikiran kalau hal itu bakal bikin kamu semarah ini."
"Terus lo sekarang tau kan kenapa gue sampe semarah ini?"
"Karena aku bego, aku yang nyepelein kamu. Dan ngga ngertiin kamu."
"Telat tau ngga sih lo nyadarnya. Basi!"
"Ya ampun, Ga. Ngga mau berhenti marah juga?"
"Lo pikir ini cuma masalah sepele?"
"Tadinya."
"Tadinya??"
Vincent ngangguk pelan, "Udah kubilang kan, aku bego kemaren itu. Tapi udah ya, Ga, jangan marah lagi. Sumpah aku minta maaf banget sama kamu. Minta maafnya tulus banget ini udahan. Aku mau kita baikan dan lupain masalah itu. Aku janji ngga akan ngulangin kesalahan yang sama, dan aku janji ngga akan bikin kamu marah juga kecewa lagi."
"Tapi gue masih belum bisa berhenti marah ke lo, Cent. Gue masih butuh waktu."
"Gaaa, udah dua minggu kamu begini ke aku dan masih kurang??"
Gue decak sebal, "Seenggaknya gue masih berbaik hati mau dateng buat tutor dan ngizinin lo duduk semeja sama gue. Kenapa lo masih aja ngelunjak?"
"Karena kamu datang ke tutor atas paksaan Bang Surya juga Harris. Dan masalah duduk semeja, itu karena Juna ngga mau tukeran, dia lagi barengan sama Jimmy terus belakangan ini."
Bentar. Kok gue jadi salah fokus. Juna sama Jimmy?
"Yuga, plis dong. Kamu jangan cuekin aku lagi. Ya? Kita baikan ya sekarang," Vincent ngomong memelas sembari genggam tangan gue. Persis sama apa yang sering dia lakuin setelah bikin kesalahan fatal. Bisaan aja ngalusnya, padahal mah kagak pernah mempan di gue.
Gue lepas tangan dia sembari dengus malas, "Lo pulang sana. Males gue ketemu lo."
"Nggak. Aku mau pulang tapi sama kamu juga."
"Cent, lo barusan minta maaf aja blom gue maafin dan sekarang mau berulah lagi bikin gue kesel?"
Vincent seketika diem, dia nunduk sembari hela napas dalam. Wajahnya lesu, matanya sayu, persis kayak bunga krisan yang mulai layu. Apa dia emang setersiksa itu buat bikin gue nerima permintaan maafnya?
Bukannya gue ngga kasihan, tapi kali ini gue harus mentingin perasaan gue sendiri dong. Gue ngga mau pas gue bilang udah maafin dia tapi nyatanya hati gue ngga ngerasa demikian. Muna dong namanya?"Ci," gue panggil Yosi yang tau-tau lagi main sama kucing angora entah milik siapa.
"Ya, Bang?"
"Oci pulang ya sama Bang Icen. Abang mau latihan dulu. Pulangnya rada telat, sampein ke Mami ya."
Yosi mandangin gue dan Vincent secara bergantian, "Ini Abang berdua udah selesai ngobrolnya?"
Gue ngangguk, sedangkan si Vincent diem aja.
"Tapi kok masih keliatan ngga baik? Berantemnya parah ya, Bang?"
Gue dengus geli, lalu ngusap kepala Yosi lembut, "Ngga kok. Udah ya, Oci pulang sekarang. Jangan lupa sampein ke Mami kalo Abang pulang telat ya."
"Umm," Yosi balik badan sembari nepuk bahu Vincent, "Ayok Bang Icen kita pulang!"
Vincent ngeliatin gue sesaat sebelum ngangguk ke Yosi dan pergi dari hadapan gue. Tanpa ngomong apapun lagi, tanpa nengokin kepalanya sama sekali.
Gue ngga tau apa yang ada dalam pikiran Vincent sekarang. Bisa jadi dia sedih atas respon gue. Bisa jadi dia capek atau kelaparan karena motoran cukup jauh. Tapi pada akhirnya gue ngga mau ambil pusing. Sekali lagi gue tegasin kalau perasaan gue sendiri harus lebih diutamain.
Meski di sisi lain, ngga bisa muna juga kalau sebenarnya gue kangen juga ngobrol panjang lebar sama dia.
Duh. Ketularan begonya Vincent gue nih.
Chapter 15; done.
KAMU SEDANG MEMBACA
Vincent & Yuga (VGa) ✔️
FanfictionThis story is not about enemies become lovers. Not about friends to lovers. Just about Vincent and Yuga. ___ Taegi lokal AU story & written by chaerachae