"Janji, ya, Mark?"
Mark yang udah penasaran setengah mati sama sesuatu yang bakal dikasih tahu sama abangnya cuma bisa ngernyit. "Apaan, Bang?"
"Ck, janji dulu." Si abang melototin adeknya, sedikit kesel karena Mark nggak langsung nurut sama perintahnya.
Mark ikutan decak. "Iya, iya."
"Janji ya dengerin, ikutin, dan simpen baik-baik apa yang bakal gue ucapin ini. Dan, jangan kaget."
"Iya! Buruan napah!"
Akhirnya Martin, si abang, ngedeketin telinga adeknya, mau bisik-bisik, soalnya takut ada yang nguping, meski sebenernya pintu udah dikunci. Cowok yang lebih tua tujuh tahun di atas Mark itu ngomong pelan banget, lama lagi. Bikin seseorang yang nunggu mereka di ruang tamu mulai bosen karena dua orang itu pamit ke belakang lama banget. Orang yang duduk nyaman betul kayak di warung kopi itu akhirnya ngarahin jari kelingkingnya ke lubang hidung, soalnya nahan gatel dari tadi. Dia gerak-gerakin kaki yang posisinya silang, yang emang nggak bisa diem kalo duduk. Di dalem hati cuma bisa misuhin si abang yang tiba-tiba pas lihat dia, terus narik Mark sambil pamit ke belakang, gatau dah, ke kamar, kamar mandi, apa ke dapur. Maunya sih nyusul, tapi jangan dulu, harus jaga image di depan abangnya Mark.
"Balik gih sana." Mark muncul tiba-tiba. Dan ucapannya itu bikin orang yang lagi duduk di sofa mengernyit heran. Tujuannya ke kosan Mark itu bukan cuma duduk, terus ngupil, dan pulang gitu aja. Dia ke kosan Mark itu buat ngerjain orderan danusan yang perlu selese sore itu juga. Dan, apa? Mark ngusir dia?
"Maksudnya? Kan kita harus bikin bucket, Mark. Gimana sih, lo." Suara orang itu sedikit meninggi, tandanya dia lagi kesel. Mereka berdua emang setuju bikin pesenan bucket di kosannya Mark, soalnya bahannya ada di sini dan males juga balik ke stand sekarang, jalannya rame banget soalnya.
Mark yang masih berdiri di deket tembok cuma mandang ke sembarang arah. "Gue bisa sendiri. Abang gue bakal bantu, dia juga pernah bikin."
Orang itu berdecak. "Iya, tapi kan kalo gue ikutan bikin juga bakal cepet selese jadinya. Nanti sore loh, Mark. Gue kan selo juga. Kenapa sih, lo?"
"Nggak apa-apa. Lo balik aja, gue udah pesen grab. Nanti kalo udah jadi, bucketnya gue anter ke stand," kata Mark sambil ngelihat ke arah hapenya, nampilin aplikasi ojek online yang udah nerima orderannya.
Orang itu berdiri dari duduk nyamannya, benahin roknya dikit, sebelum jalan ngedeketin Mark yang kayak lagi physical distancing. "Nggak. Nggak bisa. Lo aneh banget. Lo kenapa? Lagian ini pj-nya* gue, mana bisa gue nyerahin ke lo gitu aja."
"Ya udah. Nih. Buat aja di stand. Lebih praktis di sana daripada di sini." Mark nyerahin plastik putih gede, di mana sebagian bahan buat bucket ada di sana dan emang disimpennya di kos si Mark. Sisanya ada di kerdus di atas meja. "Grabnya udah sampe, motor beat putih. Bisa kan bawa semua sendiri?"
Mark langsung balik kanan, kayaknya sih ke ke kamarnya dan langsung nutup pintu, bikin si cewek yang pake dress selutut itu semakin heran dan kesel jadi satu. Tolong ingetin si Mark kalo yang ngajakin ngebuat bucket di kosannya itu si Mark sendiri! Kenapa jadinya dia malah diusir gini? Mark bener-bener kudu dikasih saus tomat dulu biar tau rasa. Kan susah nih, cewek pake dress, bawa kresek sama kardus, masa naik motor?
Nanti kalo ban mobilnya si Mark kempes tolong jangan kasih tau pelakunya siapa ya.
Iya, si Haechan itu pelakunya, yang pake dress selutut. Yang cantik banget ituloh.
Lah, jadi keceplosan malah.
(─‿─)
KAMU SEDANG MEMBACA
BERAT BERAT JANJI | Markhyuck GS
Short StoryMark pernah janji ke abangnya. Dan janji itu berat banget cuy. Tapi sebenernya ... ============= 💗 Markhyuck lokal, non-baku ⚠️ Haechan, Renjun, Jaemin GS 📍 Jogja based ⓒ yourdayssi, 2021 ⓒ deylusion, 2022