*Kalimat yang dicetak tebal adalah bahasa Thailand Selatan. Thai Selatan sangat, sangat berbeda dari Thai Tengah, dengan serangkaian kosakata dan aksen yang berbeda. Kamu tidak dapat melihat perbedaan dalam terjemahannya, tetapi bayangkan bahwa Vegas yang berbicara bahasa Thai Tengah mengalami kesulitan untuk memahami percakapan orang-orang di pulau itu.
- Vegas -
[6 bulan kemudian]
Aku tidak nyaman dengan perilaku aneh Pete selama beberapa hari terakhir. Dia tampak sangat panik. Dia berjalan-jalan di kamar tidur. Tangannya terkadang mengusap kepalanya, terkadang memegang pelipisnya, terlihat seperti orang yang akan gila. Aku tidak tahu apa yang membuatnya stres. Aku bertanya dan dia tidak menjawab. Dia hanya menggelengkan kepalanya dan mengatakan itu bukan apa-apa. Sepertinya dia mengkhawatirkan sesuatu yang tidak bisa dia ceritakan padaku. Sejujurnya, aku cukup serius karena Pete adalah segalanya dalam hidupku. Aku bisa memperhatikan bahwa perilakunya tidak biasa bahkan sedikit.
"Pete, ada apa?" Aku melihatnya duduk di sana, terganggu. Dia menggendong Venice di satu tangan, sementara yang lain memegang sebotol susu dan menjejalkan mulut Venice. Anak itu menatap Pete dengan mata polosnya seolah-olah dia menanyakan pertanyaan yang sama denganku. Apa yang terjadi denganmu hari ini!
"Tidak ada apa-apa." Pete cepat menjawab dan menggelengkan kepalanya, sebelum matanya akan melirik Venice dan memberinya senyum. Sejujurnya, kami telah bersama selama beberapa bulan sampai Venice dapat berbicara. Aku masih belum terbiasa dengan semua fokus Pete sekarang terkonsentrasi pada anak itu saja. Ya! Aku sangat iri dengan anak itu karena dua puluh empat jam Pete telah memberikan dua puluh jam untuk Venice, dua jam untuk dirinya sendiri untuk tidur, satu jam untuk mandi, bermain game, dan sisanya adalah milikku. Aku memohon padanya untuk menyewa pengasuh, tapi dia tidak mau. Dia meminta untuk membesarkan Venice dengan tangannya sendiri. Kadang-kadang dia mengikutiku untuk membantu beberapa bisnis di perusahaan dan setuju untuk meninggalkan Venice di rumah Keluarga Utama dan pengasuhnya adalah Thankhun. Apakah kamu sudah melihat masa depan Venice? Huh ... tidak mungkin tumbuh dengan kualitas yang kamu harapkan.
"Vegas, berikan Venice boneka dinosaurus." Pete menunjuk ke sisi lain tempat tidur. Kemudian aku harus menarik napas dalam-dalam. Kacau kamarku yang dulu rapi sekarang penuh dengan mainan anak-anak! Tidak hanya membuat kamarku berantakan, warna putih, hitam, abu-abu, dan biru yang dulu mendominasi tema kini telah berubah menjadi tema Alice in Wonderland yang penuh warna.
"Biarkan dia pergi dan mengambilnya sendiri, dia sudah dewasa." Kataku dengan frustrasi, tetapi pada akhirnya, aku dikalahkan oleh tekanan mata Pete dan pergi untuk mengambil boneka dinosaurus hijau konyol dan memberikannya ke Venice, yang segera meraihnya.
"Bagus sekali... jadi kamu bisa hidup dengan Venice seperti ini." Aku agak bingung dengan mata berbinar Pete. Ketika dia melihatku hanya berjalan dan menyerahkan boneka itu ke Venice, dia terlihat sangat bersemangat! Bagaimana aku bisa merawat anak itu!
"Apa yang kamu bicarakan, Pete?" tanyaku sambil berdiri dan bertanya-tanya.
"Yah, besok, aku akan kembali ke Chumphon. Jadi Venice tidak harus pergi denganku." Pete memberiku senyum kering. Dan inilah masalah lain yang cukup membuatku bingung. Seberapa sering dia mengatakan kepadaku bahwa dia tidak ingin aku pulang bersamanya. Setelah hari neneknya menelepon dan mengatakan bahwa dia ingin bertemu dengannya, karena sejak pergi ke pemakaman dan ketika dia dibangkitkan dari kematian oleh kesalahpahaman, mereka masih belum memiliki kesempatan untuk bertemu. Ketika aku mendengar itu, aku ingin pergi untuk memberi hormat kepada nenek sekaligus karena aku membuat banyak kesalahan dengannya dan ingin meminta maaf atau berbicara. Begitu aku bertemu dengannya, itu baik bagiku untuk merasa bahwa rasa bersalah di hatiku agak berkurang.