-Enam Belas-

563 70 7
                                    

This chapter is side story about Juna, Jimmy, Harris and Nathan

◇◇◇

Setahun lalu, gue ngga pernah nyangka kalau segala ulah para mantan pacarnya Juna ini berpengaruh cukup besar dalam hidup gue. Awalnya sih santai aja nanggepin cewek-cewek yang ngerusuhin gue cuma buat nanyain kabar Juna, atau nitipin barang pemberian Juna buat dibalikin lewat gue. Gue pikir itu ngga jadi masalah toh nyari Juna ngga susah, kelas dia sebelahan sama kelas gue, kami pun cukup akrab sejak masa orientasi siswa.

Tapi keadaan berubah waktu memasuki semester awal kelas sebelas, yang mana gue akhirnya sekelas sama Juna. Gue mulai terusik secara pribadi dengan kebiasaan yang ngga berubah selama setahun belakangan. Gue kesel tiap kali ketemu mantan-mantannya Juna yang entah berapa ekor itu. Ngga ada lagi istilah santai atau ngegampangin urusan, gue ngerasa muak, terganggu, juga marah. Apa ya, rasanya kok gue jadi keseret dalam pusaran asmaranya Juna yang ngga ada habisnya ini?

Pernah gue ngeluhin hal ini ke Juna dan tanggapan dia cukup ngeselin.

"Ya udah lo bilang aja ke mereka kalo lo ngga temenan sama gue. Gampang kan?"

Anjing. Bisa-bisanya dia bilang gitu ke gue setelah selama ini gue bantuin dia buat ngadepin para mantannya yang ngga terima diputusin itu??

Gue makin marah setelah itu, dan gue inget ngga ngomong sama Juna seminggu lamanya. Tapi rupanya cara gue yang nyuekin Juna justru makin bikin keadaan memburuk. Buat Juna? Bukan, tapi buat gue.

Entah kenapa gue jadi tersiksa sendiri. Rasanya gue pengen ngobrol lagi sama Juna, main PS di rumahnya kayak biasa, ngajarin dia matematika sama sastra yang sama sekali dia ngga kuasai. Tapi begitu liat Juna yang tetep asyik walau ngga gue ajakin ngobrol, gue makin marah. Gue ngerasa ngga dipeduliin sama Juna, padahal selama ini kurang peduli apa gue ke dia? Gue mau lakuin apapun buat dia tapi kenapa dia ngga sebaliknya ke gue? Temen macam apa? Ngeselin!
Terlebih waktu di kelas dua belas, gue sekelas lagi sama yang namanya Jimmy. Nah si Jimmy ini belum lama jadi tetangganya Juna di komplek. Dan bisa ditebak, gue jadi sering lihat mereka berdua berangkat sekolah bareng. Ngga setiap hari sih, tapi dalam seminggu mereka keliatan boncengan 2 sampai 3 kali.

Juna sama Jimmy dibilang cukup akrab, ya emang akrab sih. Hubungan mereka keliatan asyik-asyik aja dan ngga pernah kedengaran lagi ribut. Meski Jimmy cenderung deketin Vincent, dan Juna masih tetep suka nempelin gue, tapi banyak yang nganggep Juna dan Jimmy adalah the next Vincent-Yuga. Yah, ngga perlulah dibahas gimana hubungan pertemanan mereka yang udah lengket kek perangko sejak sembilan tahun lalu.

Balik ke gue sama Juna yang mulai deket lagi di kelas dua belas dan masih dengan permasalahan yang sama; gue yang masih aja dirusuhin para mantannya Juna. Jumlah mantan pacar Juna memang berkurang sih, yang gangguin gue juga ngga sebanyak tahun lalu. Tapi itu ngga bertahan lama, justru yang sekarang ngusik gue malah hal lain. Gue ngga lagi ngerasa terbebani sama ulah mantannya Juna, tapi fokus gue mendadak berubah ke orang lain.

Nathanael Kusumo. Gue kenal dia dari jaman SD. Cuma kenal doang karena dia anaknya teman Papa gue. Tahun lalu kami sekelas tapi ngga akrab soalnya ngga bisa nyambung kalo ngobrol. Anaknya kaku dan canggung banget. Tahun ini kami sekelas lagi, tapi sedikit berbeda dari sebelumnya, karena Nathan rupanya bisa berbaur juga sama yang lain. Dia ngga sekaku yang gue pikir, diem-diem dia lucu juga kalo ngebanyol. Candaannya emang tipikal dad jokes yang garing-garing gitu, tapi mungkin karena pembawaannya cerdas jadi ya gue bisa dibikin ngakak.

Vincent & Yuga (VGa) ✔️Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang