Gue suka Haikal.
That's it. Nggak perlu basa-basi. Nggak butuh lama buat sadar kalau gue suka. Kenal semenjak ospek sampai pada semester dua gue sadar, kalo ini dia, TIPE COWO YANG GUE TUNGGU-TUNGGU. Sayangnya, ketika gue nemu cowok yang 'klik', cowok itu malah Haikal, sahabat gue sendiri.
Gue punya panggilan sendiri buat Haikal, yaitu Echan. Alesannya adalah dulu, waktu ospek gue sering banget denger temen-temen deketnya manggil dia Haechan. Gue nanya dong ke Haikal kenapa dia di panggil kaya gitu, sayang, dia nggak mau jawab kenapa. Haikal cuma pesen kalau gue nggak seharusnya ikut-ikut manggil dia pake nama itu.
Tapi, karena gue ini seorang perempuan dengan jiwa penasaran yang sangat-sangat tinggi. Disaat ada kesempatan--saat gue ikut nongkrong bareng temen-temen Haikal. Gue nyeletuk iseng.
"Kenapa sih Haikal dipanggil Haechan?" Disitu Haikal langsung heboh misuh-misuh.
"JANGAN ADA YANG KASIH TAU NJINGGGGG." Teriak dia nggak tau tempat, sampai beberapa pelanggan cafe ikut noleh kearah Haikal. Sumpah, waktu itu Haikal lucu banget sampai gue nahan-nahan nggak ngebuat snapgram.
"Jadi, dulu SMA.."
"ANJING RENDI DIEEMM DONG." Disaat gue udah fokus ngedengerin Rendi, Haikal malah makin berisik. Bikin gue kesel, dan mukul punggung dia--lumayan keras.
"Elo yang diem!" Bentak gue kesel. Uniknya Haikal nurut, dia langsung diem tapi mulutnya maju lima senti, males banget.
Hingga Rendi cerita, yang intinya itu waktu SMA Haikal doyan banget nontonin anime. Sampai nggak tau ada akal darimana, dia minta sekali dipanggil Haikal-chan. Katanya dia mau terkesan Kawaii-kawaii, sesuai anime yang dia tonton. Javier turutin, sekali dia panggil Haikal-chan. Setelahnya Haikal malah mual sama jijik, lalu melarang Javier manggil dia pakai akhiran kata chan. Tapi ya seperti biasa, bukan Javier namanya kalau dilarang malah nurut. Dia malah kebiasaan manggil Haikal-chan. Dan karena ngerasa nama itu kepanjangan, akhirnya Javier milih nyingkat Haikal-chan jadi Haechan.
Lucu banget, gue inget waktu itu gue ketawa kenceng banget. Nggak peduli temen-temen Haikal ngeliatin gue macem orang aneh. Setelahnya, gue mikir kalau gue pun harus ikut manggil Haikal pakai nama itu, tapi versi lebih gemesnya. Dan terciptalah nama Echan.
Awalnya Haikal kesel gue panggil pakai nama itu, tapi lama-lama juga mungkin dia udah terbiasa dan ngebiarin gue manggil sebebasnya.
Kembali ke masa sekarang. Gue bersama Haikal ((tentu saja)) karena gue selalu bareng dia, lagi makan bakso gerobak samping kampus. Sambil nunggu pesenan, gue sebagai manusia haus konten ngebuat snapgram muka Haikal di akun kedua. Pengennya sih akun pertama, cuma Haikal ini trauma banget, takut ponselnya nge-hang lagi.
Nggak lama, Somi--selebgram blasteran merangkap sebagai duta fakultas reply story gue.
somsomi_ : sumpah Haikal cakep banget. Lo nggak ada niatan nyomblangin gue apa?
NGGAK!! Enak aja, gue yang suka sama dia aja sampe sekarang nggak bisa dapetin dia. Tapi Somi ini malah enak banget minta bantua gue nyomblangin?
ryujeaan : nggak mau
somsomi_ : ah elah, gue tau lo belum nanya orangnya.
BUKAN HAIKAL YANG NGGAK MAU, TAPI GUE.
Tapi, entah kenapa gue sedikit penasaran sama jawaban Haikal. Jadinya, gue iseng nanyain.
"Chan."
"Ape lu." Jawab Haikal ketus banget, matanya masih fokus ke ponsel. Keliatan banget nih orang lagi mabar.
"Ada yang mau kenalan sama lo."
"Siapa?" Tanya Haikal, matanya ngelirik gue sedikit.
"Somi, kenal gak lu? Duta FEB tuh." Gue berusaha ngomong dengan nada cuek.
"Hah? Oh yang blasteran itu?"
"Iya-iya." Jawab gue MALES BANGET, kok Haikal tau sih Somi itu yang mana, dulu ospek dia malah nggak tau gue.
"Lu, kalo mau ngeboong mikir dulu dah, masa duta FEB mau kenalan sama gua."
Gue muter bola mata kesel, ini orang gatau diri banget, tapi lebih anehnya kenapa gue bisa suka? "Yaudah, kalau nggak mau gue bilang Somi nya ya."
"Dia tau muka gue darimana?" Tiba-tiba Haikal nanya gitu.
"Gue kan sering masukin muka elu di akun kedua."
Dia diem bentar, ponselnya juga udah dimatiin dan ditaruh di meja. "Jadi elu nggak bohong ya?"
Gue pukul kepala dia pake sendok yang tadi gue ambil, "Kapan gue bohong!"
Haikal diem lagi. Gue udah mulai merasakan ada sesuatu yang buruk akan terjadi. Dalem hati, gue berdoa kalau tebakan gue ini salah.
"Kalau beneran yaudah deh mau, tanyain coba dia mau ketemuan dimana."
Kan. Haikal bajingan.
Emangnya gue yang lagi duduk di depan dia kurang cantik? Kurang terkenal? Kenapa sih, sama Somi dia mau, tapi sama gue tingkahnya nggak ada adab.
"DM aja instagramnya sendiri." Mood gue udah jelek banget, nggak bisa ditolong. Untungnya, bakso pesenan gue dateng, tanpa basa-basi gue langsung ngelahap bakso tanpa malu.
rule of thumb
KAMU SEDANG MEMBACA
rule of thumb; haechan
General FictionTentang Haikal dan Raina yang saling menyukai satu sama lain, namun terjebak dalam rumitnya hubungan sahabat.