Orang-orang bilang kalau cewek itu adalah salah satu makhluk bumi yang nggak bisa ditebak. Awalnya sih gue kira cuma beberapa cewek yang kayak gitu, dan Raina nggak masuk ke dalamnya. Tapi, berkaca dari pengalaman hari ini, serta hari-hari sebelumnya. Ternyata Raina juga masuk ke dalamnya!
Gue nggak ngerasa berbuat salah apapun. Tapi, siang ini Raina yang hari ini ada schedule buat nge-podcast bareng salah satu youtuber, nolak buat gue jemput. Udah dua harian ini juga, semenjak dia nontonin gue perform. Raina keliatan cuek banget. Nggak ada lagi Raina yang ngajakin gue buat jajan bareng telor gulung atau sekedar ngebakso depan kampus langganan dia.
"Ajakin Silvia sini dong, udah lama nggak nongkrong limaan kaya dulu SMA." Ujar Rendi tiba-tiba.
Sekarang ini gue posisi lagi seperti biasa, kumpul bersama empat curut terdekat gue. Yang ngebedain itu tempat kita kumpul. Udah sengaja gue ajakin mereka pilih tempat nongkrong deket lokasi Raina, tujuannya sih biar gue nanti jemput dia gampang. Eh, orang yang harusnya gue jemput malah nolak. Apes.
"Ntar ada yang ngamuk lagi ke gue." Celutuk gue menanggapi ucapan Rendi. Orang yang gue maksud adalah Jeno. Iya, seperti yang bisa gue tebak masa lalu dia sama Silvia tuh belum kelar. Sampai-sampai sepulang dari cafe tuh dia marah ke gue. Bukan ngamuk atau nonjok sih, lebih ke silent treatment, bener-bener tipikal marah Jeno. Tapi untungnya udah kelar juga sih tadi pagi, gue minta maaf duluan karena nggak bilang kalau ketemuan sama Silvia. Respon Jeno pun cuma ngangguk-ngangguk sambil ngomong, siapa yang marah, gue santai aja kok.
"Apaan, gue santai aja loh?" Ucap Jeno, seolah-olah tau bahwa yang gue maksud itu dia.
"Yaudah sonooo jemput sama elo dong."
"Hah kok gue?" Jeno mengernyitkan dahinya saat mendengar Javier.
"Kan katanya santai." Rendi bersuara.
"Ya, tapi, lo pada juga belum chat ngajak dia kan?"
Gue mengibaskan tangan, membuat gestur mengusir Jeno. "Sana-sana jemput langsung aja ke kosannya, kemaren dia bilang hari ini libur kagak ada kelas."
"Serius?" Tanya Jeno memastikan.
"Dua riusss, sana jemput gih. Lo juga udah hapal kan kosannya?" Jawab gue sambil memastikan. Harusnya Jeno hapal sih, karena yang nganterin Silvia pulang tuh kemarin Jeno. Awalnya sih mau sama gue aja, cuma tempat Silvia tuh berlawanan arah sama kosan gue.
Setelah memastikan bahwa ucapan gue ini bisa dijamin kebenarannya, Jeno pergi sambil membawa kunci mobilnya.
"Emang bener Kal, Silvia lagi libur?" Tanya Javier sesaat setelah Jeno menghilang dari pandangan.
Gue ngegeleng, "Nggak tau gue, orang dari kemaren belum chatan lagi."
"Emang anak anjing." Sembur Rendi.
"Ya sabar dong ini gue chat dulu dah Silvia-nya." Gue mengeluarkan ponsel, memberitahu Silvia jika Jeno sudah di jalan untuk menjemputnya.
"Dibales apa?"
"Nggak tau, biarin aja ntar Jeno yang nyari sama ngurus. Lagian ya gue tuh sedang beramal membuat kebaikan. Lo pada nggak ngerasa apa kalau Jeno masih stuck, Silvia juga." Gue meminum kopi yang rasanya sudah hambar tercampur es.
"Nah, kalau gue bikin ketemu. Nanti mereka bisa aja ngobrolin terus kelarin masalah yang ada di masa lalu, terus udah deh nggak akan canggung lagi." Lanjut gue santai.
"Masalahnya si Jeno tuh kan udah deket sama Somi."
"Emang deket berarti jadian? Kan enggak. Gue juga pengennya Silvia sama Jeno tuh baikan aja, nggak usah balikan,-" Belum gue menyelesaikan ucapan, tiba-tiba aja ponsel Javier berbunyi.
KAMU SEDANG MEMBACA
rule of thumb; haechan
General FictionTentang Haikal dan Raina yang saling menyukai satu sama lain, namun terjebak dalam rumitnya hubungan sahabat.