takbir (2)

6K 135 14
                                    

Jalanan ramai akan lalu lalang kendaraan dan pejalan kaki.
Suara ricuh orang yg sedang jual beli terdengar ramai ditelinga.

Sore ini,pukul 16.05 pinggiran jalan sudah dipenuhi stan penjual takjil yg mulai berjualan menjual takjil mereka dipenghujung puasa ini.

"dek, mau beli apa?" tanya mark ke jeno yg sedang sibuk bertelfon dengan nana.lagi dijalan lo padahal.

Jeno menengok kearah yg lebih tua setelah mematikan sambungannya ke jaemin,ia mengedarkan matanya kesekeliling lalu berbinar ketika melihat penjual sayur.

"situ kak,tadi mommy juga titip sate usus"jawab jeno yg diangguki sang kakak.

Mereka berdua bergegas betjalan menuju stan yg menjual sayur yg tadi ditunjuk oleh jeno.
Sesampainya disana mereka langsung melihat lihat makanan yg dijual oleh sang ibuk.

"ayoo mas ganteng,dipilih sayurnya!! Ayok bukk dipilih dipilih, masih segar ini buk, baru dimasak!" sang ibuk nampak senang melihat banyak pelanggan yg datang.

Jeno mencari cari makanan yg sekiranya enak untuk bukaan nanti.
Matanya tak berhenti menatap makanan yg terjejer rapi diatas meja kayu dengan jajanan pasar sebagai pelengkap seperti onde²,molen,dll.

"buk,botokan udang nya berapaan?" tanya mark.

Sang ibuk menoleh.
"dua ribu cah ganteng"

Mark mengangguk.

"beli apa jen?" tanya dia sambil melihat adiknya yg masih setia memilih makanan yg terlihat begitu menggoda itu,inget puasa woy!

"lintingan pindang,sate usus,sama botokan rempelo kak" jeno.

Mark mengangguk lalu mengumpulkan belanjaannya dan juga jeno di kresek lalu doserahkan ke ibuk.

"dua,lima,tujuh,dua belas........totalnya lima belas ribu mas" seru sang ibuk lalu ia memberikan kantung kresek nya kepada jeno.

Mark merogoh sakunya lalu membayar biaya takjil dari si ibuk.
Setelah selesai mark dan jeno pun pulang dengan sepedah motornya menuju komplek nya kembali.

Btw ini belanjanya dikomplek sebelah.

"mamas!!!" triak seorang lelaki bernama gdragon.

Sang suami yakni taeyang datang dgn tergesa gesa menghampiri sang istri yg kini tengah duduk ditanah teras belakang rumah,dialasi tikar pandan dan ada krupuk rengginang yg siap goreng didepannya.

Si gd kalo tiap lebaran pasti bikin.
Karena memang enak dan murah.
Pake nasi sisa pun jadi,cuma dia seringnya tambahin sumbo/pewarna makanan ijo atau merah ditengahnya.
Udah turun temurun soalnya kalo rengginang dikasih sumbo.

Tadi gd abis ngambil krupuk jemurannya ini dibelakang,sekalian panen pisang yg ada disebelah kandang puyuh.
Anak² nya suka makanin pisang dan kalo kerumah kakek nenek nya pisang disana pasti ludes.

Kelakuan emang,kayak mamahnya yg doyan pisang bapaknya🌚..

Taeyang duduk di tikar tepatnya didepan gd sambil bersila.
"kenapa dek?"

"toples-toplesnya udah kamu cuci?" tanya gd sambil memincingkan mata.

Sibesar mengangguk lalu tangannya beralih membantu sang istri mengwadahi krupuk yg hendak di goreng itu.
"udahh,itu ditempat cuci piring"

Gd tersenyum.
"gak nyangka ya mas,ramadhan cepet banget berlalu,rasanya baru kemaren deh puasa,eh udah lebaran ajaa"

"iya dek,semoga kita bisa ngelewatin ramadhan selanjutnya bersama-sama lagi"

"aminnn"

Gd berdiri,ia bawa kantung plastik berisi krupuk yg sudah ia pilih lalu berjalan menuju dapur untuk menggoreng krupuknya.
"MASS!! TIKARNYA BALIKIN YAA" teriak sikecil yg membuat taeyang terkekeh,istrinya sangat manis.

KOMPLEK 🔞Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang