Sebagai seorang mahasiswa yang merangkap menjadi selebgram. Tentunya jarang banget ada waktu luang buat sekedar rebahan, paling lama ya cuma sejam-dua jam. Jadinya, menurut gue kesempatan untuk rebahan itu sama dengan kesempatan emas, dan nggak ada yang bisa ganggu, siapapun itu.
Tapi, hari ini. Lagi-lagi karena gue adalah seorang bucin yang sudah terverifikasi tolol, kesempatan emas itu kini gue gunain buat pergi ke salah satu kedai kopi yang ada di tengah kota. Bukan buat ngopi-ngopi cantik atau ramein feeds instagram gue. Tapi, buat nontonin Haikal tampil.
Iya, Haikal yang itu, yang kalau ke kampus cuma pakai kaos belel.
Suara Haikal itu bagus banget, dan unik. Please jangan sampai Haikal denger pujian gue, kalau iya dia pasti bakal sombong banget serasa udah jadi penguasa dunia. Tapi, lagi-lagi gue nggak mau denial, suara Haikal emang bagus. Gue pernah iseng, nyuruh dia ikut kontes nyanyi yang ada di televisi itu, jawaban dari dia yang bikin gue kaget.
Katanya, dulu waktu SMA Haikal pernah nyoba ikut salah satu kontes tersebut, bahkan dia lolos setelah nyanyi di depan juri, dan bisa masuk ke tahap selanjutnya. Tapi, Haikal milih buat ngundurin diri. Gue tanya dong, apa alesannya Haikal milih buat mundur, padahal kalau dilanjutin pasti dia bakal sukses banget. Haikal jawab, kalau nanti dia milih lanjutin kontes itu, artinya dia juga harus dispen sekolah. Dan, kalau dia dispen terus ada ujian, nantinya dia harus ujian sendiri nggak bareng temen-temen sekelasnya. Haikal takut dia bego sendiri, karena nggak ada temen nyontek, karena setiap ujian tuh dia bukan ngandelin otak, tapi ngandelin temen!
Dengan alesan itulah Haikal milih buat ngundurin diri. Tapi, video audisinya Haikal masih di tayangin kok. Gue bahkan ngeliat sendiri di youtube, dimana Haikal dengan tampang jametnya nyanyi di depan juri-juri.
Nah, karena udah tau kalau suaranya itu bagus. Haikal si pencari cuan, tentu saja enggan buat nyia-nyiaiin bakatnya. Alhasil, modal nyanyi satu-dua lagu bagian reff di depan pemilik kedai kopi, Haikal pun direkrut.
Haikal itu biasanya tampil seminggu dua kali, harinya nggak tentu. Tapi paling sering sih weekend, khususnya malam minggu. Sebenernya sekarang juga bukan pertama kalinya gue nontonin Haikal tampil, bahkan gue nontonin dia tampil tuh masih bisa dihitung jari. Kenapa? Ada banyak alesan sebenernya, yang pertama gue sibuk, yang kedua gue sibuk, dan yang terakhir gue males gerak.
Cuma hari ini itu spesial, karena Haikal sendiri yang minta gue buat dateng buat nontonin dia. Awalnya sih gue nolak, GENGSI dong, sebagai perempuan. Untungnya Haikal masih aja memohon gue buat dateng. Akhirnya gue terpaksa buat ngeiyain permintaan dia, padahal sih gue seneng-seneng aja.
Gue keluar dari kosan setelah ada notifikasi bahwa Javier bersama Rendi udah tiba di kosan. Iya, bukan cuma gue ternyata Haikal juga ngajak temen-temen satu geng nya buat dateng nontonin dia. Yang mana ini aneh banget, kayak bakal ada sesuatu terjadi nanti.
"Ohayouuu." Sapa gue setelah membuka pintu belakang mobil. Terlihat Rendi sama Javier yang duduk di mobil bagian depan.
"Ohayouuuuu." Jawab Javier sama cerianya.
Sedangkan Rendi, seperti biasa membalas jutek. "Ohayou, ohayou ini langit malem dah pada buta lu."
"Gue baru masuk loh Ren." Jawab gue santai. Ngadepin Rendi tuh harus selow, tenang aja nggak usah kebawa emosi.
"Gue alergi orang tolol soalnya Rai, sorry ya." Jawab Rendi sambil fokus menyetir.
Mengabaikan ucapa Rendi yang mengartikan secara nggak langsung kalau gue itu tolol, gue membuka suara, "Si Haikal ngapain deh. Tumben banget ngajak kita buat nontonin dia. Biasanya manggung sendiri kayak anak ilang juga udah biasa."
KAMU SEDANG MEMBACA
rule of thumb; haechan
General FictionTentang Haikal dan Raina yang saling menyukai satu sama lain, namun terjebak dalam rumitnya hubungan sahabat.