kata Ijal

41 10 4
                                    

Happy reading

Kalana pov

Pernah ngga sih kalian tuh ngerasa ngga pantes karna suatu hal. Aku lagi ngerasain itu:(( padahal tempo hari aku seneng bisa ngakuin perasaanku sama Ijal. Tapi pagi ini aku tiba-tiba ngerasa insecure, Ijal dapet nilai sempurna di sekolah. Guru-guru yang masuk ke kelas aku ngga ada yang absen muji Ijal. Belum lagi tadi aku habis denger bisikan orang yang bilang kalau aku ngga pantas deket Ijal karna Ijal terlalu sempurna.

Terus akhirnya karna aku kepikiran aku cerita sama Jannie, tanggapan Jannie kamu juga udah lebih dari cukup ya, Lan. Kenapa harus dengerin kata orang sih. Lagian Ijal juga suka kamu bukan karna kesempurnaan kamu . Ya tetep aja dong Jannie aku kepikiran, mau orang bilang aku cantik, pinter atau apalah itu tapi kadang kalo liat Ijal akutuh tetep ngerasa kecil.

Akhirnya karna aku terlalu ngerasa berkecil hati aku jaga jarak sama Ijal. Mungkin Ijal ngeh sama perlakuanku yang ngga biasanya ini dan sepulang sekolah Ijal ngajak aku buat jajan sempol ayam. Karna aku ngga bisa nolak aku meng-iyakan ajakannya.

Kita masih diem ngga ada yang ngeluarin suara sedikitpun. Aku sibuk makan sempol sedangkan Ijal sibuk ngeliatin sungai.

"Kala, kenapa? " tanyanya tiba-tiba.

Aku diam, lebih tepatnya aku mikir. Iya juga aku kenapa ya, Jal? Batinku.

"kok diem? " tanyanya lagi.

Aku menggeleng lalu tersenyum tipis. "emang aku kenapa, Jal? " tanyaku balik.

"kamu ngejauh dari pagi, chatku yang semalem juga gak kamu balas. " ujarnya sambil memakan sempol ayam.

Aku cengengesan, ngga tahu juga mau balas apa. "gimana ya, Jal..."

"kamu keren banget dapet nilai sempurna. Guru-guru tadi banyak yang muji kamu, kamu keren. "

"kamu terlalu sempurna gak sih? Udah pinter, ganteng, humble kayak to good to be true. " kataku berusaha jujur.

"tadi kata Jannie kamu habis denger sesuatu ya? " tanya Ijal tidak menghiraukan pujianku.

"hah? Denger apa? " tanyaku bingung.

"katanya kamu gak pantes buat aku. " kata Ijal sambil melihat kearahku.

"gara-gara itu kamu ngejauh? " tanya Ijal.

Aku diam, ngga tahu mau jawab apa.

"diem berati iyaya? "

Ijal berdeham lalu bilang. "mereka yang gak pantes bilang itu sama kamu, Kal. Kamu kenapa bisa setuju sama omongan mereka kalo kamu aja orangnya rajin, pinter, cantik, tutur kata kamu juga baik. Kenapa kamu mikir kamu gak pantas buat aku? "

"awalnya aku gak ngerti kamu kenapa, karna kamu kaya gini juga pertama kali. Tapi siang tadi aku tanya Jannie kamu kenapa, ternyata kamu lagi overthingking sama hal kaya gini. " lanjutnya.

"maaf ya Jal kalau aku lebay. " kataku sambil lihat sepatu.

Ijal menggeleng. "jangan minta maaf dan kamu itu gak lebay, coba lihat sini jangan nunduk gitu. "

Aku lantas mengangkat kepalaku lalu melihat kearah Ijal. "gapapa kamu ngerasa gitu namanya manusia yakan?tapi jangan diem aja kalo kamu lagi ngerasa gini. Kasih tau aku kamu kenapa biar kamu juga bisa tau dari perspektif aku gimana. "

Aku mulai ngerasa tenang, apa yang Ijal bilang ada benernya. Selama ini juga hasil yang aku dapat ngga kalah keren sama Ijal dapat. Aku juga ngga seburuk itu kok kalo disandingin sama Ijal. Malah kelihatan cocok banget bukan? Ijal pintar, aku juga pintar. Ijal ganteng aku juga cantik, bahkan Ijal sendiri tadi yang bilang aku cantik.

"menurut kamu gimana? " tanya Ijal.

Aku bingung sama pernyataan yang keluar dari mulut Ijal. "hah apanya yang gimana, Jal? "

Ijal terkekeh mendengar pertanyaanku. "yang aku bilang barusan, menurut kamu gimana? "

"ohhh ituu, iya kamu ada benernya. Kenapa aku harus ngerasa gak pantes di deket kamu ya? Padahal kamu aja selalu nerima aku. Kamu juga gak pernah bilang yang jelek-jelek kaya orang-orang tadi. "

Ijal tersenyum mendengar jawabanku lalu mengelus kepalaku pelan. "nah harusnya tuh sebelum aku ngomong kamu udah berpikiran kaya gitu. "

"inget ya, kamu gak bisa mengontrol apa yang keluar dari mulut mereka tapi kamu bisa ngontrol pikiran kamu, Kal. Kamu juga gak bisa nutup mulut mereka tapi kamu bisa nutup telinga kamu. Jadi semua pilihan itu sebenernya ada di kamu. Sampai sini paham? "

Aku mengangguk, Ijal bener. Ngga seharusnya aku dengerin perkataan mereka yang ngga masuk akal. Padahal mereka bukan temenku, kenal aja ngga. Kadang orang juga ngga selama nya lihat aku dari sisi yang baik, sisi buruknya juga pasti ada.

Aku dapat satu fakta baru dari seorang Aizal Padantya. Ijal ternyata bisa soft juga ya? Sebenernya tadi aku kaget denger Ijal bisa ngomong panjang lebar cuman buat ngeyakinin aku kalo aku tuh ngga seburuk itu. Padahal aku tiap liat dia dulu suka banyak tingkahnya. Apalagi kalo udah di satuin sama Dirga sama Aris pasti ada aja kelakuan.

Aku lihat sosok baru dari diri Ijal. Sosok pendengar, sosok teman, sahabat atau bahkan lebih dari itu.

"Ijall. " panggilku.

Ijal menoleh. "kenapa? " katanya.

Aku memiringkan kepalaku lalu bertanya. "Ijal kok jadi soft gini sih? Biasanya banyak tingkah? "

"Ijal aslinya dua orang, Yu. " jawabnya asal.

"jawabannya udah membuktikan kok, Jal. " kataku sambil tertawa.

Setelah makan sempol ayam kita memutuskan untuk pulang, tapi mau muter-muter dulu biar lama nyampe rumahnya.

Di tengah perjalanan Ijal bilang. "jangan kaget ya, Yu? Ini aku kadang emang banyak tingkah sama banyak becanda tapi kalo situasi lagi nyuruh aku buat serius aku bakal serius kok. Jadi kalo ada apa-apa bilang ya? Jangan diem kaya tadi. "

Aku lantas menyimpan daguku di bahu Ijal lalu melihat wajah Ijal dari sebelah. "iyaaa Ijal nanti aku kalo ada apa-apa pasti bilang dan gak bakal diem kaya tadi. "

Ijal tersenyum lalu mengelus tanganku yang melingkar diperutnya. Kita berdua tidak melanjutkan obrolan itu, kita memutuskan untuk bernyanyi di atas motor seperti biasanya. "Ijal nyanyi lagu cantik dong. " pintaku.

Ijal terkekeh. "suka banget kayanya sama lagu cantik? "

Aku mengangguk semangat. "bangettt apalagi Ijal yang nyanyi. Wah orang gak boleh denger sih, pokonya yang boleh denger aku doang. "

"tenang aja lagu cantik kan emang Ijal persembahin buat, Kalana Ayudia. " kata Ijal dangdut.

Aku tertawa mendengarnya, setelah itu Ijal mulai bernyanyi.

Ayu cantik,
ingin rasa hati berbisik
Untuk melepas keresahan dirimu.
Ayu cantik,
bukan ku ingin menganggumu
Tapi apa arti merindu, selalu

Ijal kenapa liriknya diganti sih huhuhuhu. Akukan jadi makin suka sama lagunya, ngga bukann cuman sama lagunya tapi sama yang nyanyinya juga. Ijal tanggung jawab aku jadi makin suka sama Ijal huhuhuhu.

Bait berikutnya aku mulai ikut bernyanyi.

Walau mentari terbit diutara
Hatiku hanya untukmu
Ada hati yang termanis dan penuh cinta
Tentu saja kan kubalas seisi jiwa
Tiada lagi, tiada lagi yang ganggu kita
Ini kesungguhan, sungguh aku sayang kamu.

"Ijal, Kalana sayang Ijal. " ucapku lalu sembunyi dibalik punggung Ijal.

Ijal yang mendengar ucapanku yang tiba-tiba lantas tertawa malu. Terlihat jelas Ijal salah tingkah. Aku mengeratkan pelukanku, Ijal juga kembali mengelus tanganku yang berada diperutnya.

**
Aku tadinya mau up chapter Dirga yang lagi jalanin kampanye nya, cuman ternyata itu butuh waktu lama banget shshshs. Jadi aku selingin sama ini, mungkin chapter selanjutnya kalian bakal liat Dirga full satu chapter.

Jangan bosen yaa!!!

Ada Cerita Di SMATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang